CULINARY : LOKAL HOTEL & RESTAURANT

5:30 PM

Jumat kemarin saya bersama seorang teman menjajal salah satu restaurant yang berada di satu area dengan Lokal Hotel. Tempat ini berlokasi di Jl. Jembatan Merah No. 104 C, Yogyakarta. Sebelumnya, beberapa kali saya melihat gambar tempat ini dari sosial media. Lokal Hotel & Restaurant memiliki desain bangunan yang unik, dari tampak luarnya terkesan seperti gaya eropa dengan bentuk yang minimalis dan simetris. Tapi begitu masuk ke area dalamnya, permainan warna dan ornamen batik sangat ketara. Ternyata yang mendekor bagian dalam ruangannya adalah mahasiswa dari Institut Seni Indonesia (ISI).



Lokal Restaurant memiliki dua area makan yaitu no smoking dan smoking area. Cahaya masuk dengan sangat baik saat siang hari sehingga tidak memerlukan penerangan lampu. Furniturenya tertata dengan rapi dan sangat nyaman untuk bersantai dan menyantap makanan. 


Menu makanan di Lokal Restaurant sangat beragam. Mulai dari masakan Indonesia hingga Western serta makanan ringan. Harganya berkisar antara IDR 20.000 - IDR 65.000 ditambah dengan pajak sebesar 21%.

Ocean Breeze


Minuman soda satu ini tentu saja menyegarkan untuk cuaca panas siang hari saat itu. Ditambah dengan banyak potonan nata de coco didalamnya.

Lychee Ice Tea 


Lychee Ice Tea tentu saja banyak restoran yang memiliki menu minuman ini. Rasanya segar dengan potongan leci didalamnya yang menambah aroma buah pada es teh tersebut. 

Nasi Goreng Roa


Ingat postingan saya tentang kuliner di Ternate dan Tidore beberapa waktu lalu? Saya pernah membahas tentang Ikan Roa, dan beruntung saya bisa menjumpainya lagi di Yogyakarta. Ikan Roa sendiri adalah semacam ikan cucut yang biasanya oleh masyarakat Maluku atau Sulawesi diasapkan hingga kering kemudian ditumbuk. Seringkali Ikan Roa dijadikan bahan untuk campuran sambal. 

Di Lokal, Ikan Roa dijadikan campuran nasi goreng. Rasanya? Enak betul! Lain kali kalau saya dapat kiriman Ikan Roa lagi harus dicoba untuk membuat nasi goreng :D Nasi goreng ini porsinya cukup banyak, disajikan dengan dua tusuk sate ayam, telur dadar dan kerupuk rambak. 

Quesadila

Quesadila adalah makanan khas dari Meksiko yang terbuat dari Tortilla dengan isian daging dan jalapeno. Di Lokal, Quesadilanya tidak terlalu garing dan tortillanya sendiri lembut sehingga mudah untuk dimakan. Didalamnya terdapat isian daging ayam rebus, cabai hijau besar dan bawang bombay yang kemudian disiram dengan saus beef bolognese. Cocok untuk sharing bersama teman-teman.


Dory Fish Teriyaki


Menu diatas adalah salah satu menu yang sering dipesan orang-orang yang berkunjung ke Lokal. Ikan dory fillet yang telah dipotong kecil kemudian digoreng dengan tepung dan disiram saus teriyaki. Sausnya sendiri dominan rasa jahe. Selain itu ada juga kulit ayam goreng dan telur mata sapi yang menemaninya. Nasinya bukan nasi putih biasa. Rasanya lebih gurih dan sedikit pedas. Sayangnya komposisi nasi dan lauk agak tidak seimbang, alias banyak nasinya. Untuk rasa enak, tapi tidak terlalu spesial. 



Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Yogyakarta bisa menjadikan Lokal sebagai referensi penginapan dan destinasi kuliner. Karena tempatnya sendiri memang nyaman untuk disinggahi, begitu juga dengan hotelnya. Silahkan cek langsung ke Instagram Lokal Hotel untuk info lebih lanjut. Selamat mencoba! :D


You Might Also Like

0 komentar