CULINARY : BUBUR YOYONG

7:46 PM

Hujan yang hampir setiap hari turun membuat saya ingin makan sesuatu makanan yang panas. Terpikirkan untuk makan bubur tapi saya bosan dengan bubur yang itu-itu saja. Sudah cukup lama juga saya tidak makan bubur, akhirnya coba searching di Instagram teman-teman. Ketemulah ide untuk mencoba Bubur Yoyong.

Bubur Yoyong sendiri menyajikan menu bubur ala chinese yang berbeda dengan bubur lainnya. Mereka memiliki menu bubur unggulan yaitu Bubur Sarang. Selain bubur, mereka juga memiliki menu lain seperti mie ayam, nasi goreng serta beberapa snack yang juga mereka buat sendiri. Oh ya, makanan disini walau berbau chinese food dijamin 100% HALAL dan tanpa MSG.

Bubur Sarang + Telur 1/2 Matang (IDR 17.000)


Jadi, apa yang dimaksud Bubur Sarang? Bubur Sarang ini adalah bubur ala chinese yang diberi remukan mie kering lalu ditaburkan diatas bubur. Sebagai pelengkap juga disediakan wortel, sambal dan daun bawang. Kalian bisa request mau menggunakan telur matang, 1/2 matang bahkan scrambled egg juga bisa lho. Ketika bubur ini diantar ke meja kalian, penampakannya akan seperti di atas. Jadi kita sendiri yang melakukan plating buburnya sesuai kesukaan kita. 


Rasanya? ENAK BANGET GUYS! Saya cenderung suka mencampur bubur dengan isiannya terlebih dulu. Apalagi saya menggunakan telur 1/2 matang disini. Ngeblend banget... Ada sensasi kriuk-kriuk dari mienya, gurihnya saus charsiu dan juga telur 1/2 matangnya yang bercampur didalam bubur. Tekstur buburnya juga nggak terlalu encer seperti bubur kebanyakan. Enak deh.


Mie Ayam Telur (IDR 17.000)


Di Bubur Yoyong ada dua macam mie. Mie ayam biasa dan mie ayam telur. Mereka menggunakan mie dengan ukuran kecil seperti yang biasa digunakan untuk mie ayam ala chinese atau yamien. Kemudian dalam mie tersebut diberi topping ayam juga scrambled egg. Kuahnya disajikan terpisah. Kata teman saya, mie ayam ini terbilang unik karena adanya scrambled egg tersebut. Jangan lupa untuk mengaduknya sampai bawah ya, karena bagian paling bawah akan ada banyak bumbu mie ayam tersebut. Kuahnya kurang gurih, mungkin karena tidak menggunakan MSG. Overall,menu ini juga harus dicoba. 

Soya Milk (IDR 8.000)


Senang banget sama tempat makan yang punya menu susu kedelai. Memang masih jarang banget di Jogja. Bubur Yoyong juga membuat sendiri susu kedelainya. Tidak terlalu manis, tapi segar banget. Menurut saya rasanya justru lebih enak dibanding susu kedelai kemasan yang sering saya beli di supermarket. Adal pilihan susu kedelai Milo juga lho.

Beruntung banget kemarin owner Bubur Yoyong tiba-tiba menghampiri meja saya lalu menanyakan tentang rasa dari menu yang kami makan. Owner tersebut juga menawarkan tester makanan ringan yang juga mereka jual di warung ini. Sang owner kemudian memberikan Pastel isi kari ayam dan juga Risoles isi ragout secara cuma-cuma. Owner tersebut mengatakan bahwa semua makanan ringan yang dijual juga dibuat sendiri. Info yang lain adalah jika kita sedang berulang tahun dan makan di Bubur Yoyong akan mendapatkan bubur secara cuma-cuma beserta minuman dan juga snack yang tersedia. Seru banget kan!


Pastel dan Risoles ini harganya IDR 7.000/pcs. Saya suka banget sama pastelnya. Isiannya padat, nggak pelit. Ada suwiran ayam, potongan wortel dan kentang yang dimasak dengan bumbu kari. Bumbu karinya sendiri tidak terlalu kuat namun gurihnya pas. Enaklah pokoknya. Risoles disini bentuknya kotak guys. Sempat saya kita macaroni goreng hehe. Risolesnya juga nggak kalah enak nih. Harus dicoba kalau mampir kesini.


Overall, makanan yang dipesan semuanya enak. Tentunya sehat karena tidak menggunakan campuran MSG. Lain kali saya mau coba menu nasi gorengnya. Dan sang owner juga bilang bahwa ada beberapa menu yang tidak tertera di papan menu tapi bisa ditanyakan kepada pelayan. Wah, saya baru tahu juga. Mungkin akan saya coba untuk kunjungan berikutnya. Sekian, selamat mencoba!


Bubur Yoyong 

Alamat :
Jl. Magelang No. 11, Yogyakarta
(utara Parsley)

Jam Operasional :
08.00 - 15.00

Telepon :
(0274) 523260 / 08170409119

You Might Also Like

0 komentar