CULINARY : SENSASI JADOEL DI TOKO OEN MALANG

8:43 PM

Siapa tidak kenal dengan restoran legendaris satu ini? Toko Oen merupakan sebuah restoran yang telah meramaikan aneka kuliner nusantara sejak tahun 1930 (nenek kamu udah lahir belum?). Toko Oen sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia. Tapi sepertinya banyak yang nggak tahu nih asal muasal Toko Oen ini sebenarnya dari Yogyakarta lho, guys. 

Jadi Toko Oen ini awal berdiri pada tahun 1922 dan didirikan oleh seorang Tionghoa keturunan Belanda bernama Liem Goe Nio. Akhirnya Toko Oen membuka cabang di Jakarta, Semarang dan Malang. Sayangnya tidak lama Toko Oen di Yogya dan Jakarta tutup dan sampai sekarang Toko Oen masih bertahan di kota Malang dan Semarang. Baru-baru ini Toko Oen membuka cabang kecil di Yogya yang ada didalam Jogja City Mall. Lalu tahun 1997 Toko Oen juga membuka cabang di Delf Belanda dan di kota Den Haag pada tahun 2000. 

Saat mengunjungi Malang, aku pun sudah memasukkan Toko Oen sebagai salah satu tujuan kuliner wajib. Toko Oen Malang berada di Jl. Jend. Basuki Rakhmad No. 5, Malang, Jawa Timur. Memasuki bangunan bergaya kuno ini kalian akan disambut oleh slogan Toko Oen yang terpampang di dalam ruangan. 


Ruangan di dalam cukup luas dengan furniture gaya klasik. Ada juga ruang makan di area luar, jadi yang merokok bisa menggunakan ruangan tersebut. Siang itu Toko Oen cukup ramai pengunjung, beberapa diantaranya adalah wisatawan asing yang ingin menyantap makan siang.



Toko Oen sangat terkenal dengan old fashioned ice cream-nya. Kalau di Yogya nih bisa ditemui di Tip Top Ice Cream. Maka dari itu kunjunganku ke Toko Oen untuk mencicipi es krimnya. Untuk harga sebuah es krim, bisa dibilang tinggi. Agak tidak cocok untuk wisatawan yang melakukan backpacker, tapi tidak ada salahnya mencoba karena Toko Oen tidak hanya menjual makanan saja tetapi juga suasana bangunannya yang memang membuat pengunjung betah berlama-lama disana.

Belakang : Midwest Sunday - IDR 30k
Depan : Calypso Fantasi - IDR 30k

Midwest Sunday merupakan perpaduan antara dua scoop ice cream dengan rasa coklat dan yang kuning itu rasanya seperti telur (?) sementara Calypso Fantasi juga memadukan dua rasa es krim yaitu peach dan es krim rasa telur tadi dan juga sirup strawberry. Es krimnya memang berbeda dengan es krim di kebanyakan toko. Es krim di Toko Oen cenderung berbulir kasar dan tidak creamy. Ya, mirip seperti di Tip Top. Seger banget!

Tropicana Cream - IDR 30k

Kalau yang ini namanya Tropicana Cream. Lucu kan bentuknya, ada badutnya :)) Es krimnya sama persis seperti Midwest Sunday, hanya di layer bawah ada potongan-potongan buah segar dan di bagian atas diberi sebuah cone yang dihias menyerupai badut.

Selain es krim, restoran ini pastinya menyediakan berbagai macam hidangan makanan dan minuman. Kabarnya, menu paling laris di Toko Oen adalah nasi goreng dan juga bistik lidah. Terutama wisatawan asing nih, mereka suka banget memesan dua makanan tadi. Kemudian Toko Oen juga menyediakan cemilan kue ataupun makanan ringan yang bisa kalian pilih di etalase. Kue di Toko Oen juga enak-enak lho :D


Berlibur ke Malang, sempatkan mampir ke Toko Oen. Satu lagi yang unik adalah kostum pelayan disini, style kostumnya seperti orang-orang jaman dulu pakai jas dan celana putih juga peci hitam. Pelayanannya juga ramah banget. Pantes aja bule-bule juga betah kesini. Sekian!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Jika anda ingin mencoba cita rasa toko oen yg asli datanglah ke toko Oen Semarang jalan Pemuda nomor 52.. Toko Oen berdiri sejak th 1910 bertempat di Yogyakarta. Kemudian membuka cabang di Semarang Jakarta dan Malang..satu2nya yang masih otentik adalah di Semarang...resepnya masih resep Opa dan Oma Oen... cabang Jakarta th 1973 bangunannya dibeli bank Amro..bangunan lama dihancurkan..Cabang Malang th 1990 dijual pemilik.. Pemilik baru berencana menjadikan showroom mobil..tetapi krn nilai historisnya pemerintah kota Malang melarang merubah tampilan bangunan termasuk tulisan Toko Oen di atas bangunan...akhirnya pemilik baru melanjutkan fungsi bangunan tersebut sebagai restaurant dengan nama Toko Oen walaupun tanpa ikatan dan persetujuan apapun dari pemilik asli Toko Oen di Semarang..Jadi resep2 toko oen Malang tidak ada hubungan apalagi keotentikan sama sekali dengan Toko OEN asli di Semarang yg masi dijalankan keturunan opa dan oma Oen.. Saya hanya meluruskan pendapat banyak orang yg selama ini salah kaprah tentang Toko oen Malang...mdh2n penjelasan ini berguna..silakan baca lebih lanjut di tokooen.com.. saya pribadi ketika mencoba es krim di toko oen Malang sama sekali tidak mendapatkan cita rasa tempo dulu yg seharusnya ada...Cita rasa tempo dulu kalau anda ingin tahu saya berikan bbrp sample pembanding tanpa bermaksud promosi...es krim Zangrandi Surabaya kalau tidak salah yg berlokasi di Yos Sudarso 15 Embong Kaliasin, Genteng Surabaya... bukan yg di mall galaxy...silakan anda coba dan bandingkan dengan es krim sekarang..ada " tendangan " cita rasa tempo dulu... Yg di Mall Galaxy menurut saya masi ada taste tempo dulu tetapi sudah bercampur taste modern.. Kemudian selain es krim jika ingin rasa tempo dulu yg asli...toko roti Go di Jl jend Sudirman no724 Purwokerto... Rumah Makan Trio Jl RP Soeroso no29A Menteng Jakarta Pusat...RM Banyumas di jl Sudagaran Banyumas...tempat2 tersebut memiliki Taste yg tidak pernah berubah paling tidak sejak pertama kali saya mencoba mencicipi di thn 1980an... Toko Roti Go umurnya hampir 120 thn...RM Trio kira2 70 tahun RM Banyumas saya krg tahu berapa umurnya tetapi rumah makan ini sudah ada sejak papa saya masi sekolah katakanlah 50 thn yg lalu...

    Itu bbrp daftar tempat makan dan minum jika anda ingin taste tempo dulu..kalau anda sudah akrab dengan taste tempo dulu maka anda akan mngerti apa yg hilang dari Toko oen Malang...

    Salam sukses untuk kita semua

    ReplyDelete
  2. Resto ini sangat vintage. Suasana tempo doeloe nya sangat terasa. Dan ini yg dicari banyak pelanggan di resto ini. Selain tempat yg vintage, menu makanannya pun juga klasik banget... es krim nya juga sangat jadul.... we love it....

    travel malang jember

    ReplyDelete