CULINARY : BAKPIA PIA - BAKPIA UNIK DARI YOGYAKARTA

9:37 AM

Siapa tidak kenal makanan khas dari kota Yogyakarta satu ini. Selain gudeg, bakpia juga menjadi primadonanya buah tangan bagi para wisatawan. Tapi selama ini yang kita kenal dan sering jumpai, bentuk dan isian bakpia hanya sebatas kacang hijau (kumbu) atau coklat.

Perkembangan dunia kuliner ternyata sangat berpengaruh terhadap inovasi masyarakat untuk menciptakan suatu makanan yang unik dan berbeda dari yang lain. Salah satunya adalah bakpia yang sedang naik daun satu ini yaitu Bakpia Pia.


Beberapa waktu lalu, bersama beberapa teman foodblogger dari Foodgram Jogja, Hungerranger dan Ceritamakan kami berkesempatan untuk mengunjungi pusat dari Bakpia Pia yang terletak di Jl. Dagen No. 7, Yogyakarta. Kunjungan kami bukan untuk mencicipi bakpia namun untuk meliput acara cooking class membuat bakpia yang di lakukan oleh beberapa member Stand Up Comedy.

Ayo kakak-kakak dibentuk yang rapi bakpianya :)) 

Jadi gini lho mas cara ngebentuknya :)) 


Namanya juga pelawak, proses cooking class saat itu memang berlangsung meriah. Tidak ada member yang terlihat serius, tetapi satu demi satu bakpia mereka coba untuk membuatnya. Bentuknya sendiri memang tidak karuan lol, tapi pengalaman dan ilmu yang mereka dapatkan bisa jadi berguna nantinya.

Bakpia hasil buatan Stand Up Comedy!

Disamping itu, secara personal aku pun dapat melihat proses pembuatan bakpia yang unik tersebut. Dan aku rasa inovasi yang dilakukan oleh Bakpia Pia sendiri memang sangat bagus untuk mengembangkan potensi oleh-oleh di Yogyakarta sendiri. 

Bakpia Pia tidak melulu berbicara tentang bakpia dengan rasa kacang hijau atau coklat. Isiannya sangat beragam, ada yang manis dan ada yang gurih. Bakpia Pia mengusung inovasi 'bakpia blasteran' yaitu menggabungkan kulit asli bakpia dengan isian yang tidak biasa. Misalnya untuk yang manis, kalian bisa menemukan rasa blueberry dan strawberry. Rasa asin, mulai dari abon hingga ikan tuna! Bentuknya juga lebih bervariasi dan lucu :D

Bakpia Tuna 

Varian rasa : Keju, blueberry, strawberry, coklat 

Bakpia isi blueberry

Bakpia Pia memiliki citarasa yang tidak kalah dengan bakpia yang lebih terkenal. Kulitnya lebih renyah dan ternyata perpaduan rasa blasteran tersebut juga cocok dilidah. Terutama bakpia tunanya, juara!



Jika kalian menginginkan bakpia seperti yang biasa kalian beli, mereka sudah pasti memproduksinya. Tetapi bakpia yang seperti ini untuk isiannya juga standar seperti kacang hijau, coklat atau keju. Selain bakpia, Bakpia Pia juga menyediakan oleh-oleh khas lainnya, salah satunya adalah ampyang kacang. Ampyang disini juga sedikit berbeda dengan ampyang yang biasa kita temui menggunakan kacang tanah, disini ampyangnya terbuat dari kacang mede :D




Tertarik untuk mencoba? Silahkan kunjungi pusat Bakpia Pia atau ke beberapa outlet yang tersebar di Yogyakarta. Bakpia Pia juga menyediakan fasilitas cooking class seperti yang di lakukan oleh para member Stand Up Comedy tersebut. Untuk infonya kalian bisa lihat di gambar setelah ini. Sekian, selamat mencoba! :D



You Might Also Like

0 komentar