CULINARY : MIE AYAM GORENG SEYEGAN

5:33 PM

Kuliner blusukan kali ini menuju daerah Seyegan. Siapa sangka daerah satu ini menyimpan suatu kuliner yang sudah sangat dikenal masyarakat Yogyakarta, Mie Ayam Goreng. Hmm.. dari namanya sudah terdengar unik ya. Mie ayam yang selama ini kita tahu adalah mie yang diberi topping ayam serta sayuran seperti sawi dan kubis. Banyak sekali macam dari mie ayam. Mulai dari mie ayam ala Jawa dengan topping ayam manis seperti semur, mie ayam ala Malang atau Cwie Mie dengan topping ayam lebih garing dan disajikan dengan kerupuk pangsit, atau mie ayam ala Hongkong yang memiliki ukuran mie lebih kecil dari yang lain. Jadi, seperti apa Mie Ayam Goreng ini?


Di Seyegan sendiri memang banyak penjual Mie Ayam Goreng. Tapi kita harus pintar-pintar memilih mana yang mempunyai rasa paling enak. Ya, walau enak itu relatif dan tergantung lidah masing-masing. Mie Ayam Goreng ini sebenarnya tidak punya nama khusus. Orang-orang biasa menamainya Mie Ayam Goreng Seyegan. Tapi, kalau kamu tidak mau keliru datang, ingat-ingat saja lokasinya dan mie ayam ini juga sering disebut dengan Mie Ayam Goreng Mekaton. Lokasinya ada di Jl. Kebon Agung Km. 6, Mlati, Sleman didepan Pasar Srikaton. 


Mie Ayam Goreng, tentu bukan mie yang diberi topping ayam goreng melainkan wujudnya yang masuk dalam kategori mie ayam kering (tidak ada kuah). Ukuran mienya juga besar-besar. Ayamnya dimasak dengan citarasa manis dengan rasa merica yang kuat. Untuk sayurannya diberi sawi dan juga acar timun. Harga satu porsi Mie Ayam Goreng hanya IDR 9.000 saja teman-teman.

Rasanya bagaimana? ENAK! Wah, sudah tinggal 8 tahun di Sleman tapi baru sekali ke tempat ini. Sedih... Nah, sebagai tambahan lauk, disediakan semur ceker dan kepala ayam yang masing-masing dihargai IDR 1.000 saja. 


Walau agak blusukan, tapi mie ayam ini tidak susah dicari kok karena juga terletak di jalan utama. Dan yang pasti aku bakal balik lagi kesini. Mie Ayam Goreng Seyegan buka mulai pukul 09.00 pagi dan biasanya pukul 14.00 sudah habis. Jadi jangan kesiangan ya! Selamat mencoba :D

You Might Also Like

2 komentar

  1. woww sangat lezat itu
    kepengen nyobain...

    ReplyDelete
  2. waaahhhh ku suka banget dengan ayam goreng.. semoga bisa jadi reverensi untukt tahun baru nantu

    ReplyDelete