HANGOUT : SIMETRI COFFEE ROASTERS KOTABARU

7:41 PM

FINALLY A FAMOUS COFFEE SHOP FROM JAKARTA HAS OPENED THEIR NEW BRANCH IN JOGJA. WELCOME SIMETRI COFFEE ROASTERS!



Awalnya nggak sengaja saya menemukan postingan seorang food blogger Jogja di Instagram yang mengupdate foto sebuah coffee shop baru. Saya tahu banget kalau Simetri ini adalah coffee shop yang ada di Jakarta. Kaget juga sih waktu tahu Simetri membuka cabang baru di sini. Harus coba nih! Akhirnya bersama beberapa kawan jaman kuliah di kampus gunung saya mengunjungi tempat ini. Dan kunjungan saya kali ini dapat kejutan lain lagi karena tidak sengaja bertemu dengan Kak Yeny dan Mas Asabo dari @jogjaeat ada juga @wimboprakoso foodies yang jago banget soal foto flatlays dan satu teman baru lagi adminnya @jogja_foodies yeay!



Simetri Coffee menggunakan bangunan rumah kolonial di Kotabaru yang (sepertinya) dulunya digunakan cafe Nutelaria. Suasananya terkesan homey dan nyaman banget dengan banyak aksen kayu dan dominan warna putih. Kalau kamu datang ke sini dengan tujuan ngopi sambil mengerjakan tugas atau diskusi, pilihan kamu tepat sekali. Ada ruang-ruang yang bisa digunakan untuk berkelompok maupun personal. Di halaman samping juga tersedia ruang outdoor, jadi untuk pengunjung yang merokok bisa menggunakan ruangan ini. 



Barista dan pelayan di sini ramah-ramah banget. Mereka nggak sungkan untuk menjelaskan menu-menu mereka kepada pelanggan. Kemarin saya sempat minta paper cup juga di sini dan mereka memberikannya dengan cuma-cuma. Bahagia ~ 


Menu-menu di Simetri Coffee cukup beragam. Mulai dari minuman berbau kopi sampai non-kopi dan juga menu makanan yang bisa kamu pilih. By the way, saya baru tahu kalau di sini menjual menu dengan bahan pork alias daging babi. Dan saya baru nyadar setelah baca menu sesampainya di rumah. Tapi untungnya saya ke sana nggak pesan makanan apapun sih, cukup kopi aja. Karena ruang seduh dan kitchennya sendiri tidak jadi satu. Saya kurang tahu sih apakah ketika di dapur alat masaknya jadi satu atau dipisah. Yang jelas bagi yang muslim, harap berhati-hati hehe. Kalau ragu-ragu mending ngopi aja ya. 

Croque Madame (IDR 62.000)

Ini pesanan Wimbo. Seperti yang kita tahu, Croque Madame adalah sandwich asal Perancis yang berisi daging ham, keju dan saus bechamel lalu dipanggang kemudian diberi telur mata sapi di atasnya. Kalau tanpa telur namanya jadi Croque Monsieur. Ini adalah salah satu menu breakfast yang ada di Simetri. 


Fat Lime Americano (IDR 40.000) & Cappuccino (IDR 36.000)

Fat Lime Americano adalah kopi americano yang diberi buah jeruk nipis, jadi rasanya ada pahit, manis dan asam hehe. Kalau cappuccino saya nggak nyobain sih, tapi yang jelas tidak diberi gula. Jadi kalau mau request untuk ditambah gula bisa minta ke pelayan di sana. 


Green Tea Latte (IDR 42.000) 

Can I say if this greentea latte is the best greentea latte that I've ever had? Akhirnya saya menemukan greentea latte yang rasanya greentea banget. Bisa dibilang terbaik. Pahitnya greentea pekat banget dan cenderung creamy tapi tidak dominan susu. Wah, greentea latte coffee shop sebelah lewat nih! LOL


Ice Creamy Latte (IDR 40.000) 


Kalau menu di atas adalah segelas Ice Latte yang diberi tambahan es krim vanilla dan juga caramel syrup. Rasanya tidak terlalu manis. Creamy banget.

Truffle Fries (IDR 45.000) 


Akhirnya ketemu juga sama menu berbahan truffle di Jogja. Dan kentang goreng ini pesanan teman saya. Truffle sendiri adalah jenis jamur yang cukup langka dan biasanya dipakai sebagai campuran bahan makanan. Harganya pun sangat tinggi, bahkan ada yang sampai ratusan juta. Tapi saya nggak tahu sih truffle yang dipakai di Simetri adalah truffle seperti apa dan saya juga belum tahu pasti rasanya. Yang jelas kalau kentang goreng ya pasti enak hahaha... Kentang gorengnya disajikan dengan saus Bangkok. 


Simetri juga menjual kopi yang bisa kamu bawa sebagai buah tangan lho.





Menurut saya Simetri Coffee wajib dikunjungi kalau kamu adalah coffee lovers. Saya sendiri sebenarnya bukan anak ngopi, karena tiap ke coffee shop yang dipesan adalah Greentea Latte LOL. Tapi coffee shop jadi tujuan saya kalau sedang bosan mengerjakan tugas di perpustakaan kampus atau di rumah. Masalah harga mungkin memang bisa dibilang cukup tinggi untuk di Jogja, tapi tentu kualitas yang didapat sepadan dengan harga yang dibayarkan. Barista dan koki di sini juga merupakan orang-orang berpengalaman. Jadi, selamat mencoba!

SIMETRI COFFEE ROASTERS

Alamat :
Jl. Sabirin No. 20 Kotabaru
Yogyakarta

Jam Operasional :
09.00 - 23.00

Instagram :
@simetricoffeeroasters

You Might Also Like

3 komentar

  1. Terimakasih sudah berkunjung, salam hangat...dtunggu drumah kopi kami klo kejogja lagi 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama... btw saya domisili di jogja kok mas hehe, insya Allah mampir lagi

      Delete
  2. I have nothing but bad things to say about SIMETRI. The food is polluted with toxins, sugar, chemicals, and worse. Hygiene is at a minimum, if at all, as is sanitation. I complained repeatedly about this, but none of my complaints was responded to.

    I was overcharged repeatedly, where my repeated orders to obtain the food I requested were not attended to, and hence much money was taken from me. My money was stolen, yet, my complaints about this were not heard. I spoke to the people many times that my consuming sugar or onions is life threatening for me, and they ignored my please. Ultimately, they attempted to kill me. It was an intentional inclusion of food which they knew well would put my life at risk, and all they considered for money, their profit. So many messages to the cafe/restaurant have not been returned, and my phone calls were met with upset.

    The place is truly one of the most horrid I have been to globally, and I warn people not to go. The management are liars and interested in only embedding chemicals in the food.

    I warn everyone to stay away from this place, and hence to avoid it at all costs.

    ReplyDelete