CULINARY : X.O CAFE & BISTRO

6:20 PM




Yeay, akhirnya kesampaian juga mencoba tempat hits satu ini. Menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, kami keluar untuk mencari makan siang. Berhubung beberapa dari kami ingin mencoba tempat baru yang belum pernah didatangi sebelumnya, hasil kepo sana sini, akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi X.O Cafe & Bistro. 


Letaknya yang berada di kawasan bangunan-bangunan rumah peninggalan jaman kolonial memberi kesan homey. Ada dua area disini yaitu indoor dan outdoor. XO Cafe & Bistro juga memanfaatkan ruang-ruang kamar rumah tersebut sebagai ruang makan. Penataan interiornya cukup menarik dan rapi, sangat nyaman untu bersantap di area dalam. Sayangnya sedang musim hujan, outdoor area pun jadi korban hujan deras. Tapi mau bagaimana lagi, ayah saya yang perokok bersikeras untuk duduk di ruang luar. 





Namun tidak semua area outdoor bisa digunakan untuk merokok. Yang menarik disini adalah tema yang digunakan ditiap ruangan berbeda-beda. Pada area belakang juga disediakan permainan darts, tapi saya nggak nyoba main sih. 







Menu-menu di X.O Cafe & Bistro sangat variatif. Mereka memadukan menu western dan eastern walau menu westernnya tidak jauh-jauh dari pasta dan menu eastern tidak bisa lepas dari kwetiau dan nasi goreng. Yang menarik adalah, mereka juga menyediakan menu waffle yang sepertinya harus dicoba. 

Ice Soya Cincau


Es susu kedelai dengan potongan-potongan cincau. Cukup menyegarkan dan tidak terlalu manis rasanya.

Green Tea Blended

Greentea disini untuk saya kurang memuaskan. Tidak terlalu ketara rasa greenteanya ditambah tertutup oleh adanya whipped cream di atasnya.


Ice Cookie Crumble


Minuman satu ini juga cukup nge-bland alias hambar. 

Nasi Lemak Ayam Kare

Nasi lemak ini pesanan ibu saya. Lengkap sekali isiannya. Ada ayam kare, ikan teri, telur mata sapi dan acar serta sambal. Nasinya seperti nasi uduk dan ayam karenya tidak ada rasa. Yup, si bumbu kare tidak meresap hingga ke dagingnya. Sayang banget!


Nasi Goreng Iga Cabai Hijau

Menu ini pesanan ayah. Untuk nasi gorengnya lumayan enak rasanya, hanya kurang gurih untuk saya. Disajikan dengan iga yang dibumbui cabai hijau dan beberapa pelengkap seperti yang ada di menu nasi lemak. 


Kwetiau Goreng Penang 


Kwetiaunya dimasak ala chinese. Ada rasa smokey dari kwetiau tersebut. Saya menyukai menu satu ini karena rasa gurih dan manisnya pas. Ada beberapa potongan cumi, udang dan bakso ikan didalamnya.

Nasi Goreng Seafood

Saya kurang tahu kenapa menu nasi goreng disini seperti kurang bumbu. Coba untuk lebih berani memberi rasa, pasti bakal jadi enak. Begitu juga porsinya yang terlalu mini.


Penang Kwetiau Siram Kuah Telur

Kalau ini pesanan saya. Agak diluar dugaan setelah melihat menu nasi goreng. Ternyata yang ini porsinya besar banget! Isian seafoodnya juga melimpah. Dan... kuahnya itu segar sekali. Gurihnya dapet, lumayan untuk mengobati kekecewaan setelah mencoba nasi gorengnya. 


Oreo Cheesecake Waffle


Tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba menu dessert disini. Karena sudah terjebak oleh menu waffle, akhirnya saya dan adik-adik saya memutuskan untuk memesan Oreo Cheesecake Waffle. Ada dua buah waffle yang diberi creamcheese pada bagian tengahnya dan juga es krim vanila. Wafflenya memang cenderung hambar, ada sedikit rasa biskuit oreo didalamnya. Tapi ketika dipadukan dengan creamcheese dan es krim vanila, rasanya jadi luar biasa enak. Memang harus disatukan dulu untuk memakan waffle ini. Wafflenya tidak terlalu garing dan cukup moist



Saya tidak bisa menyimpulkan bahwa makanan yang kami pesan disini memuaskan. X.O Cafe & Bistro butuh untuk lebih berani menggunakan bumbu agar muncul rasa yang lebih baik. Karena sayang juga kalau tempatnya bagus tapi tidak didukung dengan masakan yang enak pula. Tapi saya ingin balik lagi kesini untuk mencicipi menu lainnya, terutama Roti Tisunya hehe. Sekian!

X.O Cafe & Bistro

Alamat :
Jl. Tri Margo Kulon No. 11
Yogyakarta
Telepon :
(0274) 513846
Instagram :
@x.ocafeandbistro_yk

You Might Also Like

0 komentar