CULINARY : FESTIVAL JAJANAN KEKINIAN 2015

9:20 PM

Asik banget Jogja akhir-akhir ini. Banyak festival kuliner yang seru dan rugi kalau dilewatkan. Salah satunya Festival Jajanan Kekinian yang hadir dari tanggal 23 September kemarin sampai hari Minggu tanggal 27 September. Acara berlangsung di Jogja Expo Centre, bersamaan dengan Pameran Otomotif. 


Tiketnya murah banget, cuma IDR 5.000 saja. Bersama Alifa dari tummyteaser, saya berburu jajanan Minggu siang kemarin. Selalu saja hari terakhir, dimana sedang ramai-ramainya. Tapi tak apalah, yang penting kekinian.

Lumayan banyak makanan dan minuman yang kami cicipi disana. Biasa, efek laper mata. Begitu beli terus nggak selera. Biasa kan. Ada beberapa booth makanan yang sepertinya masih asing, mungkin baru hadir di dunia perkulineran Jogja. Saya hanya jajan sedikit tapi menunya berat-berat. Sebandinglah sama badan.

Mama Eny's Burger

Burger satu ini memang sedang naik daun di dunia kuliner Jogja. Cukup lama penasaran pingin mencoba, akhirnya keturutan. Teman saya Alifa icip Mushroom Beef Burger (IDR 23.000) dan pilihan saya jatuh ke Onion Rings Beef Burger (IDR 23.000). Selain itu juga ada chicken burger dengan pilihan topping lainnya seperti cheese, jalapeno, dan lain-lain.



Untuk ukuran, burger ini memang tidak terlalu besar dan tinggi. Masih bisalah kalau kamu takut makan belepotan. Rasanya? Enak! Beneran deh saya nggak bohong. Rasa gurih pattynya menurut saya pas banget dan bun burgernya sendiri lembut. Sausnya tidak eneg walau banyak juga olesannya. Wah, bisa jadi burger favorit nih.

Rocketeer (IDR 20.000) by Big Daddy


Siapa tidak kenal sosis bakar yang berasal dari Kota Solo satu ini. Big Daddy juga salah satu cemilan favorit. Kalian bisa menemukan Big Daddy di area warung kaki lima sekitar GSP UGM setiap harinya mulai pukul 18.00. Pilihan menunya banyak, kalau mau hemat ada menu paketnya juga. Setelah pesan menu sosisnya, kalian pilih macam sausnya. Yang recommended yang barbeque, kalau suka pedas cobain yang saus magma. Dijamin kalian makan sosis sambil berlinang air mata LOL.

Yakisoba (IDR 20.000) by Pancong Osaka

Setahu saya, Pancong Osaka adalah warung penjual kue cubit dan kue pancong yang ada di Jl. Kaliurang Km. 14, Sleman. Dan saya baru tahu ternyata mereka menjual Yakisoba, atau mie goreng ala Jepang. Dilihat dari kemasannya, menarik juga untuk di coba.



Didalamnya terdapat campuran mie dengan beberapa jenis sayuran sepertu kubis dan tauge, ada sosis dan juga telur mata sapi. Rasanya enak, porsinya pas tapi untuk saya agak kemanisan sih tapi masih oke kok. Dan mienya sendiri tidak terlalu kering dimasak, selera saya banget :D


Si Queen Doll (IDR 15.000) by Radja Cendol


Akhirnya keturutan juga nyobain es cendol fenomenal satu ini. Sebenarnya dari komposisi mirip seperti es cendol pada umumnya. Yang membuat dia berbeda adalah penggunaan beberapa bahan tambahan yang merupakan bahan-bahan kualitas premium, misalnya oreo, keju, silverqueen atau nutella.
Yang saya coba adalah Si Queen Doll, es cendol dengan topping Silverqueen. Sekali lagi, komposisinya mirip es cendol kebanyakan, rasanya pun demikian. Kurang manis walau sudah diaduk-aduk sampai tercampur gulanya. Silverqueennya juga cuma jadi topping aja. Saya kira di blend sama air cendolnya hehe.

Sunrise & Color Splash (IDR 10.000) by Tropi's

Waktu scrolling Instagram teman yang sudah ke festival ini duluan, saya dibuat terpikat dengan salah satu booth yang menjual minuman serba colorful satu ini. Adanya juga cuma di event-event tertentu saja. Sebenarnya bahannya sederhana banget, Cuma es serut yang lalu diberi sirup kemudian diberi soda. Seger-seger asik.


Harganya juga terjangkau hanya IDR 10.000. Kali itu saya pesan Sunrise dan Alifa pesan Color Splash. Yang Sunrise itu perpaduan es serut dengan sirup orange dan strawberry serta soda. Kalau Color Splash lebih komplit. Sirupnya ada tiga macam dan sodanya juga menggunakan Pepsi Blue. Cocok banget untuk suasana Jogja yang waktu itu lagi panas-panasnya. Segar! Penyajiannya juga unik nih kemasannya :D


Ramai sekali hari terakhir Festival Jajanan Kekinian kemarin, Mulai yang muda sampai orang tua pun tidak melewatkan meriahnya acara ini. Mumpung weekend juga kan, saatnya kumpul dan senang-senang bareng keluarga dan sahabat. Ditunggu banget event-event kuliner lainnya, karena saya pingin lagi beli Tropi's dan Mama Eny's :))) Sekian!


You Might Also Like

0 komentar