TRIP : CANDI IJO & CANDI RATU BOKO, KALASAN

8:29 PM

Sepulang dari Ternate sekitar hampir sebulan lalu, jarang sekali aku bisa keluar rumah untuk melancong. Banyak planing yang belum terlaksana, salah satunya adalah mengunjungi beberapa candi-candi kecil di seputaran Jogja. Akhirnya pagi tadi hari Rabu tanggal 24 Desember, aku mencuri-curi waktu di tengah persiapan untuk menimba ilmu lagi. Mumpung libur panjang ya kan :)

Bersama 3 orang kawan, kami pun memutuskan berangkat menuju Candi Ijo dan Candi ratu Boko. Aku yakin, kawan-kawan semua pasti sudah tahu bahkan sudah pernah ke dua candi tersebut. Candi Ijo, ini salah satu tujuan utamaku karena memang belum pernah kesana. Kalau candi Ratu Boko, terakhir kali kesana sepertinya saat SMP :))

Dua candi tersebut berada di daerah Kalasan, dekat dengan kompleks Candi Prambanan. Menuju candi Ijo memang butuh perjuangan karena jalanan yang menanjak terjal dan cukup rusak karena sering dilalui oleh truk pasir/batu. Tidak ada pembayaran tiket masuk disana, hanya tiket parkir kendaraan saja sebesar 2k untuk motor dan 5k untuk mobil.



Denah Candi Ijo sebenarnya tidak jauh berbeda dengan candi Sambisari. Kalau kalian perhatikan jika kesana, akan ada 3 candi anak di bagian depan dekat dengan tangga masuk, dan candi utama berada di area tengah dan berhadapan dengan 3 candi anak tersebut. 

Candi Ijo merupakan candi Hindu. Dinamai demikian karena letaknya yang berada di atas lereng bukit bernama Gunung Hijau. Candi ini ditemukan pada tahun 1886 oleh seorang administrator pabrik gula. 




Karena letaknya di atas bukit, tentu saja dari candi Ijo kita bisa melihat pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Nggak perlu jauh-jauh ke bukit bintang, bro :D


Next, kita ke candi Ratu Boko. Ternyata hampir 8 tahun tidak ke candi ini sudah banyak sekali perubahan yang terjadi. Sekarang pelayanan sudah terkoordinir dengan baik, fasilitas di dalamnya juga lebih beragam dan cukup bersih, taman-taman sepanjang jalan menuju candi juga tertata dengan bagus dan nyaman untuk berjalan kaki. 

Memang sudah seharusnya cagar budaya di rawat seperti itu jika ingin dilestarikan dan dijadikan area wisata internasional :)


Candi Ratu Boko dibangun saat masa Dinasti Syailendra di abad ke 8 hingga ke 9. Candi ini dulunya disebut Abhayagiri Vihara. Jadi tahu kan kenapa ada Abhayagiri Restaurant & Resort disana? :)

Tidak hanya sebagai tempat sembahyang, candi ini memiliki fungsi lain seperti benteng dan juga gua. Walau yang mendirikan candi ini adalah keturunan Buddha, tetapi banyak unsur-unsur Hindu didalamnya. 

Sekarang ini, disamping sebagai tempat wisata, area candi Ratu Boko juga digunakan sebagai tempat perkemahan sekolah. Selain itu terdapat beberapa jadwal atraksi tari Sumunaring Abhayagiri. 



Kompleks candi Ratu Boko cukup luas dan bagian-bagian candinya terbagi di beberapa sisi yaitu sisi barat dan timur. Aku tidak cukup mengerti apa saja nama-nama bagian candi yang ada didalamnya, karena memang tidak ditemani oleh pemandu. Jadi kalian bisa searching di Google untuk penjelasan lengkapnya :)



Aku agak heran dengan kelakuan orang-orang yang berkunjung ke candi ini. Entah maksudnya apa, mungkin mereka percaya dengan memasukkan beberapa uang koin kedalam kolam ini, mereka akan segera bertemu jodoh. Aku sendiri tidak mau mencobanya, jodoh itu urusan saya dan Tuhan :))





Tiket masuk ke candi Ratu Boko ini bermacam-macam. Untuk dewasa 25k dan anak-anak 10k (wisatawan lokal), belum termasuk parkir. Wisatawan asing harganya beda lagi yaitu 13$ (sekitar 130k) belum termasuk parkir, dan tiket sunset adalah 70k.

Mumpung lagi liburan sekolah nih, yuk main-main ke candi-candi yang ada di Jogja. Selain untuk berwisata, bisa menambah pengetahuan sejarah juga :)

Sekian dulu postingan blog kali ini, kita lanjut lain waktu!

Rute Candi Ijo dari Jogja :
Jl. Jogja-Solo - Pertigaan lampu merah pasar Prambanan ambil kanan - Ke arah selatan sekitar 3.5km ada plang Candi Ijo Arca Gupala di kiri jalan (arah ke MBS) - Dusun Marangan, ikuti jalan - Pertigaan ada plang kecil warna hitam bertuliskan 'Candi Ijo' di kanan jalan - Ikuti jalan menanjak sekitar 4km, kompleks Candi Ijo ada di kanan jalan.

Rute Candi Ratu Boko dari Jogja :
Jl. Jogja-Solo - Pertigaan lampu merah pasar Prambanan ambil kanan - Ke arah selatan kurang lebih 3km - Pintu masuk candi ada di kiri jalan, jalan menanjak.

You Might Also Like

5 komentar

  1. Wah masuk boko sudah pake sarung ya sekarang? hehe

    ReplyDelete
  2. jadi pengen ke Candi ijo liat sunset lagi nih.. dulu kesana pas mendung, jadi gak bisa menikmati indahnya sunset.

    ReplyDelete
  3. k mau nanya, kalau kita ngambil sesuatu yang ada di candi prambanan untuk dibawa pulang akan ada masalah gak yah??

    Rental Mobil Jogja

    ReplyDelete