RECIPE : BEEF GYOZA "ALA-ALA"

7:25 PM


ALOHA! Long time no post something here hehe. Baru dua bulan vakum, dua bulan kok, nggak lama kan? Sebenarnya saya aktif di sosmed, dan lebih banyak share makanan di sana. Tapi semoga para pembaca blog masih setia ya! Saya yakin banyak dari kalian yang masih punya stok daging dari Idul Adha kemarin dan bingung mau dimasak apa. Bosen kan kalau tiap lebaran ketemunya rendang, gulai, tongseng, udah dagingnya punya kalori tinggi ketemu santan makin berlemak yang dimakan.

Kalau di rumah, sekilo daging sapi saya jadikan bakso di tempat penggilingan plus 2 kg digiling biasa. Lumayan buat stok kalau mau bikin daging burger, bola-bola daging atau sambal goreng (lah santan lagi haha). Sisanya masih ngendon di freezer, nggak tahu mau dimasak apa. Karena sejak hari H pembagian daging kurban itu ibu saya baru masak rendang saja. Bikin sate juga sate ayam LOL.


Ada beberapa makanan yang pingin saya buat dengan daging-daging tersebut, salah satunya Gyoza. Sejenis dumpling asal Jepang (atau China ya?) ini enak banget lho. Cuma menurut saya agak tricky dan ribet banget buat melipat kulitnya. Kulit gyoza sendiri ada di supermarket, tapi selama di Jogja saya belum pernah menemukan sih. Jadi kita pakai yang ada saja ya bahan-bahannya, namanya juga "Ala-Ala". Dan untuk membuat ini, saya nggak melipat kulitnya sama sekali. Yang penting nempel saja.

BAHAN - BAHAN :
20 lembar kulit pangsit bentuk lingkaran
200 gr daging sapi
100 gr tepung sagu/tapioka
3 buah tahu putih
1 butir telur
1 sdm bawang putih goreng
1/2 sdt minyak wijen
1 batang besar daun bawang, cincang
garam dan lada secukupnya
sedikit air dan minyak wijen untuk menggoreng

BACA JUGA : RESEP BALADO BOLA SAPI

CARA MEMBUAT :
- Haluskan semua bahan kecuali kulit pangsit dan daun bawang menggunakan food processor. Kalau nggak punya, bisa pakai daging giling lalu haluskan tahu dan dicampur semua bahannya.
- Setelah tercampur, masukkan daun bawang dan aduk rata.
- Ambil sedikit adonan dengan sendok teh, isi ke dalam kulit pangsit lalu dilipat dan rekatkan hingga tertutup rapat.
- Susun gyoza di teflon anti lengket, beri air hingga menutupi setengah tinggi gyoza.
- Masak dengan api kecil dan dalam keadaan tertutup.
- Jika air sudah menyusut, beri minyak wijen hingga melapisi permukaan gyoza. Masak hingga permukaan gyoza kecoklatan (tidak perlu dibalik).


Mudah kan? Punya saya emang kurang gosong sih, takut lengket haha. Enak banget rasanya, bagian yang coklat itu kriuk-kriuk tapi dalamnya lembut banget. Kalau nggak suka pakai tahu boleh di skip kok dan diisi dengan daging saja. Pokoknya suka-suka kalian deh. Nggak bisa makan daging sapi, boleh juga diganti daging ayam atau udang sepertinya enak juga. Oke, sekian dulu resep kali ini, Insya Allah saya bakal share resep-resep lainnya terutama yang berkaitan dengan daging kurban. Selamat mencoba!

You Might Also Like

0 komentar