CULINARY : MIE AYAM PALEMBANG AFUI

7:44 PM


Lama tidak makan makanan satu ini. Mie ayam! Sebenarnya sudah lama sekali saya punya rencana untuk makan di sini. Padahal mereka juga punya cabang di Jalan Kaliurang yang notabene lebih dekat dengan kampus. Akhirnya dengan niat, selepas survey untuk bahan tesis di Kotabaru kemarin, saya menyempatkan diri untuk makan siang di sini bersama adik saya. Setibanya di tempat saya cukup dikagetkan dengan suasana yang sangat ramai. Pembeli antri untuk memesan, ada yang makan di tempat dan ada juga yang di bungkus.


Saya banyak mendengar cerita soal tempat ini yang katanya punya menu mie ayam yang besarnya sebaskom. Mungkin yang mereka maksud adalah Mie Monster. Dan kemarin saya bisa melihat sendiri seberapa besar porsinya. ternyata benar guys, GEDE BANGET GILA! Sepertinya bisa untuk makan satu RT lol. Tapi kalau kamu memesan porsi jumbo atau monster tetap harus dihabiskan sendiri alias tidak boleh untuk sharing. Tenang, kalo udah kenyang bisa minta dibungkus untuk sisanya. 

Karena saya nggak mau kekenyangan dan emang nggak berniat buat pesan yang porsi besar, saya dan adik memutuskan untuk memesan Mie Ayam Komplit. Mie dengan taburan ayam kering kemudian disajikan dengan kuah yang berisikan pangsit ayam dan bakso ikan. Yup, mereka menggunakan bakso ikan. Salah satu yang menjadi keunikan tersendiri dari mie ayam ini. Mie Ayam Afui ini khasnya kota Palembang, dan lebih ke chinese noodle style. 

Rasa mie ayamnya ENAK PARAH! Asli deh, ini mie ayam paling enak yang pernah saya makan selama di Yogya selain Yamie Pathuk. Mienya kenyal dan sudah gurih, suwiran ayamnya juga banyak. Bakso ikannya juga enak nih. Menurut saya, porsi biasa seperti ini saja udah banyak dan bikin kenyang.



Nah kalau makan di sini nggak boleh melewatkan bakso gorengnya. Ini WAJIB WAJIB WAJIB banget dicobain. Bebas ambil tapi langsung bayar di kasir. Kalau mie ayamnya boleh pesan dulu, bayar belakangan. Harga bakso gorengnya IDR 1000/pcs. Waktu makan bakso gorengnya, saya jadi ingat akan rasa pempek kulit favorit saya. Beneran deh, rasanya mirip banget sama pempek kulit. Rasanya ikan banget, sepertinya pakai ikan tengiri. Nyesel cuma ambil 5 biji. Pokoknya makan siang kemarin menyenangkan banget deh, nggak nyesal cobain mie ayam satu ini. Kapan-kapan harus ajak orang tua nih, karena ayah saya demen banget sama mie ayam hehe. Sekian, selamat mencoba!



MIE AYAM PALEMBANG AFUI

Alamat 1 :
Jl. Tambak Bayan, Caturtunggal
Depok, Sleman
(09.00 - 19.00)

Alamat 2 :
Jl. Kaliurang Km. 4,5 
Gang Kinanti No. 12
Yogyakarta
(07.00 - 21.00)

You Might Also Like

4 komentar

  1. Aku juga suka banget sama mi ayam ini <3 dulu pesen yang porsi paling dikit juga dan itu udah kenyang. Nggak bayangin yang makan sebaskom hahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalau belum makan seminggu bisa pesen yang porsi monster XD

      Delete
  2. kalau di palembang kok enggak ada mie afui nya, ada yg tau enggak lokasi jual mie afui di palembang

    ReplyDelete
  3. Lempar sini bakso gorengnya bang.. :D

    ReplyDelete