CULINARY : RM ISTANA SUNDA BOGOR

8:29 PM

Beberapa waktu lalu saya sempat pulang ke Bogor dalam rangka renovasi rumah di sana. Tentu bukan saya yang 'nukang', cuma mengawasi saja. Akibat ibu juga tidak sempat memasak untuk makan malam karena kami baru pulang dari toko bangunan, akhirnya ayah dan ibu mengajak saya ke sebuah restoran yang masih cukup baru tidak begitu jauh dari rumah.

Restoran ini mengusung menu-menu khas Sunda seperti Nasi Timbel dan Nasi Tutug Oncom. Ada juga menu lauk pauk seperti ayam, udang, ikan-ikanan dan sebagainya. Cukup ramai pengunjung saat itu padahal waktu sudah menunjukkan pukul 20.30. Istana Sunda dulunya bekas sebuah tempat makan juga, namun tidak terlalu laku kemudian gulung tikar.


Interiornya banyak menggunakan material bambu dan kayu dengan pernak-pernik yang full color. Ruangan yang disediakan semi-indoor dengan dua bangunan saung yang juga digunakan sebagai tempat makan, namun minimal harus 5 orang jika akan makan di saung. 




Berhubung kami sekeluarga sudah sangat lapar, kami pesan beberapa menu yang cukup banyak untuk 3 orang. 

Nasi Timbel Komplit


Bagi yang belum tahu, Nasi Timbel adalah nasi putih hangat yang dibungkus daun pisang lalu biasanya dihidangkan dengan beberapa macam lauk pauk. Biasanya menggunakan ayam goreng, ikan asin, tahu dan tempe dan tidak boleh ketinggalan lalapan serta sambal. Ayam gorengnya cukup gurih dan empuk.

Nasi Liwet Komplit


Siapa bilang Nasi Liwet hanya ada di Solo? Nasi Liwet disini agak berbeda rasanya, cenderung mirip nasi uduk dan tanpa sayur santan. Dilengkapi dengan ayam yang bisa dipilih bakar/goreng, ikat teri, telur rebus, lalapan dan sambal. 

Nasi Tutug Oncom


Ini pertama kalinya saya mencoba Nasi Tutug Oncom. Mereka menggunakan oncom hitam sebagai campuran nasi. Rasanya terlalu asin untuk saya. Ditambah saya memesan Ayam Goreng Rempah yang tidak kalah asin rasanya. Cukup membuat mata merem melek saat menyantapnya hehe. 


Udang Goreng Tepung


Menu satu ini bakal jadi favorit saya kalau kembali kesini. Baru kali ini saya menemukan restoran yang menjual udang goreng tepung tetapi menggunakan tepung roti. Udangnya juga besar-besar dan dibalut dengan rapi oleh si tepung. Renyah dan gurih rasanya.

Tahu Goreng Istana

Jujur saya lupa nama menu satu ini. Tahu goreng tepung (juga menggunakan tepung roti) yang diisi dengan berbagai macam sayuran. Enak ketika dimakan dalam keadaan hangat. Sayangnya lagi-lagi isian tahu terlalu asin rasanya. Tahunya besar-besar ukurannya. Cocok untuk mengganjal perut sembari menunggu pesanan makanan berat.


Strawberry Juice

Ukuran gelas jus disini mengingatkan saya akan restoran Raminten di Yogyakarta. Besar sekali! Saya suka rasa jus stroberi disini. Manisnya pas dan mereka menggunakan susu didalamnya.


Wedang Jahe 


Pesanan ibu saya. Jahenya cukup strong rasanya. Cocok untuk menghangatkan badan ketika hujan tiba. 

Es Jeruk Kelapa

Ini bukan air jeruk yang diberi serutan kelapa, namun air kelapa yang diberi perasan jeruk serta serutan kelapa. Segar banget! Tidak terlalu manis rasanya dan serutan kelapanya jug tidak pelit. Ukuran gelasnya juga besar nih, oke bangetlah.


Secara keseluruhan, makanan yang disediakan di Istana Sunda cukup memuaskan. Hanya saja makanan disini terlalu asin menurut saya. Mungkin si koki kepingin nikah (?) hehe. Kalau ingin mencicipi menu-menu Sunda bisa coba tempat ini. Tempatnya juga terang, nyaman dan bersih. Sekian!

RM Istana Sunda

Alamat :
JL KH Sholeh Iskandar,No 95 Kedungjaya 
Tanah Sereal, Kota Bogor

You Might Also Like

0 komentar