RECIPE : A BASIC FOR HOMEMADE BREAD

8:13 PM


Setiap macam makanan pasti ada bahan dasar membuatnya. Benar-benar dasar, atau bisa dikatakan induk resepnya baru bisa kita modifikasi. Begitu juga dengan roti. Resep dasar membuat roti tidak begitu rumit, tetapi langkah tiap langkah dalam membuat perlu kesabaran dan tenaga yang cukup. Berikut bahan-bahannya :

Bahan dasar :

500gr tepung terigu serbaguna
150gr gula pasir
20gr ragi instan
30gr susu bubuk full cream
100gr mentega/margarin
2 kuning telur
1 sdt garam
250ml air

Cara membuat :

1. Dalam sebuah wadah campur terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubuk dan kuning telur menjadi satu.
2. Tuang air sedikit demi sedikit, uleni menggunakan tangan hingga kalis.
3. Masukkan mentega/margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan selama 30 menit tertutup rapat hingga adonan mengembang 2x lipat.
4. Kempiskan adonan, ambil adonan menjadi bola-bola kecil kira-kira 30gr. Beri isian, diamkan lagi kurang lebih 30 menit.
5. Olesi adonan dengan kuning telur atau bisa dengan madu. Panggang hingga mengembang dan matang kecoklatan.

nb : 
- resep asli seharusnya menggunakan tepung terigu protein tinggi atau 1/2 tepung terigu protein tinggi + 1/2 protein sedang.
- jika menggunakan terigu protein tinggi, ragi instan bisa dikurangi setengahnya.
- isian roti bisa bermacam-macam, seperti coklat, daging atau keju. Saya membuat dua macam dengan meses coklat dan selai nanas.
- gunakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik untuk mendapatkan hasil yang baik pula
- saat meletakkan adonan didalam loyang, kalau bisa jangan menempel satu sama lain agar hasilnya tidak terkoyak, kalau mau biki roti satuan *pelajaran penting dari emak* kecuali mau bikin kue sobek :))

Roti isi selai nanas

Chocolate Roll *maafkan penampakannya yg sangat tidak rapi*

Untuk first attempt saya membuat ini, bisa dikatakan berhasil. Ya, walaupun di roti yang terletak di bagian tengah matangnya belum merata seperti yang dipinggir. Mungkin harusnya tadi sesekali di rotasi :)) Lain kali masih harus dicoba menggunakan terigu protein tinggi beneran. Silahkan di coba, gampang kok. Anak kosan juga bisa *pinjem oven ibu kos* Selamat mencoba! :)

You Might Also Like

0 komentar