REVIEW : ALHAMBRA SPA & BISTRO

6:38 PM

Long time no update this blog!

Sedikit mencuri waktu untuk tetap nulis walau masih diterpa badai tesis. Kali ini saya mau membahas salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi yang berada di dalam area Hartono Mall, yaitu Alhambra Spa & Bistro. Yup, Alhambra menawarkan jasa relaxing spa dan treatment untuk kecantikan. Namun di tempat ini kamu juga bisa menikmati hidangan-hidangan ala timur tengah di bistro mereka. 


Saya berkesempatan untuk menjajal beberapa menu maincourse dan beverage mereka serta treatment fish spa selama 30 menit. Seru juga nih, karena jujur saja ini pertama kalinya saya melakukan fish spa. Rasanya seperti kesemutan tapi lumayan untuk refreshing lho! Kalau tidak salah, area Alhambra terbagi atas 2 lantai dimana area bawah untuk bistro dan fish spa, sementara untuk treatment lainnya berada di lantai atasnya. Untuk area bistro sendiri memang tidak terlalu besar, mungkin hanya bisa menampung sekitar 20 - 30 orang saja.



Konsep bistronya sendiri menurut saya tidak menonjolkan karakter desain timur tengah, tapi lebih ke warna-warna vintage dan dominan putih yang memberi kesan adem dan mewah. Cocok juga untuk kalian yang suka foto-foto selfie atau OOTD. 



Dry Marinated Curried Chicken (IDR 52.000)


Makanan pertama yang saya coba adalah Dry Marinated Curried Chicken. Beberapa potong dada ayam yang dimarinasi dengan bumbu kari kemudian dipanggang, lalu disajikan dengan roti naan (kalau tidak salah), salad, grilled eggplant dan semacam saus yang menurut analisa saya terbuat dari plain yogurt, acar dan jinten (maaf kalau salah hehe..). Jujur saja porsinya benar-benar besar, mungkin karena konsepnya adalah makanan middle east yang juga memiliki porsi jumbo ala-ala orang Arab.

Saya coba satu persatu tiap macam makanan yang ada di piring tersebut. Platingnya sangat cantik dan rapi, benar-benar membangkitkan selera makan ditambah dengan warna segar dari saladnya. Untuk daging ayamnya sendiri bumbu marinasinya enak dan sangat terasa rempahnya namun kurang meresap hingga ke dalam. Mungkin marinasinya kurang lama. Roti naannya sendiri tidak terlalu alot dan gurih. Saladnya segar banget dan punya sedikit rasa manis yang bisa mengimbangi rasa gurih dari ayam dan roti naan. Grilled eggplantnya saya suka banget, rasanya manis dan teksturnya crunchy, tidak seperti terong kebanyakan yang kalau dimasak akan menjadi lembek. 

Saya agak bingung bagaimana cara makan yang benar, jadi saya iseng saja menaruh semua makanan di atas roti naan kemudian digulung lalu saya makan secara bersamaan. Ternyata memakannya dengan cara seperti itu lebih nikmat menurut saya walau agak payah juga untuk mengunyahnya. Walau karbonya bukan berupa nasi, tapi saya makan makanan ini benar-benar merasa kenyang.


Nasi Goreng Kambing (IDR 54.000)


Nasi Goreng Kambing di sini cukup unik cara penyajiannya karena ditaruh di dalam mangkuk nanas. Walau judulnya nasi goreng, tapi rasanya enak banget lho! Rempah-rempahnya keluar banget, cenderung seperti rasa kari. Potongan daging kambingnya juga banyak dan tidak alot, yang terpenting adalah tidak ada bau prengus dari daging kambingnya. Porsinya lagi-lagi banyak banget. Kalau kamu sedang lapar berat, boleh coba menu satu ini. Recommended!


Hanging Chicken (IDR 62.000)

Ketika makanan ini keluar, saya cukup terkejut dengan penyajiannya. Beberapa potong ayam, nanas dan paprika yang dipanggang kemudian ditusukkan menjadi seperti sate kemudian digantung di atas piring saji. Untuk teman makan ayam tersebut disajikan salad, roti pita dan saus berwarna merah yang lagi-lagi saya tidak tahu itu apa tapi rasanya enak dan cenderung pedas. Sepertinya semacam cajun sauce. 


Bumbu marinasi daging ayam di menu Hanging Chicken ini sepertinya berbeda dengan Curried Chicken. Warnanya lebih merah dan punya rasa sedikit pedas. Mungkin bumbunya sama dengan yang digunakan untuk sausnya. Rasanya enak, namun lagi-lagi kurang merasuk sampai ke dalam dagingnya. Nanas panggangnya sangat manis dan segar. Untuk saladnya diberi irisan olive hitam dan juga diberi keju feta (keju dari susu kambing) sehingga rasanya lebih gurih dan asam. Roti pitanya agak tebal, rasanya gurih dan agak garlicky karena ditoast dengan bawang putih dan minyak. Porsinya juga tidak kalah besar dan sangat mengenyangkan.

Peanut Butter & Banana Smoothie (IDR 30.000), Aloha Tropic (IDR 28.000), Horchata Cold (IDR 32.000)


Beberapa menu minuman yang saya coba yaitu 2 macam smoothie dan 1 macam minuman tradisional. Peanut Butter & Banana Smoothienya menurut saya manisnya pas sehingga tidak membuat eneg, tapi lebih dominan rasa pisangnya jika dibanding dengan peanut butternya. Saya tidak mencoba 2 minuman lainnya, tapi setahu saya Aloha Tropic adalah smoothie yang terbuat dari campuran pisang, stroberi dan nanas. Sementara Horchata sendiri adalah susu yang memiliki rasa rempah dari kayumanis. Saya pernah menjajal Horchata sebelumnya di Papricano Mexican Cantina, silahkan dibaca kalau ingin tahu hehe.

Itulah beberapa menu yang saya coba di Alhambra Spa & Bistro. Secara keseluruhan pelayanan di sini sangat baik dan mereka dapat menerima masukkan-masukkan yang diberikan oleh pelanggan. Mungkin penyajian makanannya saja yang agak lama, tapi bisa ditunggu dengan foto-foto maupun melakukan treatment fish spa terlebih dulu. Untuk makanan yang dicoba overall enak dan unik, hanya saja agak tasteless untuk daging ayamnya, mungkin bisa ditingkatkan untuk kualitas rasanya di kemudian hari. Sekian review tempat makan kali ini, selamat mencoba!

ALHAMBRA SPA & BISTRO

Alamat :
Hartono Mall Lt. 2

Jam Operasional :
10.00 - 22.00

Instagram :

You Might Also Like

2 komentar

  1. WAAAAAAAAAAAAAAAAHHH tidaaak :(
    those things look soooo great!

    Nasi gorengnya ditempatkan di nanas gitu, pastilah ada aroma nanasnya. Suka banget aroma nanas! Tapi saya ga makan daging kambing. Kira2 boleh ga ya request ga pake daging kambing hehehe xD

    Tempatnya cozy, trus luxury gitu interiornya. Keren!

    ReplyDelete
  2. hehe iya betuuulll ada sedikit aroma manis dari nanasnya, cuma aku kurang tahu bisa diganti atau ngga dagingnya krn di sana ada menu nasi goreng lain juga selain yang ini. coba aja kesana :D

    ReplyDelete