TUTORIAL EDITING FOTO FLAT LAY MAKANAN (PART 2)

9:34 PM

PERNAH AMBIL GAMBAR FLAT LAY SAMBIL NAIK KURSI?


Alhamdulillah pernah. Loh! Hahaha... cuma sekali atau dua kali saja sih. Menurutku naik kursi apalagi kalau di tempat makan yang notabene banyak pengunjung lain agak tidak sopan kesannya. Mungkin kalau mau gampang dan berhubung pakai smartphone, bisa pakai bantuan tongsis :D

APLIKASI APA SAJA YANG DIGUNAKAN UNTUK EDITING FOTO?


Aku cuma pakai VSCO dan Snapseed untuk editing foto. Kadang masih ditambah sedikit editan dari Instagram. Kalau untuk blog, aku juga pakai PicsArt karena untuk menambahkan watermark. Bagiku dua aplikasi tersebut sudah sangat bagus untuk editing foto bahkan untuk fotografi profesional sekalipun. Hasil editannya juga tidak 'lebay' dan gampang untuk mengaturnya.


BAGAIMANA CARA MENGEDIT FOTO YANG ADA DI INSTAGRAM?


Jadi, kebanyakan orang selain menanyakan aplikasi editing foto, juga menanyakan cara edit fotonya bagaimana. Kalau untuk editing, biasanya aku mulai dari Snapseed terlebih dulu. Fitur Snapseed cukup lengkap dan biasanya pada aplikasi ini aku melakukan pengaturan untuk cropping, brightness, contrast, ambiance dan sharpening. Sisanya tergantung kebutuhan. Kalau foto yang diedit dirasa cukup dengan mengatur brightness dan contrast saja, aku akan stop sampai di situ.

Contohnya pada foto di bawah ini di mana aku mengambilnya di dalam ruangan yang cukup cahaya, sehingga aku mengatur brightness minim saja. Contrast dan ambiance lebih untuk memperjelas warna. Mungkin kalau kalian foto di dalam ruangan yang minim cahaya, bisa diperbanyak untuk brightnessnya. Kemudian structure dan sharpening juga aku tambahkan untuk mempertegas objek. Aku tidak menambah saturasi warna pada foto ini, karena seperti yang kalian lihat warna dasar foto ini sudah sangat mencolok.








Bagusnya Snapseed ada fitur Selective, jadi kamu bisa mengedit bagian-bagian tertentu pada foto yang akan kalian edit. Walaupun editingnya hanya sebatas brightness, contrast, saturation dan structure saja. Tapi sudah cukup membantu kok! Di foto ini aku melakukan selective pada beberapa objek tapi hanya sebatas edit contrast. 



Dan beginilah hasil akhirnya....


Selanjutnya masuk ke aplikasi VSCO. Biasanya untuk edit foto di aplikasi ini aku hanya sebatas menambahkan tone saja. Tone favoritku adalah A6 (Analog) dan WE (We The Creators) karena kedua tone ini tidak terlalu banyak merubah warna foto. Hasil editannya dapat dilihat pada dua foto di bawah. 

Tone editing dengan A6 (Analog) pada VSCO

Tone editing dengan WE (We The Creators) pada VSCO

Dan inilah hasil akhir editing dengan Snapseed ditambah dengan VSCO tone WE. Hasil editannya tidak terlalu dramatis kan? Tapi sekali lagi kembali ke selera masing-masing. Karena ada yang suka dengan warna asli dari foto yang diambil, tapi ada juga yang suka dengan editan mencolok (apasih). Editan foto makanan yang baik tentu akan membuat orang yang melihat menjadi tertarik dan tergiur (alias ngiler) walau hanya melihat fotonya saja.


Sampai juga dipenghujung postingan kali ini. Semoga sharingku kali ini tentang editing foto flat lay makanan menggunakan smartphone bisa bermanfaat untuk yang membaca. Silahkan dipraktekan dan jangan malas-malas untuk belajar dari mana saja. Sekian! <3

You Might Also Like

0 komentar