CULINARY : INGKUNG KUALI BANTUL

8:53 PM

Kulineran kali ini agak jauh dari pusat kota Jogja. Sebenarnya sudah lumayan lama saya mengunjungi tempat ini bersama keluarga. Hitung-hitung buat refreshing juga karena kami biasanya bisa melakukan quality time hanya saat weekend. Walau tempatnya blusukan, tapi ramai dikunjungi lho. Bangunannya sendiri sangat unik karena menggunakan struktur bambu dan didalamnya terdapat amphiteater kecil.




Di luar bangunan ini juga terdapat saung-saung kecil untuk area makan terbuka. Tapi, ada juga yang dapat menampung pengunjung menggunakan meja besar.


Hari dimana aku mengunjungi tempat ini ketika weekend, tepatnya hari Sabtu. Sudah weekend, datang kesiangan, menu ingkungnya hanya sisa setengah porsi. Tak apa, yang penting masih kebagian hehe. Selain ayam ingkung, disini juga ada burung dara lho.


Buat yang belum tahu, Ingkung dalam bahasa Jawa berarti adalah masakan yang utuh. Biasanya sebutan ini untuk unggas seperti ayam dan bebek. Kalau kalian suka dapat hantaran atau hajatan orang melahirkan, sunatan dan lain-lain yang berisikan satu ekor ayam goreng, itu namanya juga Ingkung hehe. Masakan Ingkung ada banyak macamnya. Ada yang hanya diungkep lalu diberi kuah, ada juga yang digoreng. Kalau di Ingkung Kuali, bisa request mau yang ungkep atau digoreng. Satu ekor ayam Ingkung bisa dimakan 6-8 orang.


Burung dara disini juga dimasak dengan bumbu yang sama dengan ayam ingkung. Rasanya? ENAK SEMUA! Beneran deh. Ayamnya empuk banget, padahal menggunakan ayam kampung. Bumbunya meresap sempurna. Hauceklah.


Makan ayam ingkung ngga lengkap kalau tidak dibarengi minum Wedang Uwuh! Apa itu Wedang Uwuh? Uwuh sendiri artinya sampah. Terus kita minum sampah? Haha.. Bukan, bukan seperti itu maksudnya. Wedang Uwuh merupakan minuman untuk kesehatan yang terbuat dari bahan-bahan yang berupa dedaunan jadi menyerupai sampah. Rasanya cenderung manis dan pedas dengan warna merah dan aromanya juga harum.


Puas banget deh makan bersama keluarga disini. Ayamnya enak, suasanya juga nyaman, harga terjangkau pula! Untuk makan berlima kami memesan setengah ekor ayam, 3 porsi burung dara, 5 minuman, nasi beserta cemilan dan lain-lain kalau tidak salah hanya perlu membayar IDR 160.000. Terjangkau sekali bukan?

Ingkung Kuali

Alamat :
Kalakijo RT 06, Guwosari, Pajangan
Bantul, DIY

Telpon :
085701101122

You Might Also Like

0 komentar