RECIPE : HOMEMADE OKONOMIYAKI

4:34 PM

Jajanan Jepang adalah salah satu pilihan makanan favorit saya jika sedang makan di luar atau sekedar untuk ngemil di rumah. Hari ini saya mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Salah satu jajanan ala Jepang yang simple tapi enak, dan pasti kalian kenal. Yup, Okonomiyaki!

Poin penting dari makanan ini adalah penggunaan kubis (cabbage) sebagai bahan utamanya. Perbandingan penggunaan bahan isian (sayuran/seafood/ayam/dll) juga lebih banyak daripada tepung dan air. Supaya lebih enak, gunakan dashi atau kaldu. Saya membuat sendiri kaldunya dari air rebusan ayam. Kalau ingin lebih otentik bisa memakai kaldu seafood. 


Bahan pelengkap lain tentu saja saus Okonomiyaki, nori dan katsuobushi. Di Yogyakarta sendiri sudah bisa ditemukan saus okonomiyaki instan dan juga katsuobushi siap pakai. Saya pernah melihatnya di toko bahan kue Intisari. Tapi kemarin ketika saya kesana, stok sedang kosong. Jadilah saya membuat okonomiyaki ini menggunakan saus racikan sendiri dan saya skip katsuobushinya. Ternyata tidak membuat Okonomiyaki ini kehilangan rasa enaknya kok! Selamat mencoba!

Bahan-Bahan Okonomiyaki :

1 buah kubis kecil (sekitar 150gr)
2 batang daun bawang
1 buah fillet dada ayam rebus
2 buah sosis potong tipis
1 cup tepung terigu
100ml air kaldu
1 butir telur
garam dan lada secukupnya
Saus Okonomiyaki
Mayonaise
Nori

Cara Membuat :

- Cacah halus kubis dan daun bawang, sisihkan
- Potong tipis atau potong dadu dada ayam rebus, sisihkan. Kalian bisa menggunakan campuran seafood seperti cumi dan udang. Atau bisa menggunakan smoked beef dan sosis.
- Dalam mangkuk, campur terigu dengan kaldu dan telur. Aduk rata. Tambahkan  garam dan lada.
- Masukkan kubis, daun bawang, sosis dan ayam ke dalam adonan tepung. Cicipi rasanya. Pastikan adonan tepung tidak melebihi sayuran.
- Panaskan wajan datar dengan sedikit minyak, masak adonan Okonomiyaki. Matangkan tiap sisinya hingga matang kecoklatan. 
- Oleskan saus Okonomiyaki di atasnya, beri mayonaise dan nori. Sajikan selagi hangat.

Bahan-Bahan Saus Okonomiyaki :

3 sdm kecap Inggris
1 sdm saus tomat
1/2 sdt saus tiram
1 sdt madu

Cara Membuat :

- Aduk semua bahan dalam sebuah wadah. Gunakan untuk mengoles Okonomiyaki.



You Might Also Like

0 komentar