COOKING CLASS WITH FOODGRAMER JOGJA AT SUSHI TEI

12:35 PM

Hari Minggu kemarin tanggal 15 Maret 2015 ,teman-teman dari @foodgram_yk mengadakan gathering untuk ketiga kalinya. Tapi ada yang beda nih dengan gathering sebelumnya, kali ini gathering di lakukan dengan hal yang bermanfaat yaitu cooking class. Cooking class tersebut diikuti oleh teman-teman yang sudah mendaftar sebelumnya. 

Foodgram_yk melakukan kerjasama dengan pihak Sushi Tei dalam menyelenggarakan cooking class ini. Jadi saat itu kami di beri ilmu membuat 3 jenis sushi. Peraganya sendiri adalah chef dari Sushi Tei yaitu Chef Reza dan satu orang di antaranya berasal dari Jepang yaitu Chef Sukimoto (kalau ga salah nama beliau itu, maaf chef -,-). Doi bisa bahasa jawa lho :D 

"Piye kabare?" kata Chef Sukimoto

Acara dimulai sekitar pukul 13.30 dan diikuti sekitar 30an peserta. Kami di bentuk secara berpasangan, jadi bisa saling kenal satu sama lain dengan peserta lain dan bisa saling bantu tentunya. Kebetulan yang jadi pasanganku saat itu adalah kak Yeni, sesama anggota Foodgram_yk juga jadi sudah kenal :))

Bahan-bahan membuat sushi

3 jenis sushi yang diajarkan saat itu adalah jenis sushi yang mendasar. Namanya juga cooking class, pasti diajari dari yang basic dulu :D Mulai dari sushi yang klasik yang sudah kalian tahu  yaitu Maki Sushi, kemudian ada Sushi Gunkan dan yang ketiga adalah Uramaki Sushi.

Cooking class saat itu berlangsung hampir dua jam. Seru banget! Chef Reza menjelaskan satu persatu mulai dari macam bahan yang di gunakan serta alat-alat memasaknya, teknik cara mengeroll sushi itu sendiri hingga memotong sushi yang harus sama tinggi.

Aku sudah sering membuat sushi dirumah, tapi tanpa ilmu yang aku ketahui sebelumnya. Ternyata cara menggulung sushi-ku selama ini ngawur sekali, ya walaupun hasilnya juga nggak jelek-jelek amat :))

Sushi buatan saya :D

Itu dia sushi karyaku di cooking class kemarin. Lumayan rapi kan untuk pemula? :p Dari atas itu ada Maki Sushi, jenis sushi paling mendasar. Maki Sushi adalah sushi yang dibuat dengan teknik roll dimana nori berada dibagian luar sebagai pembungkus nasi. Didalamnya terdapat kyuri (timun jepang) dan juga tamago (telur dadar jepang bercitarasa manis). Karena ternyata nasi yang diberikan lebih banyak daripada lebar norinya, lama-lama sushinya terbuka sendiri -,- Tetep enak kok haha.

Yang tengah itu adalah Gunkanmaki Sushi. Sushi tersebut memakai nasi berukuran kecil kemudian dibentuk seperti balok dengan cara di apit diantara dua jari yaitu ibu jari dan telunjuk. Kemudian dibungkus dengan nori dan diberi topping kani (frozen food terbuat dari kepiting), jagung manis dan mayonaise yang dicampur menjadi satu.

Kalau yang paling bawah itu yang paling susah :p Namanya Uramaki Sushi. Sama seperti roll sushi sebelumnya hanya bedanya nasi terdapat di bagian luar. Untuk isiannya juga lebih bervariasi, ada kyuri, tamago, kani, kemudian ada semacam 'kremesan' dan diberi saus keju (ini enak banget!) lalu di roll sambil sedikit ditekan agar dapat menutup sempurna. Atasnya diberi taburan ebiko (telur ikan) dan juga kecap jepang.


Sushi yang telah kami buat pastinya bisa dibawa pulang dong. Sampai dirumah langsung ludes dilahap kedua adik kembarku, mereka suka banget sama sushi soalnya. Aku sendiri hanya makan 1 buah yang Uramaki -,-

Packaging sushi dari Sushi Tei

Alhamdulillah acara berjalan dari awal sampai akhir tanpa kekurangan suatu apapun. Ini kedua kalinya aku mengikuti acara cooking class, sebelumnya pernah ikut cooking class di Kalis daerah Jambon membuat 4 menu berbahan dasar ayam. Jadi banyak belajar nih, karena memang suka masak juga. Segera di praktekan dirumah :D


Foodgram_Yk Committe - Foodgram_Yk member dan para peserta bersama chef Sushi Tei

Jangan lupa follow Instagram @foddgram_yk untuk info kuliner terbaru, kita juga ada challenge berhadiah setiap hari Rabu dan juga info gathering yang diadakan sebulan sekali. Dan yang terakhir jangan lupa pasang hastag #foodgramyk di setiap foto kuliner di Instagram kalian yaa. Sekian :D

You Might Also Like

0 komentar