CULINARY : BALI FOODS GUIDELINE

7:40 PM

Sebulan lalu saya berkesempatan menyambangi Pulau Dewata sebanyak 2 kali. Bukan untuk liburan sih, tugas penelitian kampus tepatnya. Tapi curi-curi kesempatan untuk kulineran tetap jalan pastinya. Setelah hampir 12 tahun sejak kepindahan saya dari Bali, saya tidak pernah mengunjungi kota itu lagi. Ternyata sudah banyak yang berubah ya (ya iyalah!).

Kuliner Bali makin beragam, sama seperti di Yogya. Dulunya kalau di Bali cuma kenal Ayam Betutu, Sate Lilit atau Babi Guling, sekarang juga sudah banyak sekali tempat-tempat makan kekinian. Beberapa spot kuliner favorit yang dikunjungi waktu ke Bali :

9/11 Cafe & Concept Store

Salah satu cafe baru di Jl. Teuku Umar. Cafe ini punya teman SD saya waktu di Bali. Menunya ngga jauh-jauh dari kopi, cake, dan snack lainnya. Tapi, bangunannya itu lho konsepnya oke banget! Memakai olahan kayu sisa meubel yang dijadikan bahan konstruksi bangunannya.




Berhubung cuma kepingin ngemil-ngemil cantik, saya dan teman hanya memesan latte, sepotong chocolate cake dan juga nachos yang menjadi rekomendasi dari sang owner.


Cake disini adalah buatan sendiri. Lebih tepatnya, Tante dari owner cafe :D Cakenya cukup lembut, manis dan pahit coklatnya sendiri juga pas.


Saya memesan Greentea Latte. Greenteanya pekat dan rasanya mirip seperti di cafe langganan saya, Peacock.


Ini dia menu yang direkomendasikan oleh ownernya, Nachos. Porsinya banyak, cocok untuk teman ngobrol bersama teman-teman. Diatasnya diberi saus bolognese, saus keju dan potongan jalapeno.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Mungkin bagi yang pernah makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk yang ada di Jl. Damai, Sleman sudah tidak asing lagi dengan tempat makan satu ini. Ayam betutu tentu saja tidak boleh dilewatkan jika kamu berkunjung ke Bali.

Kulineran ke Bali tidak boleh sembarangan memilih makanan. Terutama bagi teman-teman yang Muslim, makanan halal tetap nomor satu. Ayam Betutu ini merupakan salah satu kuliner halal yang juga direkomendasikan oleh Trip Advisor. Tiap hari ramai pengunjung, karena memang Ayam Betutunya terkenal enak.


Satu paket Ayam Betutu sudah termasuk nasi, sambal matah, dan plecing kangkung. Menu lain yang harus dicoba adalah Nasi Campur Balinya. Lokasinya ada di Jl. Raya Tuban No. 2X, Kuta, tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai.

Nasi Ayam Bu Oki

Cari makanan halal lainnya di Bali? Nasi Ayam Bu Oki jawabannya. Satu porsi dengan ukuran besar dan banyak lauk seperti ini hanya seharga IDR 25.000! Buat saya rasanya mantep banget, bumbu rempahnya juga kuat. Enak deh. Nasi Ayam Bu Oki berada di Jl. Celagi Basur No. 3Y, Jimbaran, Kuta Selatan.

Satu piring Nasi Ayam berisikan sate lilit, pepes ayam, kacang, lawar buncis, ayam betutu dan telur serta sambal matahnya. Mantep kan?


Warung Pepe Pizza


Nah, kalau satu ini sebenarnya 'bonus'. Kenapa disebut bonus? Karena pizza di atas ini didapatkan secara gratis. Kok bisa? Ahahaha... Iya beneran, karena waktu ke Bali saya dengan teman-teman bermalam di Pop Hotel Dewi Sri. Saya juga nggak tahu sih kenapa bisa dapat pizza gratis, mungkin memang sedang ada promo.

Pizza Pepperoni ini dari Warung Pizza Pepe yang ada di Jl. Dewi Sri. Jadi tempatnya hanya seperti kedai kecil dengan menu-menu pizza ala Italia. Rasanya biasa saja seperti pizza Itali kebanyakan. Tapi bolehlah :p

Gusto Gelato

Gusto Gelato. Rasanya tidak boleh absen mengunjungi tempat ini ya kalau ke Bali? Waktu saya sampai di tempat, dari luar kelihatannya kecil sekali dan terlihat sepi. Tapi begitu masuk, badalah! Antriannya seperti mau masuk venue konser Bigbang :(


Walau antrian panjang, tapi saya tidak perlu menunggu lama karena pelayan juga dengan sigap melayani pesanan pembeli. Beruntung mereka punya ruangan di area halaman belakang yang lebih leluasa.



Awalnya saya sempat mikir, gelato di Bali apakah halal? Harganya lebih mahal dibanding Yogya tidak ya? Ternyata pikiran saya salah semua. Gusto Gelato ini juga merupakan gelato shop yang halal dan harganya malah dibawah Tempo Gelato di Yogya. Dua scoop gelato dengan cone cukup membayar IDR 24.000 saja (beda 1.000 sih LOL).




Beberapa gelato yang kami coba mulai dari sorbetnya seperti stroberi, lime dan mango hingga yang creamy seperti greentea, dark chocolate, caramel dan sneakers. Semuanya enak! Tapi favorit saya disini adalah stroberi, dark chocolate dan mangonya. Greenteanya enak sih, tapi masih lebih oke di Tempo Gelato.

Gusto Gelato dapat kamu temukan di Jl. Mertanadi No. 46B, Kuta Utara. Itulah beberapa spot kuliner yang saya dan teman-teman kunjungi saat di Bali. Karena penelitian ga melulu soal belajar, perlu sesuatu yang manis juga agar seimbang hehe. Spot-spot tersebut bisa menjadi referensi kuliner kamu jika berkunjung ke Bali. Sekian!

You Might Also Like

0 komentar