REVIEW : MY TOP 5 AYAM GEPREK IN YOGYAKARTA !

2:42 PM

Makanan khas Yogyakarta nggak cuma gudeg, betul? Salah satu makanan khas kota pelajar yang menurutku sangat digandrungi terutama anak-anak mahasiswa adalah ayam geprek. Sebenarnya makanan satu ini simple banget cara membuatnya dan kalian pasti bisa membuatnya sendiri di rumah. Hampir mirip dengan ayam penyet, tapi bedanya adalah kalau ayam geprek biasanya si ayam goreng memakai tepung. Kapan ya kaepci atau mekdi punya menu ayam geprek ala-ala mereka? Ahahaha...

Makin ke sini ayam geprek makin banyak variasinya. Nggak cuma ayam geprek klasik yang cukup dicabein, tapi sekarang ayam geprek sudah hadir dengan berbagai macam pilihan topping, saus dan juga menu-menu pelengkap yang pasti cocok dimakan bersama ayam geprek tersebut. Di sini aku akan membagikan 5 tempat warung ayam geprek favorit aku yang ada di Jogja. Apa aja? Yuk simak ulasannya...

5. PREKSU (AYAM GEPREK & SUSU)


Preksu adalah salah satu ayam geprek yang cukup sering aku kunjungi. Di sini menunya lengkap banget karena nggak cuma ada ayam geprek. Kalian juga bisa memesan jamur goreng, terong goreng, kangkung bahkan susu segar untuk menemani makan ayam geprek. Di Preksu yang menjadi ciri khasnya adalah penggunaan topping keju yang menambah citarasa gurih pada ayam gepreknya. Free flow juga untuk nasi dan lalapan. Udah gitu mereka punya promo makan gratis bagi kamu yang rajin puasa Senin - Kamis.

Ayam gorengnya menurutku sebenarnya cukup keras untuk tepungnya. Tapi karena menggunakan keju, jadi unik rasanya. Daging ayamnya juga cukup gurih walau dimakan tanpa keju. Yang bikin bahagia karena menu pendampingnya itu lho, banyak banget pilihannya jadi nggak membosankan.

Alamat :
- Jl. Samirono Baru No. 1C
- Jl. Pandega Marta No. 181
- Jl. Gambir Karangasem, Deresan
(09.00 - 22.00)

4. HOLYCHICK


Ayam geprek satu ini adalah cabang dari pusatnya yang ada di Jakarta. Kalau ayam geprek satu ini sudah masuk kategori fusion ayam geprek, hehe. Karena di sini ayam gepreknya punya banyak variasi topping yang menarik untuk dicoba. Misalnya ayam geprek sambal matah, saus barbeque, salted egg dan juga mozarella. Harganya juga sangat terjangkau untuk kantong mahasiswa sekitar IDR 17.000 - IDR 19.000 saja. Aku baru dua kali mengunjungi tempat ini dan mencoba menu yang berbeda-beda. Pertama aku mencoba Ayam Geprek Salted Egg dan kedua adalah Sambal Matah. 

Rasa ayam gorengnya enak juga, dan bumbunya benar-benar terasa sampai ke bagian dalam dagingnya. Tepungnya sendiri bukan tipe-tipe tepung ayam crispy yang keras gitu. Ternyata ayam geprek dilumuri dengan saus salted egg unik juga rasanya. Dan saus salted eggnya juga rasanya tidak begitu asin jadi bisa mengimbangi rasa ayam gepreknya. Kalau untuk sambal matahnya (maap nggak ada fotonya huhu) itu pedasnya cukup nendang dan aroma batang serainya harum banget. Bisa pilih level pedasnya juga kalau di sini. Cuma sayangnya tempatnya kecil banget kalau yang di Sagan, aku kurang tahu yang di Seturan apakah kecil juga karena belum coba ke sana hehe.

Alamat :
- Jl. Prof. Yohannes, Yogyakarta
(Lapangan parkir timur Galeria Mall)
- Jl. Seturan Raya No. 4
(16.00 - 22.00)




3. CHICKEN CRUSH


Teman-teman di Instagram mungkin sampai bosan melihat instastory ku karena aku lumayan sering upload story makan di tempat ini. Yup, Chicken Crush adalah salah satu ayam geprek enak menurutku. Ayamnya berbeda dengan kebanyakan ayam geprek. Kalau makan ayam gorengnya saja tanpa digeprek, rasanya hampir menyerupai ayam kaepci. Apalagi kulit ayamnya, bisa bikin rebutan sama teman hahaha... Bumbu ayamnya juga gurih dan meresap sampai ke dalam dagingnya. Selain itu di sini juga disediakan saus keju, lumayan untuk meredam rasa pedas si ayam geprek. Saus kejunya cenderung kental tapi tidak terlalu gurih rasa kejunya, jadi nggak bikin eneg. Cocok juga dimakan bersama ayam gepreknya. Oh ya, kalian juga bisa membeli ayam gorengnya utuh alias tidak di geprek.

Alamat :
- Jl. Kaliurang Km 13.5
- Jl. Tamansiswa, Yogyakarta
- Transmart Maguwo

2. AYAM GEPREK BU RUM


Nah, kalau warung ayam geprek satu ini pasti sudah nggak asing lagi bagi kalian. Bisa dibilang warung ini adalah pelopornya ayam geprek di Jogja sampai akhirnya banyak penjual ayam geprek bermunculan. Ayam Geprek Bu Rum ini sudah banyak banget cabangnya, entah ada berapa (antara 7 atau 8 kalau nggak salah) dan menyebar di seluruh penjuru Jogja (tapi Jl. Magelang tempat aku nggak huhu). Kalau kalian ingin makan ayam geprek klasik, datanglah ke sini. Ayam gepreknya nggak neko-neko, nggak bertopping aneh-aneh tapi lauk pendamping lain seperti tahu, tempe dan telur dadar bisa juga kalian geprek bersama ayamnya. 

Di sini ayam gepreknya bakal digeprek sampai halus dan tercampur rata dengan sambalnya. Enak banget ayam gepreknya dan kalian bisa menambah nasi beserta sayur juga. Warung ini selalu ramai saat jam makan siang, walau tempatnya hanya menggunakan tenda. Wajib dicoba ya kalau kalian ke Jogja!

Alamat :
Jl. Wulung Lor, Papringan
Depok, Sleman
(09.00 - 21.00)

1. WARUNG TENDA BIRU BU MADE


Kalian pasti tahu kalau di area dekat kampus Sanata Dharma banyak sekali warung-warung penjual Ayam Geprek. Tapi yang ramai dan banyak penggemarnya selain Bu Rum adalah Warung Bu Made. Bu Made ini juga menjual ayam geprek yang nggak aneh-aneh, tapi menurutku sambalnya itu berbeda. Di sini sambalnya menggunakan tomat, sehingga ada efek rasa segar dan sedikit asam. Tipikal ayam dan lauk-lauk lainnya sama seperti di Bu Rum. Nah, satu lagi yang oke dari warung ini adalah adanya kuah tongseng untuk menemani ayam geprek kalian. Yup, kuah tongseng yang tidak ada dagingnya, hanya menggunakan kubis saja. Kuah tongsengnya cenderung encer dan manis sehingga membuat ayam gepreknya terasa balance saat dimakan. Overall, aku lebih suka ayam geprek di sini sih daripada Bu Rum karena sambalnya lebih ok dan ada kuah tongsengnya jadi makanannya nggak kering-kering amat hehe.

Alamat :
Jl. Wulung No. 24, Papringan
Depok, Sleman
(08.00 - 20.00)

Yup, itulah beberapa referensi ayam geprek enak (versiku) di Jogja yang bisa kalian coba untuk makan siang atau makan malam. Dan untuk kalian yang mau cobain kuliner Jogja selain gudeg, bisa juga cobain ayam geprek. Sekian!

You Might Also Like

0 komentar