CULINARY : KAMPUNG ARAB, SAJIAN ALA TIMUR TENGAH

9:01 PM

Sebelumnya, saya sering banget lewat tempat makan satu ini. Bagaimana tidak, hampir setiap pulang kuliah selalu lewat. Ada keinginan untuk mampir tapi masih saya kurung rapat-rapat, karena selalu kepikiran : masakan Timur Tengah itu porsinya besar.

Senin kemarin saya menerima email dari Kampung Arab untuk menghadiri undangan mereka. Setelah mengkonfirmasi kemarin, akhirnya hari ini kesampaian juga saya kesini. Senang banget bisa ketemu teman-teman foodies lagi dari Cerita MakanJavafoodie dan Foodgram Jogja serta teman-teman baru lainnya. 

Satu hal yang paling menyenangkan kalau makan bareng teman-teman yang satu aliran adalah, nggak bakal malu-malu buat ngalor ngidul jepret sana-sini. Itulah kenapa yang namanya foodies selalu dapat jatah makanan dingin, kalau makan dessert yang ada esnya ya sudah pasti esnya mencair duluan. Tapi seru banget!

Dalam rangka syukuran dibukanya lantai 2 Kampung Arab, kami disuguhi berbagai macam hidangan dari tempat ini. Beberapa makanan yang kami cicipi mulai dari makanan berat, snack, dessert sampai minuman bahkan sisha (kalau yang ini saya nggak coba sih). 

- Gule Kambing (20k), Nasi Kebuli Ayam (20k), Nasi Kebuli Kambing (25k), Nasi Briyani Kambing (25k)


Kampung Arab pintar juga mengolah daging kambing. Nggak ada bau prengus sama sekali. Dan dagingnya empuk! Buat saya Nasi Briyaninya memang kurang taste sedikit lagi. Menu lainnya saya nggak sempat nyicip, tapi kata teman-teman enak kok. Saya percaya aja deh kalau sama mereka.

- Nasi Kambing Bakar Madu (20k)

Menu ini juga pesanan teman. Sepotong daging kambing yang dibakar dengan saus madu disajikan dengan nasi putih dan acar serta emping. Btw, saya suka banget sama saus asam manisnya itu, segar!


- Nasi Kebuli Kambing Jumbo (90k)


Kalau ingin merasakan nikmatnya makan 'kembulan' bareng teman-teman, bisa pesan menu satu ini. Bisa untuk 3-5 orang, lumayan hemat kan. 

- Gulai Sumsum, Sumsum Bakar Madu

Aduh.. Menu ini menggoda banget ya? Enak! Tapi susah juga nyeruput sumsumnya karena tulang kambingnya lumayan kecil hehe.


- Roti Maryam (10k - polos), Alpukat Keruk (10k - polos), Kue Dadar (10k - polos)


Tidak lengkap rasanya ke Kampung Arab kalau tidak mencicipi dessertnya yang terlihat menarik. Menu unggulannya adalah Alpukat Keruk! Tapi lagi-lagi saya nggak mencicipi, karena saya nggak suka alpukat yang masih ada bentuknya. Harus di blender dulu jadi jus atau smoothie hehe. Saya pesan Kue Dadar Milo. Kalau polosan harganya IDR 10.000, tambah topping milo IDR 5.000. Selain milo ada juga topping yang lain, juga untuk Maryam dan Alpukat keruk. 

Kue Dadar, mirip seperti kulit kalau kita bikin lumpia atau crepe basah. Kemudian digulung lalu diberi topping. Simple, tapi kenapa menu ini nagih ya :( Oh ya, saya juga suka sama roti maryamnya. Enak dimakan waktu masih panas, crispy banget dan gurihnya dapet.

Saya lupa nama kedua menu dibawah ini. Salah satu dari mereka bernama Yamanies. Dessert ini isinya adalah alpukat, puding, nata de coco dan juga satu scoop es krim. Cocok sebagai penutup setelah makan kambing. 



Overall, saya merasa puas dengan menu-menu di Kampung Arab. Salah satu tempat makan dengan rasa daging kambing yang bersahabat. Sayangnya satu, panas banget ruangannya :( Sepertinya selain menambah lantai, ganti penutup atap juga direkomendasikan. Lain kali harus balik kesini lagi, pingin nyoba nasi goreng kambingnya :D

Sekian!

Kampung Arab

Alamat :
Jl. Palagan Tentara Pelajar
Yogyakarta
Jam Buka :
11.00 - 22.00
Twitter :

You Might Also Like

0 komentar