WASPADA MALING FOTO DI SOCIAL MEDIA

1:47 PM

Akhir-akhir ini saya dibuat kesal oleh salah satu pengguna blog. Bisa dibilang dia adalah foodblogger di Yogyakarta yang sudah senior dan selalu up to date. Setiap kalian searching di mbah Google mengenai kuliner di Yogyakarta, pasti nama blog tersebut muncul di bagian teratas. Pasti. Sayangnya ke-update-annya itu tidak dibarengi dengan attitudenya yang baik di dunia maya. 

TIDAK KAH ANDA BISA MENGHARGAI KARYA ORANG LAIN?

Hal seperti menggunakan foto, meng-copy paste atau menggunakan caption orang lain tanpa adanya 'credit' atau ijin terlebih dulu memang sudah sangat sering terjadi apalagi bagi mereka yang selalu terhubung lewat media sosial. Sebenarnya apa yang mereka cari, apakah itu suatu kesengajaan atau kebiasaan?

Yang jelas, saya sangat kaget waktu saya menemukan salah satu postingan orang tersebut di blognya menggunakan foto milik saya yang ada di Instagram.


Saya sadar, foto saya biasa banget. Saya juga tidak menggunakan kamera canggih untuk mengambil gambar dan hanya menggunakan kamera handphone. Tapi, foto itu tetap milik saya, saya yang mengambilnya dan itu karya saya. Jadi seburuk apapun karya seseorang, tolong dihargai dan cobalah untuk menghargai karyamu sendiri.

Saya tidak masalah sih, kalau ada yang memakai foto saya asal ijin dulu. Kalau sudah begini yang rugi siapa? Ya pasti yang mengambil foto orang lain kan? Sayang sekali sudah dikenal banyak orang tapi nama harus tercoreng karena hal demikian. 

Ditambah satu hal yang membuat saya sedih adalah komen saya yang tidak pernah digubris. Entah saya sudah berapa kali mencoba untuk memberi masukkan dan menegaskan kepada orang tersebut untuk menghapus foto saya atau minimal memberi sumber foto disitu. Tapi hasilnya nihil.

JANGAN MELAKUKAN HAL YANG INSTANT DAN MERUGIKAN HANYA UNTUK MENGEJAR 'NAMA'

Kuliner bukan ajang untuk eksis. Kuliner salah satu wadah kita untuk belajar dan berinteraksi dengan orang banyak. Jadi jangan disalah gunakan ya :)

Semoga kejadian ini tidak terulang lagi dan tidak terjadi kepada teman-teman yang lain. Lebih aman gunakan watermark ya. Sekian, maaf kalau jadi curhat!

You Might Also Like

0 komentar