CULINARY : WARUNG MBAH JURI - SPESIALIS WADER PRESTO

9:11 PM

Minggu pagi, ayah saya mengajak keluarga untuk keluar rumah. Mumpung weekend dan saya juga sedang tidak terlalu disibukkan dengan tugas-tugas perkuliahan. Kemudian ibu saya mengusulkan untuk pergi ke daerah Kulonprogo. Beliau mengatakan ada kuliner tradisional yang menarik setelah ibu saya diberi tahu oleh saudara. 

Tanpa babibu, pukul 11.00 berangkatlah kami ke Kulonprogo berbekal Waze karena kami belum tahu lokasi warung makan yang akan dikunjungi. Aplikasi Waze sangat membantu mencari jalan alternatif dan kita tidak akan kesasar menuju lokasi yang dituju. Tepat saat jam makan siang, kamipun tiba di tempat.


Lokasinya sendiri ternyata tidak begitu jauh dari area Makam Sendangsono atau Goa Maria. Warung ini hanya dapat menampung 10-15 pengunjung saja dan menggunakan area depan rumah tinggal si pemilik warung. Usut punya usut, warung ini seringkali didatangi oleh petinggi-petinggi atau orang-orang penting untuk bersantap. Beberapa kali warung ini juga telah diliput oleh wartawan media massa dan juga televisi. Kalau sudah seperti itu, makin membuat penasaran saja kan? Seenak apakah menu yang ada disini?




Warung Mbah Juri mengedepankan masakan tradisional berbahan dasar Ikan Wader. Saya kira awalnya beliau menggunakan ikan wader ukuran kecil seperti teri, ternyata ikan wadernya berukuran besar seperti ikan bandeng. Ikan tersebut kemudian dipresto selama 6 jam dengan bumbu rempah yang kuat. Selain itu, tersedia juga ayam ingkung serta aneka lauk pauk dan sayuran sebagai teman makan wader presto.

WELCOME SNACKS, GORENGAN!



Setiap warung makan yang ada di Yogyakarta, pasti menyediakan gorengan. Entah itu tempe, tahu, sampai combro dan bakwan. Demikian juga di Warung Mbah Juri. Senangnya saya bisa menjumpai Lenthis ditempat ini. Lenthis sebenarnya berbahan dasar sama dengan combro, terbuat dari singkong parut lalu diberi bumbu kemudian di goreng. Hanya saja lenthis tidak memakai isian. Terkadang ada yang mencampurnya dengan kacang tholo (kedelai). Harga gorengan disini hanya IDR 500.



Selain gorengan, kalian juga bisa menjumpai kue Lemet disini. Mbah Juri memakai singkong dan gula merah untuk membuat lemet, bukan dari buah labu seperti lemet di tempat lain. Enak banget lemetnya dan ukurannya cukup besar. Harganya hanya IDR 1.000 saja!

Wader Presto

Jujur saja ini kali pertama saya melihat ikan wader ukuran besar. Sekilas mirip ikan tawas dari bentuk dan sisiknya. Biasanya ikan wader ukuran kecil digoreng garing begitu saja kemudian bisa langsung dimakan atau dapat diberi bumbu lagi untuk dimasak kemudian.


Mbah Juri memasak ikan wader ini dengan cara di presto selama 6 jam. Durinya jadi lunak dan rasanya enak banget! Gurih bumbunya meresap hingga ketulangnya. Satu porsi ikan kalau tidak salah harganya IDR 20.000. Pantas saja Mbah Juri punya banyak pelanggan yang datang darimana saja, lha wong masakannya enak begini. Selain ikan wader, ada juga ayam ingkung. Tapi kunjungan saya saat itu kurang beruntung, beliau sedang tidak memasak ayam ingkung. Hanya ada ayam potong saja yang telah diungkep dan akan digoreng sesuai permintaan pembeli. 


BEBAS AMBIL NASI DAN SAYUR SESUKA KAMU, CUMA BAYAR IDR 4.000!

Jangan khawatir kalau kalian ke warung ini dalam keadaan sangat lapar. Mau tambah nasi sampai 3 porsi dan sayur sampai menggunung, terserah kalian hehe. Sayuran yang disediakan banyak macamnya mulai dari sayur lembayung, oseng-oseng tempe hingga brongkos. Segala macam sayur disediakan di etalase bersama dengan tambahan lauk lain seperti tahu dan tempe bacem. Kalau mau ambil nasi beserta lauk pauk dan sayur, kalian harus mandiri ya alias ambil sendiri langsung di dapurnya. Jangan lupa untuk menghitung apa saja yang kalian ambil :)))



Mbah Juri masih menggunakan tungku dan kayu bakar untuk memasak ikan wader. Pantas saja rasa ikannya sendiri terasa lebih smokey dibanding ikan presto lain. Mbah Juri senang banget kalau ada pelanggan yang main-main ke dapurnya, ngobrol banyak dan yang pasti mengabadikan gambar. Supaya masakannya bisa lebih dikenal orang katanya. 



Tidak mengecewakan perjalanan jauh yang kami tempuh dari Sleman sampai Kulonprogo ini. Masakannya enak, pemiliknya juga ramah banget. Asik diajak ngobrol banyak hehe. Sudah tahu kan, kuliner di Jogja nggak cuma Gudeg! Banyak banget kuliner yang patut untuk dicoba apalagi yang serba blusukan seperti ini. Selamat mencoba!


Warung Makan Mbah Juri

Alamat :
Jl. Slanden - Sendangsono, Banjaroya
Kalibawang, Kulonprogo, DIY
(Masuk jalan seberang kantor Kelurahan Banjaroya)
Telpon :
081327207681
Jam buka :
08.00 - 18.00

You Might Also Like

0 komentar