REVIEW : MY TOP 5 SOTO IN YOGYAKARTA!

6:20 AM

Soto merupakan salah satu pilihan masakan favorit orang Indonesia khususnya dimakan ketika waktu sarapan. Saya buka penggemar soto sih, tapi saya oke oke saja kalau diajak makan soto hehe. Ada beberapa tempat makan soto yang menjadi langganan keluarga dan menjadi soto favorit saya. Ngga melulu soto ayam, soto daging sapi juga bisa menjadi pilihan yang tepat dengan berbagai macam lauk pendamping. Yuk simak ulasannya!

5. SOTO AYAM 61


Soto ini  bisa kamu temukan di area Malioboro tepatnya di Warung Soto Ayam 61. Sotonya terbilang simple menggunakan daging ayam dan bihun dengan kuahnya yang gurih dan bening. Di sini kamu bisa pilih berbagai macam lauk pendampingnya seperti telur dadar, perkedel kentang, semur telur dan semur sate. Favorit kedua orang tua saya nih, kalau ke Malioboro pasti mereka mampir ke sini. Dan begitu saya ikut ke sini sekali, saya langsung jatuh cinta dengan sotonya. Kuahnya segar dan gurih kaldu ayamnya nendang banget! Waktu saya ke sana harganya kalau tidak salah sekitar IDR 10.000 /porsi (tahun lalu).

Alamat :
Jl. Ahmad Yani No.61, Ngupasan, Gondomanan
Yogyakarta
Jam Operasional :
07.00 - 19.00

4. SOTO BATHOK MBAH KARTO


Saya tidak sering ke sini sih, baru dua kali berkunjung. Tapi saya dan keluarga selalu suka dengan suasananya. Soto Mbah Karto ini merupakan soto daging sapi yang disajikan dengan mangko dari bathok (kulit dalam) kelapa. Makanya dinamai dengan soto bathok. Seporsinya dibanderol harga IDR 5.000 (kalau belum naik), tapi sayang porsinya mini hehe. Saya sih harus pesen dua porsi kalau ke sini. Isian sotonya ada irisan daging sapi, tauge, seledri dan bawang goreng. By the way, yang bikin enak banget adalah TEMPE GORENG nya. Jangan sampai terlewatkan ya. Tempenya gurih dan garing banget, sepertinya warung ini memproduksi sendiri untuk tempenya. Selain itu pilihan lauk lainnya ada sate usus dan sate telur puyuh. Tempatnya memang jauh dari pusat kota tapi wajib kamu coba! Hati-hati kalau ke sini saat weekend, bisa antri dan ngga dapat tempat duduk.

Alamat :
Jalan Candi Sambisari, RT.03, 
Purwo Martani, Kalasan
Jam Operasional :
06.00 - 16.00

3. SOTO BU PUJO

Bersama Ibu, saya beberapa kali kerap berbelanja di Pasar Beringharjo. Kalau mendadak lapar, pilihannya cuma dua. Makan Sego Empal atau Soto. Soto Bu Pujo ini favorit kami juga. Sotonya menggunakan daging sapi, kuahnya juga bening dan guring. Tidak lupa terdapat irisan kubis juga bihun. Porsinya tidak sebesar Soto Ayam 61 sih, karena menggunakan mangkok yang biasanya digunakan untuk Soto Kudus. Retailnya sendiri sangat sederhana dengan beberapa meja dan hanya muat untuk 10 - 15 orang, tapi ramainya juga luar biasa. Kalau saya suka banget sih sama soto ini, karena gurihnya tidak bikin eneg alias bumbu penyedapnya tidak begitu dominan. Wajib dicoba ya kalau kamu sedang berbelanja di Beringharjo! Selain di Pasar Beringharjo, Soto Bu Pujo juga bisa kamu temukan di Jl. M.T Haryono, Yogyakarta.



Alamat :
Ps. Beringharjo,, Jl. Pabringan No.17, 
Ngupasan, Gondomanan
Yogyakarta
Jam Operasional :
08.00 - 14.30 (Jumat tutup)


BACA JUGA : MY TOP 5 COFFEE SHOP IN YOGYAKARTA!


2. SOTO PAK DALBE


Soto langganan para mahasiswa dan orang-orang kantoran sekitaran Cik Ditiro dan Kotabaru nih! Apalagi kalau bukan Soto Ayamnya Pak Dalbe. Soto ayam paling enak versi saya, porsinya juga ngga nanggung-nanggung guys. Kuahnya yang gurih kecoklatan juga punya citarasa sedikit manis, soto versi orang Jawa kalau saya menyebutnya. Suwiran ayamnya juga ngga pelit, ada bihun dan tauge sebagai pelengkap. Lauk tambahanna ada sate juga tempe goreng tepung yang bikin nagih. Paling oke kalau dimakan selagi panas. Ketika jam sarapan maupun makan siang, warung ini tidak pernah sepi pengunjung. Sayangnya saya belum pernah mengajak keluarga saya ke sini untuk mencicipinya. Next time deh!


Alamat :
Jl. Jenderal Sudirman, Terban, Gondokusuman
Yogyakarta
Jam Operasional :
07.00 - 16.00

1. SOTO PAK SHOLEH


Soto legenda yang sudah punya banyak cabang ini memang tidak pernah membuat kecewa. Walau harganya termasuk kategori soto mahal, keluarga saya juga tidak pernah bosan untuk makan di sini. Sotonya adalah soto daging sapi. Tapi, percayalah, daging sapinya banyak banget! Kunci kesuksesan rasa sebuah soto menurut saya ada di kuahnya. Dan memang benar guys, soto di sini kuahnya paling enak, paling segar dan paling asli gurihnya. Didalamnya juga ada irisan kubis dan tauge. Pelengkapnya macam-macam nih, mulai dari sate telur, sate jeroan, tempe dan tahu juga daging empal. Belum lama ini saya menyempatkan untuk mampir sebelum ke kampus. Agak kaget sih karena harganya sudah naik jadi IDR 15.000/porsi. Tapi ngga bakal bikin kapok deh!

Alamat :
- Jl. Magelang, Tridadi,
Sleman (sebelum Denggung jika dari utara)
Jl. Wiratama No.84, Tegalrejo
Yogyakarta
Jl.Yogyakarta - Solo No. 45, Purwomartani
Kalasan
Jl. Ringroad Utara, Sariharjo, Ngaglik
Sleman

You Might Also Like

0 komentar