REVIEW : TOEAN WATIMAN

6:56 AM

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mereview salah satu tempat makan yang ada di daerah selatan kota Yogyakarta tepatnya di Jalan Taman Siswa yaitu Toean Watiman. Sebenarnya ini adalah kali kedua saya mengunjunginya, namun kunjungan pertama saya tidak foto-foto jadi kumpulan fotonya belum banyak hehe. Saya ke sini diajak oleh seorang teman dari komunitas Foodgram Jogja yaitu Mas Clink (nama disamarkan LOL) @masclink_kulineran dan Malinda dari @jogjafoodie.

Toean Watiman sendiri merupakan singkatan, Watiman berarti Warung Tiga Jaman. Saya juga nggak mengerti sih maksudnya gimana, mungkin menu-menu mereka merepresentasikan makanan-makanan dari tiga masa yang berbeda atau bisa juga dari tiga unsur kebudayaan? Entahlah.. XD


Bangunan Toean Watiman sendiri terbilang luas didominasi ruang dalam yang lebih banyak menampung pengunjung. Ruang dalamnya terkesan vintage dengan aksen lantai keramik jadul dan dominan warna biru. Kalau malam hari suasananya romantis nih karena lampunya yang berwarna kuning redup sangat mendukung. Saya bersama teman-teman mengunjungi Toean Watiman saat hari Sabtu, nggak nyangka juga suasana di sini ramai banget dan rata-rata pengunjung adalah keluarga lho.




Jika melihat menu-menu yang ada di Toean Watiman memang tidak terlalu spesifik karena mereka punya sekitar 60 menu makanan dan 40-an menu minuman yang itu juga sangat friendly untuk keluarga, Mulai dari masakan Asia dan Western ada semua di sini. Harganya juga terbilang sangat terjangkau dengan range IDR 10.000 sampai IDR 27.000 saja. Beberapa menu yang kami coba :

Thai Pasta 

Ini pesanan saya. Spaghetti yang dimasak dengan bumbu khas Thailand dan diberi topping seperti chicken katsu di atasnya. Menarik banget rasanya, ada rasa gurih, pedas dan sedikit rasa asam. Sekilas seperti makan Tomyum. Buat saya ini enak, harus kalian coba. Hanya saja pastanya harus sedikit lagi lebih matang agar tidak payah ketika mengunyah. Porsinya juga banyak dan mengenyangkan. 



Salted Egg Chicken with Rice 

Yang ini pesanan Mas Clink, ayam goreng tepung yang disiram dengan saus telur asin. Sepertinya serba masakan dengan saus telur asin sedang booming banget ya. Saya sempat mencicipi menu ini dan ternyata rasanya oke juga. Rasa anyir dari telur asin tidak terlalu ketara, karena saya sendiri sebenarnya tidak begitu doyan telur asin tapi makanan satu ini boleh untuk dicoba. Untuk menu nasi ada beberapa macam pelengkap seperti sayur capcay, kerupuk dan rujak atau buah-buahan.


Dimsum Platter

Yang terakhir adalah pesanan Malinda. Menu ini terdiri dari berbagai macam dimsum seperti siomay, bakpau, udang goreng rambutan dan satu lagi yang saya tidak tahu namanya hehe. Saya tidak mencicipi sih tapi kata Malinda dia lebih menyukai dimsum goreng dibandingkan dengan yang kukus. 


Nutty Affogatto


Sudah lama tidak ngopi membuat saya tertarik untuk mencoba menu-menu kopi mereka. Tapi berhubung cuaca sedang panas, saya pilih untuk minuman dingin. Nutty Affogatto ini cukup menyita perhatian saya. Basic kopi yang dicampur dengan gula dan susu kemudian diberi topping vanilla ice cream dan kacang. Rasanya unik, tapi dominan pahit dan gurih dari kacang. Kalau ingin manis, ice creamnya bisa diaduk dulu. 

Sparkling Apple Mint


Kalau ini pesanan Mas Clink. Sekilas mirip mojito dengan isian selasih, nata de coco, potongan apel dan juga sirup. Segar banget diminum ketika cuaca panas. 


Sebenarnya ada satu menu lagi yang dipesan tapi saya tidak sempat foto :( Toean Watiman bisa jadi salah satu referensi tempat makan kamu bersama teman-teman maupun keluarga karena tempatnya memang nyaman banget dan family friendly juga menu-menunya. Cuma sayangnya ruang dalam agak gelap jadi kalau mau foto-foto makanan aku rekomendasikan di luar ya hehe. Selamat mencoba!

TOEAN WATIMAN

Alamat : 
Jl. Taman Siswa No. 152, Wirogunan
Mergangsan, Yogyakarta

Jam Operasional : 10.00 - 23.00

Instagram :

You Might Also Like

0 komentar