CULINARY : FESTIVAL JAJANAN KEKOENOAN 2015

9:56 PM

Festival! Jajanan! Lagi!

Semangat banget kalau sudah dengar yang namanya festival kuliner. Nggak boleh terlewatkan pastinya. Festival kali ini mengusung tema 'kekoenoan' alias jajanan-jajanan tempo dulu. Bersama keluarga, saya langsung menuju Jogja Expo Center siang tadi. Kebetulan kami belum makan siang, sekalian saja. Festival ini berlangsung dari tanggal 22 - 26 Oktober. So, kalau belum sempat kesana kalian masih punya waktu hari Minggu dan Senin ya!


Sebenarnya agak bingung juga tadi, karena kalau sudah masuk tempat ramai saya suka pusing. Ditambah banyak banget yang menarik untuk dicoba. Ternyata tidak semua jajanan bertema jadul yang ada disini, justru jajanan 'kekinian' lebih banyak. Berhubung pergi bersama orang tua, puas-puasin deh! XD

Es Pot (IDR 15.000) - Spot Jogja


Tujuan pertama, nurutin adik sebenarnya. Makin unik dan lucu ya warnanya, sudah warna-warni dan toppingnya makin variatif. Isinya tetap es krim dong :D

Risol Tuna Mayonaise (IDR 12.000) - Risol Nona Ucy


Kalau ini jajanan pilihan ibu. Beliau suka banget makan gorengan soalnya. Cuma ada dua pilihan rasa, tuna dan beef. Akhirnya kami coba satu-satu. Rasanya enak sih, tapi kok kemahalan ya. Isinya terlalu sedikit juga hehe.

Special Okonomiyaki (IDR 25.000) - Okii Jogja

Stand satu ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Setiap pameran bahkan di Sunmor. Saya sendiri penasaran banget, seenak apakah okonomiyaki ini. Akhirnya saya bela-belain buat antri lebih dari setengah jam. Eh, ternyata memang enak! Yang special ini selain ada isian sayur, ada cumi dan ayamnya juga. Cocok dimakan ramai-ramai. 


Dawet Fruit Loops (IDR 11.500) - Dawet Kemayu

Jaman sekarang semua serba 'kekinian' ya. Tidak hanya martabak, dawet pun tidak mau kalah. Dawet Kemayu ini tidak menggunakan santan, namun memakai susu dan tetap ditambah cairan gula jawa. Dawet satu ini bisa ditambah dengan topping pilihan seperti milo balls, fruit loops dan lain-lain. Saya coba yang pakai fruit loops. Rasanya lucu, tidak seperti dawet. Tapi enak juga dan nggak bikin eneg karena manisnya pas.


Thoricanna Blazz (IDR 10.000) - Cam Caw

Sekarang juga sedang nge-trend banget minuman warna-warni. Efek JEC yang penuh sesak, sumpek dan panas siang tadi memaksa saya untuk mencari minuman yang segar. Pilihan saya jatuh ke stand Cam Caw ini. Saya memesan menu Thoricanna Blazznya. Simple saja sih, ini pepsi blue di campur dengan sirup melon dan jeruk serta diberi tambahan nata de coco. 


Greentea & Cinnamon Klappertaart (IDR 9.000) - Klappertaart Point


Ibu saya juga penggemar kue. Jadi beliau coba untuk beli klappertaart dengan dua rasa yang berbeda. Saya cenderung suka yang cinnamon daripada greentea. Rasa greentea kurang masuk untuk kue sejenis klappertart yang teksturnya tidak padat (orang Jawa sebutnya 'blenyek'). Lebih enak dimakan dalam keadaan dingin hehe.

Itulah beberapa referensi jajanan dari saya yang ada di Festival Jajanan Kekoenoan 2015 yang berlangsung di Jogja Expo Center. Agak kurang puas sebenarnya karena masih diluar ekspetasi. Saya mengharapkan bakal menemukan jajanan semacam gethuk, cenil, permen jahe kacang dan sebagainya disini. Tapi tidak apalah, perut sudah kenyang dan hatipun akhirnya ikut senang. Jangan sampai ketinggalan ya, sampai tanggal 26 saja!

You Might Also Like

0 komentar