CULINARY : OMAH KAYOMAN - SPESIALIS MANGUT BEONG!

11:41 AM


Beberapa minggu sebelum puasa, saya bersama keluarga mengisi waktu akhir pekan untuk berjalan-jalan ke kawasan Borobudur. Kami tidak mampir ke candinya sih, tepatnya kami ke Punthuk Setumbu. Sebelum kami menuju Punthuk Setumbu, kami mampir ke sebuah warung makan yang sudah sangat dikenal masyarakat Magelang khususnya karena mereka memiliki menu ikan Beong yang luar biasa enak. 

Nama warung ini adalah Omah Kayoman. Ketika kami datang suasana masih sepi karena kami ke sana masih terhitung pagi. Di hari Minggu, kebanyakan pengunjung adalah mereka yang pulang dari beribadah di gereja ataupun orang-orang yang akan mengunjungi Candi Borobudur. Warung makan ini lebih mirip warteg dengan masakan-masakan yang didisplay di ruang makannya. Masakan yang disediakan juga tidak jauh berbeda dengan warung makan biasanya yang berisika sayur-sayuran kampung, lauk pauk sederhana seperti tahu tempe, tapi yang istimewa adalah Mangut Ikan Beongnya!


Untuk yang belum tahu apa itu Ikan Beong, sebenarnya kalau dilihat sekilas bentuknya tidak jauh dari ikan lele. Ikan beong banyak ditemukan di area Sungai Progo, tapi populasinya sekarang semakin berkurang. Ikan beong punya tiga patil, dagingnya lebih tebal dan gurih jika dibandingkan ikan lele. Di Omah Kayoman, selain ikan beong juga ada ikan gurame yang sama-sama dimasak mangut. Ikan beong di warung ini ukurannya cenderung lebih besar alias jumbo. Ikan beongnya sendiri dikirim dari Wonogiri, jadi tidak diambil dari Sungai Progo. 


Sensasi pedas, gurih dan nikmat bercampur jadi satu ketika menyeruput kuah mangut ini. ENAK PAKE BANGET! Jujur ini adalah mangut ikan paling enak yang pernah saya makan. Karena saya pernah makan ikan beong ditempat lain sebelumnya (yang katanya itu lebih oke, lebih terkenal dan lebih enak se-Magelang) tapi ternyata ikannya BAU TANAH :( Saya nggak mau lagi balik ke sana walau dibayarin juga. Di Omah Kayoman ini daging ikan beongnya sendiri juga lembut dan bumbunya meresap sampai ke bagian dalamnya. Saya makan yang bagian kepala dan banyak banget dagingnya! Sudah, kalau makan di sini buang-buang deh yang namanya jaga image hahaha. Untuk satu porsi kepala ikan beong ini harganya sekitar IDR 30.000, kalau bagian badan atau ekor sepertinya di bawah itu, mungkin kisaran IDR 15.000 - IDR 20.000 tapi kamu tidak akan menyesal pernah makan mangut ini. 




Saya dan keluarga merasa puas banget dengan menu mangut ikan beong dan gurame yang ada di warung ini. Sebagai teman makan mangut ikan, disediakan beberapa sayuran yang bisa kalian pesan. Ada sayur lompong, gudeg, oseng-oseng dan lain sebagainya. Well, kuliner Magelang ternyata tidak hanya nasi brongkos, sop empal atau gudeg, guys! Yang satu ini wajib kalian coba kalau main-main ke kawasan Borobudur ya! 




OMAH KAYOMAN

Alamat :
Dusun Paren, Progowati
Mungkid, Magelang
(Ada di GPS)

Telepon :
085228091923

Jam Operasional :
09.00 - 17.00

You Might Also Like

0 komentar