CULINARY : #FOODHUNT PART 2 - FROM DEMANGAN TO BANGUNTAPAN

12:01 PM

Untuk mengisi weekend kali ini saya bersama sepupu @nadiaaacch melakukan food hunt alias berburu makanan yang ada di Yogyakarta. Sebenarnya sudah sangat lama kami merencanakan ini, dan kebetulan sepupu saya sedang libur kuliah. Jadilah kami menjelajah beberapa tempat untuk dicoba. Hampir semua tempat belum pernah dikunjungi, selain Mie Lampung Uno karena saya sudah beberapa kali makan di sana. Tapi karena sepupu saya penasaran dengan mie tersebut, jadilah kami mampir ke sana untuk sarapan (yang terlambat). 

1. Mie Lampung Uno


Ini sudah ketiga kalinya saya makan Mie Lampung Uno. Selain karena letaknya tidak jauh dari kampus, mie ini juga punya rasa yang enak. Pilihan mienya ada bakmi, bihun dan kwetiau yang hadir dengan berbagai ukuran. Kalau kamu anaknya suka makan cantik bisa pilih porsi minion. Kemudian ada porsi manusiawi yang lebih wajar. Kalau kamu sangat lapar bisa pesan porsi gajah atau gorilla. Saya suka tekstur mie di sini yang kecil-kecil dan lembut serta topping ayam yang garing dan gurih. Btw, mungkin ketika kamu menyeruput kuahnya terasa agak hambar. Itu dikarenakan Mie Lampung Uno tidak memakai MSG sama sekali. Saya cukup makan porsi manusiawi saja, karena itu sudah cukup mengenyangkan. Range harganya berkisar dari IDR 8.000 - 20.000. Sangat terjangkau kan?

Alamat :
- Jl. Kaliurang Km. 4,5
- Jl. Affandi (Bekas Ayam Ngekozz) 
- Jl. Demangan Baru No. 25
- Jl. Taman Siswa No. 75

2. Sessanta Coffee



Selanjutnya adalah coffee shop yang baru saja saya ulas yaitu Sessanta Coffee. Sepupu saya sangat jarang nongkrong katanya dan ingin hunting foto OOTD. Jadilah saya mengajaknya ke Sessanta Coffee karena saya juga belum pernah ke tempat ini. Ulasan lengkapnya bisa dibaca di Sessanta Coffee

Alamat :
Jl. Cendana No. 18
Semaki, Umbulharjo
Yogyakarta

BACA JUGA : #FOODHUNT PART 1 - BANTUL PROJOTAMANSARI


3. Es Tape & Mie Ayam Sompel


Berhubung jam 14.00 Sessanta Coffee tutup sementara untuk pergantian shift, akhirnya saya dan sepupu menuju kampus UAD untuk melangsungkan shalat dzuhur. Syukurlah selesai shalat hujanpun reda dan kami langsung lanjut ke destinasi berikutnya. Tujuan kami adalah ke Es Tape & Mie Ayam Sompel yang cukup terkenal di kawasan timur Yogyakarta. Kami tidak mencoba menu yang biasa, tapi kami penasaran dengan es tapenya.

Kebanyakan penjual es tape menggunakan tape ketan hijau yang kemudian diberi air gula dan es batu. Berbeda dengan es tape biasanya, es tape Sompel ini menggunakan tape singkong yang sepertinya dihaluskan terlebih dulu kemudian dicampur dengan kelapa muda, susu, gula dan es batu. Rasanya? ENAK BANGET!!! Jujur saja ini adalah es tape terenak yang pernah saya makan. Rasanya manis, asam dan segar. Seporsinya hanya dibanderol IDR 6.000 saja. Kalau ke sini siang hari harus bersabar karena sangat ramai pembeli. 



Alamat :
Jl. Gatotkaca, Banguntapan
Bantul

4. Bakso Urat & Soto Cak Eka



Terakhir adalah bakso! Sudah lama tidak makan bakso nih. Mumpung mendung enak juga makan makanan berkuah dan panas. Tadinya kami mau ke Bakso Wonogiri Sempurna, tapi berhubung kami berdua sudah pernah ke sana akhirnya pilihan jatuh ke Bakso Cak Eka. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Es Tape Sompel tadi. Ketika kami datang pembeli cukup ramai. Bakso di sini memiliki 3 jenis yaitu bakso telur, bakso polos dan bakso tahu. Baksonya lebih ke bakso arema khas Malang dan memiliki rasa kuah yang gurih. Namun untuk baksonya sendiri menurut saya terlalu banyak campuran tepung sehingga rasa dagingnya tidak begitu ketara. Isian telurnya digoreng terlebih dulu baru dimasukkan ke dalam adonan bakso. Porsinya sangat banyak dengan isian 1 butir bakso telur, 3 butir bakso polos, 1 bakso tahu dan 2 pangsit goreng. Satu porsinya kalau tidak salah cukup membayar IDR 13.000 saja.

Alamat :
Jl. Ringroad Timur, Banguntapan
Bantul (Depan RS Hardjolukito)

Itulah beberapa kuliner yang sempat kami coba kemarin. Untuk 4 tempat dalam sehari sudah cukup membuat perut kami sangat kenyang LOL. Kami berencana untuk melakukan food hunt lagi di lain kesempatan. Ada saran? Atau ada yang mau gabung? Hehe... Sekian dan selamat mencoba!

You Might Also Like

4 komentar

  1. ya ampun anak-anak muda ini aktif moger sekaleee~ aku menikmati reviewnya aja Jul, ga kuat ikut2an mengembara hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ini bener-bener dilakukan ketika punya waktu banyaaaaakkkk mba XD

      Delete
  2. Kapan" boleh dong gabung food hunt mba, kebetulan saya juga suka wisata kuliner. Hehe

    ReplyDelete