TRIP : Kulonprogo (Kalibiru & Pantai Glagah)

7:19 PM

Selamat hari raya Idul Adha teman-teman muslim diseluruh dunia yang merayakan! Jangan kebanyakan makan daging ya, imbangi dengan sayuran dan buah-buahan supaya ngga darah tinggi :D 

Keluarga besar dari ibu lagi kumpul dirumah nenek. Dari kemarin udah punya rencana hari Minggu ini buat jalan-jalan, karena kami sekeluarga juga merayakan Idul Adha kemarin. Sempat bingung kemana tujuan kami hari ini, sebenarnya banyak tempat wisata yang ingin kami datangi tapi ya satu-satu deh :)) beberapa waktu lalu aku melihat postingan di instagram teman tentang wisata Kalibiru yang ada di Kulonprogo. Setelah searching-searching di internet, wisata tersebut sepertinya cukup menarik untuk disambangi. Akhirnya kami semua sepakat untuk kesana.

Rute menuju Kalibiru persis seperti ke Waduk Sermo. Kalibiru masih naik lagi sih, kira-kira 3km dari Waduk Sermo. Jalanannya cukup menantang dan menanjak, siap-siap buat yang naik motor harus pinter-pinter berkendara. Tiket masuk Kalibiru cukup Rp. 3000,- saja. Tadi serombongan keluargaku berjumlah 13 orang (berasa personel Suju aja haha). 

Pemandangan di Kalibiru benar-benar bagus! Kita bisa melihat Waduk Sermo dari ketinggian. Disana disediakan beberapa cottage bagi yang ingin menginap. Ada wahana permainan ekstrim seperti flying fox dan bungee jumping tapi ngga seberapa jauh rutenya seperti di tempat wisata lain. Berhubung aku ngga ada persiapan apa-apa akhirnya cuma nyoba naik ke gardu pandangnya aja. Naik itu aja udah nyeremin banget, tapi kalau ngga di coba sayang banget! Cukup bayar Rp 10.000,- aja buat nikmatin pemandangan luar biasa indah dari atas gardu pandang. 

Jadi nama Kalibiru sendiri ada sejarahnya, tadi nenekku sempet ngobrol sama penjaganya sih tapi aku ngga begitu nyimak haha. Dulunya emang didaerah situ ada semacam kali (kali atau telaga ya) yang kemudian mengendap karena kering, endapannya itu menjadi warna kebiruan. Kalau ngga salah sih gitu. Entah itu fenomena alam atau karena sesuatu... Maksudnya semacam mistis hehe.

Waduk Sermo dilihat dari area Kalibiru


Bersama sepupu

Waduk Sermo

Pulangnya kami ngga mampir ke Waduk Sermo, sebelumnya udah pernah kesitu cuma tadi nebeng parkir sebentar gara-gara si om kebelet jadi cuma mampir ke toilet umumnya :)) Di Waduk Sermo kalian bisa naik perahu untuk mengitari sepanjang waduk. Kalau ngga salah bayar Rp 10.000,-/org. 

Mumpung waktu masih menunjukkan pukul 10.30, kami sekeluarga menuju lokasi wisata lain sekalian mencari tempat untuk makan siang. Akhirnya tujuan jatuh ke Pantai Glagah. Ini kali pertamanya aku ke pantai ini setelah 8 tahun tinggal di Jogja (kasian amat haha). Yang membuat pantai ini berbeda adalah isi pantai itu sendiri. Banyak penjual semangka, didalamnya ada kolam renang, lalu pantainya sendiri terbelah ditengah-tengah daratan yang kemudian satu sisinya menjadi area bebek-bebekan dan perahu. 

Pantainya sendiri menurutku masih lumayan bersih, ombaknya pun besar. Sekitar pantai terdapat suatu dinding penahan yang berguna untuk menahan abrasi (kayaknya sih gitu). Seru banget!

Area perahu di Pantai Glagah

Pantai Glagah

Ombak hari ini cukup besar



Perjalanan hari ini ditutup dengan makan bersama keluarga dipinggir area perahu, bawa masakan sendiri dari rumah. Kebetulan dapat bagian dari Qurban kemarin :D Makin semangat untuk menjelajah Jogja lebih dalam lagi! Sekian! 

You Might Also Like

2 komentar

  1. ih itu motonya begimane caranyee foto yang ketigaa ..kayanya keren kalau dijadiin tempat hunting ..hihi

    ReplyDelete