CULINARY : GRIYA DAHAR KEMBAR RAHAYU

2:07 PM

Selama tinggal atau singgah di Yogyakarta, jenis soto apa yang pernah kalian makan? Soto ayam, soto sapi mulai dari yang bening hingga model soto betawi, soto tradisional khas Banjar atau Sokaraja sangat mudah kita temui di kota ini. Tapi bagaimana dengan soto khas kota hujan, Bogor?

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu mengenai Soto Kuning atau Soto Mie. Pernah dengar? Pernah mencoba? Kalau belum, kalian harus mencobanya karena sekarang kita tidak perlu jauh-jauh ke kota Bogor untuk mencicipi Soto Kuning. Kembar Rahayu berada di area Jalan Magelang kota Sleman, dekat dengan RSUD Murangan. Memang terhitung jauh dari kota Yogya sendiri namun keberadaannya diharapkan mampu membangun kemajuan kuliner khususnya di Sleman Utara.



Apa saja menunya?

Soto Kuning Bogor (IDR 10.000)


Soto Kuning Bogor adalah menu utama yang ada di warung ini. Belum pernah ada yang menjual menu soto khas Bogor sebelumnya di Yogyakarta. Tipikal soto kuning sebenarnya sama dengan soto betawi, hanya saja soto kuning menggunakan santan bukan susu. Isiannya ada irisan daging sapi, tomat, daun bawang dan bawang goreng. Paling mantap jika diberi perasan jeruk nipis dan sambal.

Soto Mie (IDR 10.000)

Sajian khas kota Bogor lainnya yang ada di warung ini adalah Soto Mie. Untuk orang awam yang bukan orang sunda atau betawi mungkin belum terlalu mengenal menu soto ini. Banyak yang mengira soto mie adalah soto kuah bening yang menggunakan mie bihun seperti soto ayam kebanyakan.


Soto mie merupakan makanan yang terdiri dari mie kuning, potongan daging sapi, irisan kubis, tomat dan daun bawang. Yang membuatnya khas selain penggunaan mie kuning adalah adanya risol mie bihun. Kuahnya juga bening kekuningan karena terbuat dari bumbu kunyit. Rasanya segar dan mengenyangkan, tentu juga lezat! Kebanyakan kalau di Bogor, menu soto kuning atau soto mie juga diberi potongan jeroan. Namun di Kembar Rahayu hanya menggunakan daging sapi saja.

Pindang Iga (IDR 18.000)


Pernah dengan Pindang Tulang khas Palembang? Bagi kalian orang Palembang yang rindu masakan tersebut, bisa mampir ke warung ini. Pindang Iga sendiri sebenarnya juga merupakan Pindang Tulang karena menggunakan tulang iga sapi. Tapi jangan khawatir, dagingnya nggak pelit kok! Kuahnya segar banget karena adanya daun kemangi didalamnya.

Binte Ayam (IDR 6.500)


Binte? Makanan apalagi itu?

Binte adalah makanan khas dari kota Manado. Daerah Sulawesi sana sangat mudah ditemukan Binte, begitu juga di Maluku. Sebenarnya, kalau Binte yang asli menggunakan daging ikan dan diberi parutan kelapa pada kuahnya. Tapi di warung ini daging ikan diganti dengan ayam agar semua orang bisa menyantapnya. Isiannya ada suwiran ayam, jagung manis, tomat, daun bawang dan tidak lupa daun kemangi yang membuat aromanya menjadi lebih nikmat.

Jika mencari kuliner Indonesia di Sleman Utara, Kembar Rahayu bisa menjadi alternatif. Warungnya juga bersih dan luas karena bisa menampung hingga 30 orang. Sekian, Selamat Mencoba!


GRIYA DAHAR KEMBAR RAHAYU

Alamat :
Panggeran XII RT. 04 RW. 43 Triharjo
Sleman, Yogyakarta
(Jl. Magelang KM 14.5 belakang pabrik GKBI Medari)

Telepon :
081316005336 / 0274 864304

Jam Operasional :
Buka setiap hari (Jumat tutup)
09.00 - 16.00

You Might Also Like

2 komentar