CULINARY : SATE KLATHAK PAK PONG

8:25 PM

Yogyakarta benar-benar kota yang kaya akan budaya dan kuliner. Mulai dari yang tradisional, unik dan modern semua ada disini. Salah satu kuliner khas daerah Bantul ini sudah pasti dikenal masyarakat Yogyakarta. Keluargaku pun penggemar kuliner tersebut.

Sate Klathak namanya. Merupakan olahan sate kambing yang ditusukkan ke jeruji sepeda, bukan ke tusukan bambu seperti sate pada biasanya. Bumbunya juga minimalis sekali, hanya menggunakan garam. Biasanya penyajian sate ini menggunakan kuah gulai yang akan membuat rasanya makin nikmat.

Salah satu penjual sate klathak yang terkenal adalah Sate Klathak Pak Pong yang berada di Jl. Imogiri Timur Km. 10, Bantul, Yogyakarta.


Sepulangnya dari Tempo Gelato, kami sekeluarga mampir kesini untuk makan siang. Tepatnya makan sore, karena saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 XD Selain satenya, yang jadi andalan kami kalau kesini adalah Tongsengnya dan juga Tengkleng. Sayangnya saat itu tengkleng sudah habis, akhirnya kami memesan Kicik. 


Tongseng in the making

Tongsengnya dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah yang kuat, jadi si bumbu benar-benar merasuk kedalam dagingnya. Mereka menggunakan daging kambing muda, jadi sudah pasti tidak alot.

Sebentar lagi matang nih :9

Tongseng Kambing

Proses pembuatan sate klathak

Sate Klathak! Selamat makan!

Kicik

Kalau Kicik ini bumbunya hampir mirip Rica-Rica dan juga bercita rasa pedas tetapi ada rasa manisnya juga yang berasal dari kecap. Tongseng, sate, kicik, semuanya enak disini! Setelah makan yang berlemak dan cukup meningkatkan kolesterol (?) baiknya minum yang hangat-hangat untuk menetralisir lemak. Teh panas dan jeruk panas gula batunya wajib dipesan!



Yuk, tunggu apalagi.. Bagi pencinta daging kambing Sate Klathak Pak Pong ini bisa jadi salah satu referensi kuliner kamu. Selamat mencoba ya!

You Might Also Like

4 komentar

  1. wah, kapan ya bisa ke sate klathak pak pong ini.....
    hmmm kepengen bet niih :)

    ReplyDelete
  2. wah, kapan ya bisa ke sate klatak pak pong ini

    semoga suatu saat ada kesempatan untuk ke jogja lagi deh :) amin

    ReplyDelete
  3. Waow kayaknya enak rasanya, kalau boleh tau bahan buat sate klatak gmna yah kak??
    Artikelnya sangat bermanfaat kak,terimakasih infonya kak

    ReplyDelete
  4. jam buka tutup nya kapan ya?

    ReplyDelete