CULINARY : WARUNG KOPI KLOTOK PAKEM SLEMAN

4:10 PM

Yogyakarta. Salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Siapa saja pasti setuju bahwa Yogyakarta mampu menyuguhkan berbagai macam tempat wisata menarik mulai dari wisata alam, religi maupun wisata sejarah. Selain itu yang paling diingat adalah kulinernya. Apa sih yang tidak ada di Yogyakarta? Mau makan nasi seharga 1.500 pun bisa. Hanya di Yogyakarta. 

Bagi kalian yang sudah pernah mengunjungi tempat ini, pasti juga setuju kalau mereka punya menu-menu tradisional yang sangat lezat dan harganyapun sangat terjangkau. Namanya Warung Kopi Klotok. Ketika kalian bosan dengan suasana kota yang panas, ramai dan macet, bisa saja mampir ke utara kota Yogyakarta tepatnya di Jl. Kaliurang.

Bangunanya sendiri sangat sederhana, hanya berupa rumah bergaya Joglo semi terbuka dengan halaman yang cukup luas. Tempatnya sendiri mudah diakses dan tidak blusukan. Ketika weekend datanglah pagi-pagi jika tidak ingin antri. Pagi tadi saya tiba di Kopi Klotok sekitar pukul 9 sudah tidak dapat meja. Ramainya minta ampun dan yang saya heran kenapa banyak sekali plat mobil luar kota padahal bukan musim liburan. 

Untunglah tidak lama kemudian para pengunjungpun berangsur-angsur pulang sehingga kami termasuk pengunjung lain bisa menempati meja yang sudah kosong. Saya mengunjungi tempat ini bersama keluarga setelah belanja dari pasar dan main-main ke Sunday Morning di UGM. Disini sistemnya self service. Cukup dengan mengantri makanan yang sudah tersedia, membawa makanan tersebut sendiri ke meja makan, menikmati hidangannya dan kemudian membayarnya. Catatan penting ketika datang kesini, ambil makanan secukupnya ya karena Kopi Klotok tidak melayani pembungkusan makanan jadi memang harus makan ditempat. Kalau memang makanan yang kalian ambil berlebihan, silahkan bawa kotak makan sendiri.

Pilihan lauk dan sayur
Menu makanan yang ditawarkan sangat tradisional dan tidak terlalu banyak macamnya. Bahagia sekali saya bisa menjumpai sego megono di warung ini. Buat yang belum tahu, sego megono adalah makanan khas kota Pantura, Jawa Tengah. Berdasarkan cerita ibu saya, sebenarnya sego megono itu merupakan nasi yang telah dicampur dengan sayuran dan lauk pauk didalamnya. Karena orang jaman dulu ketika pergi ke sawah harus membawa bekal dan cara agar bekal tersebut bisa lebih simple adalah dengan mencampurkan sayuran dan lauk bersamaan dengan nasinya. Sayuran dan lauknya bisa apa saja, jika di Kopi Klotok tadi saya menemukan sego megono yang menggunakan sayur kacang panjang dengan campuran ikan teri.

Sayuran yang tersedia disini adalah sayur lodeh terong atau tempe dan sayur asem. Untuk lauk pauknya kalian bisa memilih ikan goreng, tempe goreng dan telur dadar. Konon katanya telur dadar disini adalah favorit pengunjung. Selain itu juga tersedia snack berupa pisang goreng yang WAJIB DICOBA serta ketan goreng. Beneran deh, pisang goreng disini enak banget! Saya juga heran kenapa pisangnya bisa manis dan tepungnya juga crispy. Cocok banget untuk teman minum teh atau kopi. Untuk pisang dan ketan goreng kalian juga harus antri untuk mengambilnya ya. Harus ekstra sabar hehe.

Spot pisang goreng
Jangan kaget jika melihat makan bagian dalamnya karena dapur menyatu dengan ruang makan. Kalian akan menemukan banyak pisang kepok berjejer yang siap untuk digoreng kemudian. Suasana jawa sangat terasa ketika kita masuk kedalam dan menikmati hidangan yang tersedia. 

Open kitchen
Pisang goreng dan ketan goreng

Pagi tadi saya menjajal sego megono plus sayur lodeh tempe, ikan dan juga gudeg ceker. Menu-menu yang nyenengin banget karena saya sendiri sangat suka dengan masakan ndeso. Sego megononya sangat pulen dan kaya rasa. Memang cocok sekali dimakan bersamaan dengan sayur lodeh dan ikan gorengnya. Tradisional abis!
Telur dadar

Ini dia telur dadar yang fenomenal. Telur dadarnya sendiri sangat crispy sepertinya ada campuran air didalamnya. Padahal sangat sederhana tapi kenapa bisa enak gitu ya? Saya juga heran. Karena pesan telur dadar juga harus antri, jadi jangan cuma pesan satu. Saya aja tadi pesan 4 buah :))

Suasana di dalam ruang
Nggak kecewa deh antri panjang sampai harus sabar menunggu sampai dapat meja waktu makan disini karena menurut saya masakan disini enak-enak semua, suasanyanya juga menyenangkan. Kalau mau makan di halaman juga bisa kok dengan meminjam tikar yang disediakan. Yang pasti disini harganya murah banget! Saya makan disini bersama keluarga sebanyak 5 orang cuma bayar total IDR 120.000. Kalau tidak salah paket nasi dengan sayur dan lauk cuma IDR 11.500 perorang. Untuk nasi sendiri bisa refill sepuasnya lho. Harga pisang goreng sekitar IDR 6.500. Terjangkau sekali bukan? 

Untuk kalian yang berencana liburan ke Yogyakarta, mau cari hiburan atau kuliner di daerah utara dan kalian anak kos kampus UII yang mau cari makan siang murah bisa datang ke warung ini. Makan masakan tradisional sambil mengenang masakan nenek ya kan :) Selamat mencoba!

WARUNG KOPI KLOTOK

Alamat :
Jl. Kaliurang Km. 16, Pakem Binangun
Pakem, Sleman

Jam Operasional :
08.00 - 22.00

You Might Also Like

2 komentar

  1. Murah gundulmu apek...itu mah termasuk mahal...kalimatnya pun hiperbola bgt hadehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya mas, ini blog saya, saya mencoba sejujur mungkin dlm memberi opini ketika mereview sebuah tempat makan. Kalau menurut saya memang enak dan murah, saya akan menulis hal demikian. Menurut anda mau hiperbola atau apa, bukan urusan saya. Tolong lain kali belajar menjadi pembaca yg budiman, tidak perlu menggunakan bahasa kasar dan mengata-ngatai penulis. Terimakasih :)

      Delete