REVIEW : MY TOP 5 BAKSO IN YOGYAKARTA!

6:09 AM

Ngomongin soal bakso nggak akan ada habisnya, guys. Bakso sendiri adalah salah satu makanan favoritku. Bakso yang enak menurutku dilihat dari dua hal, pertama si pentol baksonya yang bahan-bahannya sendiri lebih banyak menggunakan daging atau tepung. Dan kedua adalah kuahnya, benar-benar kuah kaldu daging atau sebatas banyakin micin aja. Sebenarnya aku merasa agak susah mencari bakso yang benar-benar enak selama tinggal di Jogja. Karena kalau di Bogor yang namanya bakso enak itu melimpah ruah dan sampai bikin aku bingung. Sebut saja Bakso Pak Min yang ada di Pondok Rumput, Bakso Seuseupan, Bakso PMI, duuuuhhhh... itu benar-benar bakso dengan kenikmatan hakiki tingkat dewa! (Lebay ya? Hahaha).

Tapi bakso di Jogja bukannya nggak enak lho. Jujur aja aku belum menemukan bakso besar yang rasanya daging banget dan di dalamnya itu ada banyak cacahan daging cincang dan uratnya. Kalau kalian ada yang punya referensi bakso enak atau yang seperti aku bilang di atas, share di kolom komentar ya!

Untuk merangkum bakso-bakso yang menurutku oke di Jogja, akan aku share dalam My Top 5 Bakso In Yogyakarta. Yuk kita mulai.

5. BAKSO PARU PAK KUMPENO


Bakso paru di atas adalah sesuatu yang unik untukku. Di Jogja sendiri ada dua tempat yang menyediakan bakso dengan topping paru, yaitu Bakso Kumpeno dan Bakso Kintel. Tapi jika aku bandingkan, aku lebih memilih Bakso Kumpeno. Walau baksonya tidak masuk kategori bakso yang daging banget, tapi menurutku cukup enak dan kuahnya juga gurih dengan rasa kaldu walau aku suka request tidak menggunakan micin. 

Parunya sendiri banyak banget dan digoreng garing. Rasanya gurih banget, cocok dimakan bersama baksonya. Kalau di Bogor aku juga suka makan Bakso Paru Pakde Jangkung, ada yang pernah coba? Itu juga enak banget lho, harus kalian coba kalau main ke Bogor. Cuma sayangnya Bakso Kumpeno ini tempatnya panas dan gelap, apalagi kalau sudah jam makan siang pasti ramai banget. Siap-siap mandi keringat! Hehe..

Lokasi :
Jl. Godean KM. 5, Nogotirto
Banyuraden, Gamping, Yogyakarta
(09.00 - 22.00)

4. ES BUAH & BAKSO PK




Nah kalau bakso satu ini sudah jadi langgananku sejak SMA (Dan selalu ke sini sama yang namanya Zee, demen banget dia makan di sini LOL). Walau ada beberapa tempat, tapi aku selalu makan di area Jl. Pakuningratan saja. Baksonya menggunakan bakso daging sapi dengan bakso goreng di dalamnya. Kalau pesan yang komplit akan diberi mie kuning, mie bihun, tahu dan sawi juga. Oh ya, selain baksonya kalian juga harus pesan es buahnya! Segar banget, dan Bakso PK menggunakan madu asli untuk pemanisnya.

Baksonya sendiri cenderung halus dengan rasa yang cukup enak dan tidak terlalu 'tepung'. Yang jadi juaranya adalah bakso gorengnya. Rasanya gurih dan crunchy banget, aku tidak begitu suka kalau merendam bakso goreng terlalu lama jadi masih bisa merasakan teksturnya. Kuahnya segar dan cukup gurih. Seperti biasa aku tidak menambahkan micin di dalamnya.

Lokasi : 
- Jl. Pakuningratan, Yogyakarta
- Jl. Kyai Mojo No. 111
- Jl. Godean KM. 8
3. BAKSO URAT AREMA




Bakso khas Malang juga ada di Jogja. Dulu, Bakso Arema ini ada dua jenis, guys. Pertama Bakso Bakar Arema dan yang kedua adalah Bakso Urat Arema ini. Keduanya beda lho ya. Tapi sayang, bakso bakarnya sudah tutup padahal baksonya enak-enak lho. Dulu lokasinya ada di Sagan. Bakso bakarnya mantap banget, porsinya besar dan rasanya juga enak. Kalau kalian yang asli Jogja atau sudah lama tinggal di sini pasti tahu tempat tersebut. Sampai sekarang aku masih penasaran, baksonya memang benar-benar tutup atau pindah lokasi? Bagi yang tahu tolong di share dong. 

Okay, back to topic... Lama juga aku nggak makan bakso di sini. Terakhir kayaknya 2 tahunan lalu makan di sini habis kuliah. Makan bareng babeku, karena babe tinggal nyebrang doang dari kantornya hahaha.. Bakso urat di sini isinya ada 3 butir bakso dengan 2 bakso kasar dan 1 bakso halus. Kemudian ada 1 bakso goreng yang tidak dipotong, mie kuning dan pangsit. Pangsitnya enak lho! Aku suka nambah pangsitnya kalau ke sini, rasanya gurih dan tidak kasar di mulut. Bakso uratnya sendiri rasanya daging banget dan kalian bisa merasakan kekenyalan baksonya karena agak susah dipotong menggunakan sendok. Bakso gorengnya buka tipe bakso goreng kering tapi ukurannya besar banget. Tidak alot, rasanya juga enak tapi kalau aku lebih suka bakso goreng yang tipenya kering. 

Lokasi :
Jl. Teuku Cik Di Tiro No. 6, Terban
Gondokusuman, Yogyakarta
(11.00 - 19.00)

2. BAKSO & MIE AYAM WONOGIRI SEMPURNA




Jatuh cinta pada pandangan pertama nggak berlaku buat manusia saja, guys. Pertama kali aku melihat dan merasakan bakso ini, aku langsung jatuh hati. Semangkuk bakso khas Wonogiri ini isiannya ada beberapa butir bakso kecil, 1 butir bakso urat kasar, tetelan atau gajih, sawi dan mie kuning. Kuahnya segar banget dan gurih khas kaldu daging. Beneran deh, enak banget. Juaranya tentu si bakso urat walau ukurannya nggak besar-besar amat. Baksonya asli urat yang kalau dimakan sampai nyelip-nyelip di gigi kalian. Selain bakso juga ada menu mie ayam, tapi aku nggak coba. Mungkin lain waktu. Minusnya adalah tempatnya kecil banget dan agak susah parkir apalagi kalau jam makan siang. 


Lokasi :
Jl. Perumnas No. 127, Caturtunggal
Depok, Sleman
(10.00 - 20.00)

1. BAKSO JAWI BU MIYAR



Ini dia bakso yang menurutku paling enak di Jogja. Ini tipe bakso yang 'beneran' daging. Pantas saja harga perporsinya juga cukup merogoh kantong yaitu IDR 20.000. Tapi tetap saja banyak pelanggan yang datang kemari. Isinya ada tiga butir bakso, satu butir bakso goreng dan sawi untuk porsi bakso kuah. Kalau komplit nanti akan diberi mie kuning dan mie bihun. Rasa baksonya gurih dan cenderung tidak kenyal seperti bakso pada umumnya, jadi benar-benar bisa merasakan rasa daging sapi ketika mengunyah bakso tersebut. 

Bakso gorengnya aku cinta banget, karena garing dan gurih rasa daging juga. Kuahnya gurih tidak berlemak. Oh ya, bakso ini juga  di jual di Pasar Pathuk lho. Bukan warung baksonya, tapi mereka menjual bakso tersebut dalam bentuk bijian. Jadi bisa untuk persediaan di rumah!

Lokasi :
- Jl. Sultan Agung, Yogyakarta
(Seberang Superindo)
- Jl. Jogonegaran No. 55D, Yogyakarta
(09.00 - 19.30)

Well, itu dia ulasan dari beberapa warung bakso yang menurutku enak di Jogja. Opini orang bisa berbeda-beda, jadi silahkan share kalau menurut kalian ada bakso yang lebih oke lagi supaya nanti bisa aku coba. Sekian!

You Might Also Like

5 komentar

  1. Bakso PK, dari dulu sampe sekarang jadi bakso favorit saya kalau ke Jogja.. ditambah es buahnya yang segar.. mantab!!

    ReplyDelete
  2. Kalau bakso idola pak tikno gimana mba? Waktu ke Jogja pernah makan di situ aih dan cukup puas sm baksonya; kenyal berasa ndaging dan ga berasa banget tepung, kuahnya jg cukup enak

    ReplyDelete
  3. eh, sudah ada postingannya lho sebelum ini malah. coba di cek yuk ^^

    ReplyDelete