RECIPE : HOMEMADE RABEOKKI

7:45 AM


Cuaca Jogja sedang dingin-dinginnya. Apalagi hari Rabu kemarin, hujan tidak berhenti dari semalam hingga besok sorenya. Tentu saja cuaca dingin sangat identik dengan tidur (bagi pemalas lol) namun menurut saya cuaca dingin justru lebih asyik untuk menikmati makanan pedas, panas dan berkuah ditambah saya sedang flu sekarang. 

Teringat acara-acara kuliner Korea, kemudian saya langsung surfing Youtube mencari resep masakan yang mudah untuk dibuat. Mengingat saya juga punya bahan-bahan masakan Korea dirumah seperti Gochujang dan Tteok. Akhirnya saya menemukan resep membuat Rabeokki. Rabeokki adalah perpaduan dari Ramyeon (mie instan Korea) dengan Tteokbokki (kue beras Korea). Caranya sama seperti kita membuat Tteokbokki hanya saja diberi tambahan mie instan.

Setelah kembali mengecek isi kulkas, akhirnya saya memilih untuk membuatnya kemarin. Tidak sampai setengah jam makanan ini siap dihidangkan. Seru banget buat teman nonton drama Korea hihi. 


Bumbu Kuah :

2 sdm Gochujang (bisa ditambah kalau suka pedas)
600ml air
2 sdm gula pasir
1 sdt minyak wijen
1 sdm kecap asin
1/2 sdt merica bubuk

Bahan Isian :

200gr tteok/kue beras siap pakai
2 lembar odeng/fish cake
1 buah wortel iris menyerong
1/2 siung bawang bombay
1 buah mie instan
Daun bawang iris tipis
Keju mozarella (optional)

Cara membuat :

- Campur bahan bumbu kuah menjadi satu, tuang ke dalam panci yang sudah diisi air. Masak hingga mendidih sambil diaduk rata.
- Setelah mendidih, masukkan tteok dan wortel. Masak hingga tteok setengah matang, masukkan odeng dan bawang bombay.
- Aduk rata semua bahan dalam panci, tunggu hingga kuah agak mengental.
- Masukkan mie instan dan daun bawang, aduk rata kembali lalu masak hingga matang dengan konsistensi kuah yang kental.
- Terakhir taburi dengan keju mozarella selagi panas. Selamat mencoba!



You Might Also Like

9 komentar

  1. enak banget keliatannya. ngiler :3

    ReplyDelete
  2. Halo kak, beli gochujang sama tteoknya dmn ya? makasi

    ReplyDelete
  3. gochujang kalo di jogja coba cari ke indoguna meatshop, disana banyak bumbu2 dapur korea sih tp aku blm pernah liat gochu disana. krn aku beli waktu ke bogor hehe. tteoknya bisa buat sendiri kok :)

    ReplyDelete
  4. Mantap resepnya, JD :), kapan2 nyobain :). Gochu ada juga di Daejanggeum jalan palagan, di kiosnya. Salam kenal ya, blog-nya bagus, foto2nya cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih DIla, salam kenal ya. Wah ada di Daejanggeum ya? Oke, thanks anw infonya :)

      Delete
  5. Replies
    1. Gochujang udah banyak di supermarket2 kyk superindo/carrefour, kalo tteoknya beli pas ke bogor hehe

      Delete