REVIEW : KERANG JARIB CONDONG CATUR

3:24 PM

Penggemar seafood mana suaranya?

Saya suka banget makan seafood terutama cumi dan kepiting. Kalau ikan saya pilih-pilih sih, memang lebih suka ikan laut seperti kakap, tengiri, barakuda atau bandeng laut. Di Jogja sendiri tempat makan seafood sangat mudah dicari. Mulai dari yang warung tenda hingga restoran mewah.

Belum lama ini saya dan dua orang kawan foodies menerima invitation untuk mencoba salah satu warung seafood yang katanya merupakan tempat makan seafood termurah di Jogja. Hmm.. jadi penasaran, murah beneran? Bicara seafood murah, terlintas pikiran apakah seafood tersebut dimasak dalam kondisi fresh? Lalu seperti apa ya bahan-bahan yang digunakan, apakah rasanya enak?

Nama tempat ini adalah Kerang Jarib. Bagi penggemar seafood di Jogja pasti sudah tahu sekali tempat makan satu ini. Awalnya hanya bertempat didekat XT Square hingga sekarang Kerang Jarib sudah punya 2 cabang baru ditempat lain. Waktu itu saya mencobanya di cabang Condong Catur. Ada banyak pilihan menu seafood tapi yang paling utama adalah kerang dan cumi. Namun bagi kalian yang alergi seafood, bisa pilih menu ayam juga disini.

Cumi Asam Pedas (IDR 12.000)


Saya bersama kedua orang teman memutuskan untuk menjajal menu cumi di Kerang Jarib. Setelah menanyakan menu cumi apa yang recommended disini kepada si pemilik warung, beliau mengatakan kalau cumi asam manis dan asam pedas adalah menu yang paling sering dipesan di Kerang Jarib. Akhirnya pilihan jatuh ke menu cumi asam pedas.

Untuk harga IDR 12.000 memang tidak terlalu banyak porsinya, hanya cukup untuk dua orang. Satu ekor cumi kemudian diiris menjadi beberapa bagian. Tapi saus asam pedasnya enak juga. Rasa manis, asam dan pedasnya buat saya cukup balance dan cuminya sendiri tidak alot. 

Kerang Lada Hitam (IDR 8.000)


Kami pun segera memilih menu kerang pastinya. Pilihan kami tertuju pada kerang lada hitam dan kerang goreng. Kerang yang digunakan disini adalah kerang hijau. Sebenarnya ada pilihan kerang ain tapi sayangnya stok sedang kosong. Sekilas saus lada hitamnya tidak jauh berbeda dengan saus asam pedas karena biasanya kalau saus lada hitam pasti berwarna coklat kehitaman dan cenderung kental. Menurut saya saus lada hitamnya malah cenderung plain alias hambar. Cukup manis untuk saya dan rasa lada hitamnya tidak terasa.

Kerang Goreng (IDR 6.000)


Memang yang klasik adalah yang terbaik. Sederhana sih, hanya digoreng tapi ini jauh lebih enak menurut saya dibandingkan dengan kerang lada hitam. Oh ya, disini bisa pilih sausnya juga. Saya dan teman-teman memilih menggunakan saus BBQ setelah awalnya memilih saus nanas tapi sedang kosong. Kerang gorengnya lebih gurih dan tidak amis. Enak, apalagi jika dicocol ke saus BBQnya. 


Bagi penggemar kerang, saya rasa Kerang Jarib wajib dikunjungi karena mereka memiliki banyak macam menu berbahan dasar kerang disini dan tentu saja harganya sangat sangat sangat terjangkau guys. Sayangnya mereka baru buka sore hari, jadi kalian bisa kesini untuk makan malam hehe. Selamat mencoba!


KERANG JARIB


TKP 1
Jl. Perintis Kemerdekaan 23 (Timur XT Square)
TKP 2
Jl. D.I Panjaitan No. 87, Krapyak (Selatan puskesmas Mantrijeron)
TKP 3
Jl. Swadaya 1, Condong Catur (Utara Jank-Jank Wings)

Jam Operasional :
15.00 - habis

You Might Also Like

0 komentar