CULINARY : MIE LETHEK MBAH MENDES, SAJIAN BEBAS MSG

7:03 PM

Singkat cerita, kenapa namanya mie lethek? Karena mie tersebut dibuat dari singkong. Proses pembuatannya juga masih dengan cara tradisional. Kemudian memiliki warna yang kusam, disebut dalam bahasa jawa 'Lethek'. 

Alternatif lain untuk pecinta bakmi jawa nih. Lokasinya ada di daerah Maguwoharjo sebelum Lotte Mart. Yang bawa mobil bisa masuk lewat jalur lambat supaya tidak kebablasan. 


Suasananya jawa banget, ditambah iringan tembang jawa dan keroncong. Warung makan ini sudah buka dari sore, dan kalau malam tiba ramai sekali pengunjungnya.


Warung mie lethek Mbah Mendes ini mengusung makanan sehat karena bebas MSG. Menunya tidak jauh-jauh dari kumpulan menu bakmi-bakmi jawa. Ada mie godhog (rebus), mie goreng dan nasi goreng. Tapi ada yang unik nih kawan, yang mungkin tidak ada di warung bakmi lain yaitu mie plecing. Apa itu mie plecing? Ulasannya dibawah ya..


Berhubung kesini sama keluarga, jadi bisa pesan macam-macam dan bisa saling icip. Aku dan adikku Hilda pesan mie lethek godhod, ibuku mencoba mie goreng plecing, adikku yang Wilda pesan nasi goreng (maklum dia pecinta nasi goreng banget) begitu juga sepupuku memesan menu yang sama. 

Di tiap meja di sediakan snack berupa kerupuk atau peyek juga sate jamur yang lagi-lagi bebas MSG :)

 Sate jamur - IDR 2k


Nasi Goreng (lupa harganya XD)

Nasi gorengnya enak dan tidak berminyak. Kalau dibilang menu ini bebas MSG sepertinya memang benar. Agak tasteless tidak seperti nasi goreng kebanyakan yang kaya akan bumbu. Tetap aja nasi goreng ini enak walau rasanya lebih minimalis. Oh ya, dengar-dengar nasinya menggunakan nasi jagung lho :D Didalamnya ada potongan ayam dan juga wortel untuk sayurannya. 

Mie Lethek Godhog - IDR 15k 

Penampakan mie lethek

Seperti itulah bentuk dari mie lethek. Mungkin kalau kalian sering ke pasar pernah melihat mie yang warnanya agak keabu-abuan tapi bening dan diikat dengan bambu, itulah mie lethek khas dari Bantul. Topping ayam dan sayurannya tidak pelit. Bumbunya juga minimalis tapi segar banget! Cocok untuk udara Jogja yang lagi dingin karena hujan ~

Mie Plecing (lupa harganya XD)

Nah yang di atas ini namanya mie plecing. Sekilas mirip mie goreng biasa, tapi dari rasa ini unik lho! Plecing sendiri yang kita tahu adalah masakan khas Lombok yang menggunakan kangkung sebagai bahan dasar. Rasanya cenderung asam dari tomat dan terasi juga pedas. Kalau ini versi mienya. Toppingnya tidak memakai ayam, tapi tahu. Enak banget!

Puas banget makan disini, tempatnya nyaman dan bersih, yang pasti masakannya juga enak-enak dan pelayanannya cepat. Harga makanan disini kisaran IDR 15k aja kawan. Ajak keluargamu, teman-teman, pacar buat makan disini. Sekian review kuliner kali ini, sampai jumpa di postingan selanjutnya :D

Jangan lupa follow IG @foodgram_yk ya untuk info kuliner seputar Jogja :D

You Might Also Like

4 komentar

  1. Terima kasih atas keunjungannya di Warung Mi Lethek Bantul Mbah Mendes. Semoga lain waktu bisa mampir lagi.Salam mendes....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama pak, semoga makin laris warungnya. favorit :D

      Delete
  2. Maaf mau nanya..itu bukanya jam brp smpe jam brp dan hari apa aja ya ? Makasih.

    ReplyDelete
  3. halo, maaf baru bisa reply. Lama ga buka blog hehe. Ini buka dari jam 5 sore kak, buka setiap hari :)

    ReplyDelete