REVIEW : HAVERMEELKOEK PALAGAN

1:35 PM

Hari Kamis kemarin tepatnya hari ke 15 Ramadhan, saya berkesempatan untuk mencicipi beberapa menu yang ada di Havermeelkoek. Bagi kalian yang mungkin familiar atau pernah berkunjung ke tempat ini sebelumnya, pasti kalian tahu kalau awalnya Havermeelkoek berada di area Prawirotaman. Mulai awal tahun ini Havermeelkoek pindah lokasi di Jalan Palagan. Tentu area ini sangatlah strategis karena banyak sekali cafe-cafe menarik yang ada di sana.



Berbeda dengan Havermeelkoek di tempat terdahulu yang mengusung tema Shabby Chic dengan interior warna putih dan pink, Havermeelkoek terbaru mengusung tema lebih kalem dengan aksen warna hijau dan dekorasi serba vintage




Tentu saja bangunan anyar mereka lebih luas dibandingkan yang lama. Di bagian dalam juga terdapat spot mini boutique yang menjual aneka baju batik. Havermeelkoek bisa menampung sekitar 30an pengunjung. Jika kalian ingin merokok kalian dapat duduk di area outdoor. Suasananya sendiri tidak cukup ramai ketika saya datang, tapi Havermeelkoek cukup memberikan kenyamanan pada pengunjung.





Havermeelkoek dikenal dengan varian cakenya yang lezat. Kalian bisa memesan dalam ukuran slice maupun cake utuh untuk acara-acara tertentu. Ketika saya ke sana tidak banyak cake yang tersedia karena sedang sold out. Mereka juga punya menu-menu kopi untuk menemani cake kamu. Saya berkesempatan mencicipi beberapa menu cake mereka sebagai makanan penutup. Untuk berbuka puasa kemarin, ada beberapa menu makanan berat yang mereka berikan untuk saya cicipi.

POTATO MELTED


Starter menu kali ini adalah kentang goreng yang dilumuri saus bolognese dan juga keju mozarella. Potongan kentangnya cukup besar dan padat. Di dalam saus bolognesenya juga terdapat banyak potongan daging sapi.

PAKET RAMADHAN 1 CHICKEN MUSHROOM RICE + ICE TEA

Di bulan puasa ini, Havermeelkoek menawarkan menu paket nasi dengan es teh. Nasinya semacam baked rice dengan topping ayam katsu. Yang pertama saya coba adalah yang menggunakan saus jamur dan keju mozarella. Porsinya banyak, rasa ayam katsu dan sausnya pun gurih kemudian dipadukan dengan lelehan keju mozarella menjadikan menu ini makin nikmat.


PAKET RAMADHAN 2 GREEN SPICY CHICKEN RICE + ICE TEA


Yang kedua juga dengan menu yang sama. Tapi saus yang digunakan adalah sambal hijau dan keju mozarella. Ini enak banget! Sambal hijaunya gurih banget, sepertinya ada campuran ikan teri di dalamnya. Cukup menarik karena menggabungkan rasa Indonesia dengan masakan western


SPAGHETTI AGLIO

Makanan berat selanjutnya saya mencicipi menu pasta yaitu spaghetti yang dimasak aglio olio. Diberi topping jamur dan ikan tuna serta rasa pedas dari potongan-potongan cabai rawit. Porsinya juga banyak lho. Tapi untuk saya menu ini agak kurang nendang bumbunya tapi tidak terlalu oily.


ES KOPI HVM


Salah satu menu kopi yang ada di Havermeelkoek adalah Es Kopi HVM. Rasa es kopi satu ini tidak terlalu manis, cocok untuk lidah saya. Rasanya juga cukup unik, seperti ada rasa gula palemnya. Iya atau bukan ya? Haha...

BUTTERSCOTCH COOKIES & CHOCO BUBBLEMINT

Selanjutnya ada dua menu minuman blended yang saya coba. Untuk Butterscotch Cookiesnya juga tidak terlalu manis, rasa biskuitnya pun terasa. Sementara Choco Bubblemintnya untuk saya justru terlalu manis, memiliki rasa segar dari bubblemintnya. Kedua menu ini cenderung creamy dan kental. Untuk kalian penggemar minuman manis, boleh coba kedua menu ini.

 

STRAWBERRY SMOOTHIES


Minuman terakhir adalah buah stroberi yang diblend dengan susu dan yoghurt. Minuman ini punya rasa asam yang cukup pekat dan manis yang tidak berlebihan. Kekentalannya juga pas. Favorit saya nih!

RED VELVET CAKE

Seperti yang sudah saya utarakan di atas kalau Havermeelkoek ini punya berbagai macam cake yang lezat. Salah satunya adalah Red Velvet Cake. Manisnya pas, cream cheesenya juga tidak begitu dominan jadi tidak eneg. Cocok banget di makan sebagai makanan penutup atau sekedar jadi teman ngopi. 


BLUEBERRY LEMON CHEESE


Kalau yang satu ini adalah cake dengan krim blueberry. Rasanya cenderung manis asam yang tidak terlalu pekat. Untuk yang suka cake dengan rasa buah-buahan, wajib pesan menu satu ini.

STRAWBERRY CHEESE + MATCHA CUPCAKE & OPERA CAKE
  

Selain cake dalam ukuran slice, Havermeelkoek juga punya menu cupcake. Yang saya cicipi adalah rasa matcha dan strawberry cheese. Menurut saya cake ini cukup padat tapi tidak moist ketika dipotong. Saya lebih suka cupcake yang strawberry cheese daripada matcha. Rasa matchanya kurang strong, lebih dominan manis.

Lanjut ke cake terakhir yaitu Opera Cake, juara makanan penutup kali ini. Saya nggak pernah nggak suka sama Opera Cake. Dan syukurlah Havermeelkoek punya Opera Cake yang rasanya nyoklat banget, teksturnya pas seperti makan es krim. Walau dominan rasa coklat, tapi rasanya tidak terlalu manis. Yang penting jangan makan banyak-banyak sih, ingat kalorinya LOL.


Itu lah beberapa menu yang saya coba di Havermeelkoek. Kesimpulannya, Havermeelkoek punya menu-menu makanan dan minuman yang menjanjikan dari segi rasa. Walau itu kembali lagi ke persepsi kalian masing-masing. Terutama cakenya sih, love bangetlah. Tempatnya juga nyaman di bagian indoor maupun outdoornya. Bagian outdoor asik juga untuk nongkrong sore-sore sambil ngopi. Sekian dulu ulasan dari saya, selamat menanti lebaran dan selamat mencoba!

HAVERMEELKOEK PALAGAN

Alamat :
Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 19
Sariharjo, Ngaglik, Sleman
(50m utara Mirota Kampus Palagan)

Jam Operasional :
09.00 - 23.00
(Selama puasa jam 15.00 - 23.00)

Instagram :

You Might Also Like

4 komentar

  1. Masyaallah, YATUHAN adem baca dan lihatnya Juuuul, wkwkw. Tumben nggak ada harganya? Apa aku yg kelewat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaan deh sis! Yg bener aku gatau harganya LOL. Eh tp bs cek di gofood deh

      Delete
  2. Fix pengen mampir ke sana huhu... Aku cinta havermelkoek, tapi tdnya males jauh. Eh sekarang ada di palagan. Yeay.

    ReplyDelete