CULINARY : LESEHAN TASIKMALAYA

9:23 PM


Warung lesehan sepanjang Jalan Kaliurang depan Grha Saba Pramana UGM memang menjadi salah satu magnet kuliner di kota Jogja. Segala macam makanan ada disini. Mulai dari yang berbau masakan Indonesia, Jepang, sampai western dan makanan ringan ada semua di area ini.

Beberapa waktu lalu selepas kuliah sore, saya dan teman-teman kampus mampir menjajal sebuah warung lesehan yang menyajikan menu penyetan khas Tasikmalaya. Namanya Warung Lesehan Tasikmalaya. Akhirnya, berkat warung ini, saya bisa menemukan penjual sayur leunca! Duh... walau pahit, tapi saya suka banget makan leunca. Padahal pare aja ngga doyan hehe.


Banyak yang bilang, kalau kesini harus coba Ayam Bakar Kuah. Dan setelah nyobain, emang bener sih. Nampol enaknya!

Ayam Potong Bakar Kuah (IDR 12.000)

Saya sempat membaca beberapa update-an kawan-kawan foodies di Instagram tentang warung ini. Banyak dari mereka merekomendasikan Ayam Bakar Kuah. Lalu saya penasaran, ayam bakar dimakan dengan kuah gimana rasanya? Beginilah penampakannya...


Menurut saya, ayam ini sudah digoreng setengah matang sebelum dibakar. Bumbu bakarannya sendiri rasanya khas banget. Ada manisnya dan gurih seperti rasa santan tapi ringan. Kuah si ayam bakar sendiri sepertinya juga menggunakan bumbu bakaran. Ayamnya empuk, dan ketika dimakan bersama kuahnya, JUARA BANGET DEH!

Oseng Tempe Leunca (IDR 4.000)


Leunca! Ah.. ini sayuran yang 'sunda' bangetlah. Favorit saya juga, walau punya rasa yang pahit. Biasanya dimasak bersama oncom. Tapi, di Jogja sendiri sangat susah menemukan oncom dengan rasa yang enak. Tidak seperti di Jawa Barat yang sangat mudah menemukan oncom. Selain menggunakan oncom, leunca juga enak dimasak menggunakan tempe atau gembus. 

Nah, oseng tempe leunca di warung ini rasanya juga manis pedas. Memang, masakan Tasikmalaya agak berbeda dengan masakan sunda di daerah lain yang punya citarasa lebih gurih dan pedas. 

Bahagia rasanya menemukan warung ini. Walau judulnya hanya warung lesehan, tapi masakannya patut diacungi jempol. Apalagi harganya yang mahasiswa banget, betul begitu? :D Yang anak UGM wajib cobain!

Ps : kalau makan disini, enaknya pakai nasi uduk. Dimakan bersama ayam bakar kuahnya, ajiiiibbbb!


LESEHAN TASIKMALAYA

Alamat :
Lesehan GSP UGM

Jam Operasional :
18.00 - 23.00

You Might Also Like

0 komentar