CULINARY : WARUNG BUMI Pt. 2 (BUMI LANGIT INSTITUTE)

7:02 AM

Kembali lagi untuk makan siang ditempat yang menyenangkan satu ini. Kali ini saya bisa bertemu langsung dengan sang pemilik Bumi Langit yaitu Pak Iskandar, karena kebetulan beliau menjadi narasumber dari acara study tour yang dilakukan oleh siswa-siswa SMP Kesatuan Bangsa di Bantul.

Pada kunjungan saya saat itu, saya mendapat banyak pengetahuan baru terutama tentang pengolahan perkebunan dan konstruksi rumah di area gunung kapur. Pengetahuan tersebut asalnya langsung dari pengalaman Pak Iskandar sendiri saat melakukan pembangunan Bumi Langit. Seru banget! Sayangnya nggak sempat foto bareng kemarin karena beliau sepertinya juga sibuk banget.

Saya mengunjungi Bumi Langit bersama keluarga. Kebetulan setiba disana sudah waktunya makan siang. Inilah beberapa menu yang kami pesan :

Mint Lemongrass


Minuman satu ini segar banget! Sebagai pecinta teh tawar, tanpa gula saja sudah enak menurut saya. Rasa segar dari daun mint dan aroma batang serehnya sangat kuat.

Roti Desa Panggang (Strawberry)


Jangan melewatkan menu satu ini kalau kalian singgah ke Bumi Langit. Wajib banget dipesan. Mereka membuat sendiri rotinya yang terbuat dari sorghum, begitu juga dengan selainya. Kalian bisa memilih selai rasa lainnya seperti nanas, mangga dan mulberry. Semua buah-buahan tersebut mereka tanam dan budidayakan sendiri menjadi selai-selai yang siap dijual dan dipakai untuk kebutuhan warung. 

Nasi Campur

Jangan bayangkan nasi campur disini seperti di warteg-warteg ya, karena nasi campur disini dijamin sehat! Mereka menggunakan beras coklat, sayuran yang berasal dari kebun sendiri dan lauk pauknya yang juga tidak kalah sehat yaitu tahu tempe. Tempenya juga mereka produksi sendiri lho, termasuk kedelainya. Rasanya berbeda dengan tempe biasanya. 


Untuk isian nasi campurnya, bisa saja tergantung dengan apa yang ada di kebun saat itu. Jadi bisa saja sayur yang ada saat saya kesana, berbeda dengan besok. Menu ini sehat dan enak sekali rasanya walau sangat sederhana.

Mie Rebus


Di postingan saya sebelumnya, saya sudah bercerita tentang mie rebus disini yang menggunakan mie dari tepung singkong. Nikmat banget! Potongan ayamnya juga kelewatan banyaknya hehe. One of recommended menu here!


Gurameh Bakar

Hasil kolam di Bumi Langit adalah ikan patin dan gurameh. Gurameh disini bisa dipesan goreng atau bakar. Kami pilih bakar saat itu. Tidak terlalu besar, mungkin hanya sekitar 60o gram - 700 gram. Pas untuk 5 orang. Gurameh bakarnya sendiri tidak bau tanah, bumbunya juga meresap kedalam daging ikan.


Wedang Uwuh


Wedang Uwuh merupakan minuman berkhasiat dari berbagai macam dedaunan yang kemudian di seduh. Dedaunan yang ada di minuman tersebut, dalam bahasa jawa disebut 'uwuh' yang artinya sampah. Wedang uwuh disajikan panas dan memiliki rasa manis-pedas dari jahe dengan warna merah cerah dari secang dan aroma harum. 

Tertarik untuk mengunjungi Bumi Langit? Dijamin seru banget. Selain bisa mencicipi hidangan yang lezat dan menyehatkan, tentunya kalian juga dapat belajar banyak hal tentang alam dan pemanfaatannya. 

Bumi Langit Institute

Alamat :
Jalan Imogiri-Mangunan Km. 3
Desa Giriloyo, Wukisari
Bantul, DIY

Kontak :

You Might Also Like

1 komentar

  1. Hai! Seru banget postingannya dan sangat membantu. Sayang detail harga dan sebagiannya tidak dicantumkan. Mungkin bisa ditambahkan ya. Tapi yang jelas, blog ini sangat membantu! Terimakasih sudah terus melakukan review!

    ReplyDelete