CULINARY : SATE MARANGGI MANG SAMS

6:32 PM

Penggemar sate mana suaranya?

Salah satu kuliner khas Indonesia yang saya sukai adalah sate. Terutama sate ayam yang banyak kulitnya dan cenderung gosong hehe. Nah, di Yogyakarta ada sebuah warung sate yang patut kalian coba. Warung ini menjual sate khas kota Cirebon yaitu Sate Maranggi. Sate Maranggi adalah sate yang berbahan dasar daging sapi, biasanya disajikan dengan sambal oncom dan dimakan tidak menggunakan nasi melainkan ketan yang dibakar. Unik bukan?

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk menjajal menu-menu yang ada di warung sate ini yang bernama Sate Maranggi Mang Sams. Mereka mempunyai tiga macam jenis sate yaitu sapi, ayam dan sate kere (koyor sapi), ada juga menu Soto Tangkar, nasi goreng dan lain sebagainya. Soto Tangkar juga merupakan soto khas kota Cirebon, guys. Kuahnya hampir mirip dengan soto kuning Bogor tapi dengan rasa lebih light dan menggunakan bihun. 



Sate Maranggi untuk rasanya cenderung manis dan tidak perlu menambahkan bumbu lain seperti kecap maupun bumbu kacang seperti sate pada umumnya. Tapi di sini, sate tersebut juga disajikan dengan kuah kuning sebagai pelengkap. Rasanya enak banget terutama sate sapinya. Dagingnya juga empuk dan bumbunya meresap sempurna. Sate ayamnya juga tidak kalah enak guys. Bagi kalian yang tidak bisa makan daging sapi, bisa pilih sate ayam sebagai gantinya. 

Untuk menu Sate Kere yang berbahan dasar koyor atau gajih sapi, menurutku masih terlalu alot walau rasanya juga sudah enak. Mungkin bisa dipilih dengan bahan koyor yang lebih empuk ketika dimasak. Awalnya masih terasa aneh ketika makan sate dengan ketan bakar, tapi ternyata enak juga. Apalagi ditambah sambal oncomnya yang juara banget!



Kalau ingin makan sesuatu yang berkuah dan hangat, pilihan bisa jatuh kepada Soto Tangkar ala Mang Sams. Isiannya ada bihun dan juga suwiran daging ayam. Kuahnya beuh, segar dan kaya rasa banget. Enak juga dimakan bersama nasi hangat. Favorit selain sate sapinya deh. Wajib cobain!



Kuliner malam di Yogyakarta memang tidak ada habisnya ya. Banyak yang baru, yang aneh dan unik. Termasuk Sate Maranggi satu ini. Menurutku memang harus dicoba sih. Terutama kalian yang orang Sunda, yang rindu dengan masakan-masakan khas kota kalian wajib banget cobain sate satu ini. Kalau kurang kenyang, pesannya pakai nasi ya :D Selamat mencoba!

SATE MARANGGI MANG SAMS

Alamat :
Jl. Kaliurang, GSP UGM
(selatan Warung Spesial Sambal / SS)

Jam Operasional :
17.00 - 23.00

You Might Also Like

0 komentar