REVIEW : MY TOP 5 COFFEE SHOP IN YOGYAKARTA !

6:55 AM

Ngopi, salah satu kata yang seringkali kita dengar ketika ada teman yang mengajak untuk nongkrong. "Eh, nanti ngopi yuk!" atau "Gimana kalau kita ngerjain tugas sambil ngopi?" atau "Meeting di coffeeshop boleh juga!" dan sebagainya. Ngopi pada jaman sekarang bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan para pecinta kopi namun sudah menjadi lifestyle anak-anak muda. Kalau nggak ngopi, kayak ada yang kurang. Kira-kira begitu. 

Pada akhirnya hal tersebut juga mendorong munculnya coffee shop di Yogyakarta. 2 tahun belakangan ini banyak sekali coffee shop bermunculan. Tidak jarang mereka mengemas menu kopi yang berbeda dengan coffee shop lain agar memiliki kekhasan. Desain bangunan yang eye catching, kebutuhan agar wifi dan colokan yang banyak juga menjadi daya tarik tersendiri. 

Saya suka ngopi, walau tidak paham tentang dunia perkopian. Tapi saya cukup menikmatinya. Biasanya saya datang ke coffee shop ketika ada perlu saja seperti mengerjakan tugas atau bertemu teman. Selebihnya ngopi di rumah, berbekal kopi kemasan LOL. Ada 5 tempat ngopi yang menjadi favorit saya beberapa waktu belakangan ini. Simak yuk!

5. Filosofi Kopi


Tempat ngopi yang cabangnya dari Jakarta dan merupakan judul film ini ternyata memiliki magnet sangat kuat untuk masyarakat di Jogja. Tidak hanya mereka yang memang pecinta kopi, bahkan barisan orang tua dan anak-anak juga sangat menikmati coffee  shop satu ini. Bagaimana tidak, suasana yang ditawarkan memang nyaman dan homey dengan ciri khas suasana kota Jogja yang adem dan didukung dengan desain bangunan Joglo. Kopi yang ditawarkan tentu memiliki kualitas lebih baik dibanding coffee shop lainnya (mungkin). Menu yang ada memang tidak begitu banyak dan tidak ada makanan berat. Tapi saya merasakan keasyikan ketika bertandang kemari, karena saya bisa ngopi sambil benar-benar ngobrol santai dengan teman-teman. Mungkin karena di sini tidak disediakan wifi, jadi para pengunjung tidak ada yang sibuk sendiri dengan gadgetnya hehe. Ulasan lengkapnya bisa dibaca di Filosofi Kopi Jogja


Lokasi :
Jl. Pandhawa, Sariharjo, Ngaglik
Sleman

4. Hayati Coffee



Salah satu tempat ngopi yang cukup banyak diminati kalangan anak muda Jogja adalah Hayati. Seringkali saya menemukan feed di Instagram yang melakukan OOTD di tempat ini. Interiornya memang apik dan nyaman dengan aksen warna abu-abu dan ornamen kayu. Nilai plus dari tempat ini selain menu kopinya yang unik seperti rose coffee atau coconut, mereka punya menu makanan berat juga. Jadi jangan khawatir kelaparan ketika kalian ke sini agak lama. Favorit saya adalah Matchapresso, espresso dipadukan dengan matcha yang memiliki rasa manis dan pahit khas matcha. Segar banget! Full story ada di Hayati Specialty Coffee


Lokasi :
Jl. Demangan Baru No. 7
Caturtunggal, Depok, Sleman


BACA JUGA : MY TOP 5 SOTO IN YOGYAKARTA!


3. Maraville Coffee


Coffee shop satu ini juga menjadi favorit saya akhir-akhir ini untuk ngopi sambil mengerjakan tugas. Menunya juga tidak kalah lengkap dan unik dari Hayati. Ada menu charcoal coffee (lupa namanya) yaitu latte yang diberi cairan arang hitam. Rasanya unik, mirip oreo LOL. Tapi enak juga. Selain itu menu makanan di sini juga komplit mulai dari snack dan makanan beratnya. Mungkin tempatnya sendiri memang tidak begitu besar tapi tersedia area outdoor jika kalian yang merokok dan area dalamnya juga nyaman untuk ngobrol dan menugas. Review komplitnya bisa dibaca di Maraville Coffee



Lokasi :
Jl. Kaliurang Km. 5
Gang Sitisonya No. 1B, Yogyakarta

2. Couvee



Coffee shop satu ini mengusung tema berbeda dengan coffee shop lainnya yaitu semacam express coffee shop yang memang ditujukan untuk pembelian secara take away. Tapi tenang saja, kalian tetap bisa menikmati kopi di tempat karena tersedia meja dan kursi walau hanya sedikit. Couvee memiliki beragam menu signature coffee yang unik dan mungkin jarang kita temukan di tempat lain. Contohnya salted caramel, kahlua, necta dan creme brulee. Favorit saya di sini adalah kahlua dan red velvet cheesenya. Enak banget! Kalau ingin tahu lebih lengkap, silahkan baca di Couvee Jakal

Lokasi :
Jl. Kaliurang Km. 5
(Samping Tempo Gelato)

1. Blanco Coffee & Books



Kalau coffee shop satu ini jangan ditanya lagi bagaimana eksistensinya. Bahkan teman-teman Instagram saya mungkin sampai bosan melihat Instastory saya karena cukup sering saya update tentang tempat ini. Ketika saya sedang malas mengerjakan tugas di kampus atau rumah, pasti saya lari ke Blanco. Tempatnya nyaman banget untuk menugas maupun ngopi sambil ngobrol santai dengan teman-teman. Banyak buku yang juga bisa kalian baca. Walau menurut saya menu kopi disini tergolong standar tapi untuk rasa bisa dibilang lebih oke dibanding coffee shop lain. Favorit saya kalau ke sini memang bukan kopinya sih. Saya biasanya pesan matcha latte dan frappuccino. Matcha lattenya menurut saya adalah matcha latte paling enak selama saya pernah mencoba matcha latte di beberapa coffee shop di Jogja khususnya. Frappuccinonya juga oke karena memiliki sensasi rasa pahit dari  coklat yang juga jadi kesukaan saya. Ulasan lengkapnya ada di Blanco Coffee & Books


Lokasi :
Jl. Kranggan No. 30, Cokrodiningratan
Jetis, Yogyakarta

Itulah ulasan mengenai 5 tempat ngopi yang menjadi favorit saya. Mungkin kalian punya referensi tempat ngopi yang jadi andalan? Share di kolom komentar dong! Sekian review dari saya, sampai jumpa di postingan berikutnya!

You Might Also Like

8 komentar

  1. Jup, kok jakal semua sih 😖 area kota dong. Review coffe shopnya...btw, coffe shop yang kopinya paling oke dan wifi nya kenceng mana ya?😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jakal cuma 2 tuuuhhh 😑 wah kalo kopi tuh selera sih rei wkwk. Coba ke blanco kalo ga lantai bumi sih misal cari yg komplit. Tp klo emang mau ngopi yg ada kualitasnya ke filkop atau simetri

      Delete
    2. Hahahah, thanks jup...aq terbantu dgn blogmu ini. Lanjutkan, bu!!!
      Merdeka #lho?

      Delete
    3. Hahahah, thanks jup...aq terbantu dgn blogmu ini. Lanjutkan, bu!!!
      Merdeka #lho?

      Delete
    4. Hayati ada mushollanya gk, jup?��

      Delete
  2. Hayati ada mushollanya gk, jup?😁

    ReplyDelete
  3. Thanis for info https://bit.ly/2OiewAk

    ReplyDelete