REVIEW : ALUN-ALUN CAFE

3:19 PM

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mereview salah satu cafe yang berada di daerah Alun-Alun Selatan. Saya ke sini bersama dua orang kawan yang juga sesama foodie yaitu Alifa dan Yeny. Nama cafe tersebut adalah Alun-Alun Cafe. Pihak cafe mengundang kami untuk mereview menu-menu unggulan mereka. Saya juga baru tahu kalau di daerah ini mulai bertebaran cafe-cafe anyar. Selama ini cuma mampir makan Nasi Bali doang sih LOL. 



Dulunya Alun-Alun Cafe adalah bangunan yang ditempati oleh Nanduto. Alun-Alun Cafe sendiri baru beroperasi selama 7 bulan. Mereka mengedepankan menu-menu masakan western yang terbuat dari daging kalkun dan daging ayam. Karena notabene pelanggan dan lokasi mereka berada di area yang merupakan tujuan wisatawan asing. 


Alun-Alun Cafe banyak melakukan dekorasi dengan furniture-furniture bergaya vintage. Bangunannya cukup luas dengan ruang outdoor dan indoor. 











Mengawali review saya dan teman-teman, kami dipersilahkan untuk memesan minuman terlebih dulu. Cuaca sangat panas saat itu. Hingga akhirnya saya dan teman-teman memutuskan untuk memesan menu minuman dingin yang menyegarkan. 

Ice Gula Asam (IDR 13.000) & Ice Mango Milk (IDR 15.000)


Saya memesan Ice Gula Asam sementara Yeny memesan Ice Mango Milk. Ice Mango Milk sendiri adalah menu minuman yang paling sering dipesan oleh pelanggan. Ice Gula Asamnya sangat menyegarkan, mereka membuatnya langsung menggunakan asam jawa yang ditumbuk lalu diberi air gula. Buat saya ini rasanya lebih asli dibandingkan gula asam kemasan. Ice Mango Milknya juga sangat cocok diminum ketika cuaca panas. Perpaduan mangga dan susunya pas, manisnya tidak terlalu dominan. 

Watermelon Juice (IDR 15.000)

Kalau yang ini pesanan Alifa. Memang tidak salah memesan jus buah untuk cuaca yang panas. Apalagi semangka, mantap!


Turkey Blanket (IDR 40.000)

Menu pertama yang dikeluarkan adalah menu andalan mereka, Turkey Blanket. Daging kalkun yang dibungkus dengan daun kubis lalu di kukus kemudian disiram dengan brown sauce. Selain itu menu ini disajikan dengan mashed potato dan juga salad. Yang unik adalah salad mereka menggunakan irisan buah mangga yang menyegarkan dan membuat sensasi rasa manis. Mashed potatonya enak! Gurih dan lembut. Daging kalkunnya sendiri tidak alot dan sudah di suwir-suwir jadi memudahkan untuk dimakan. Menurut saya menu ini adalah makanan yang cukup unik karena belum pernah saya temukan di tempat lain. Walau saya sendiri kurang suka makan kubis hehe, tapi menu ini wajib kamu coba!


Tortilla With Turkey Meat (IDR 35.000)


Menu kedua adalah Tortilla with Turkey Meat. Mereka membuat sendiri kulit tortillanya. Menu ini menurut saya cukup untuk 2 - 3 orang karena porsinya yang besar. Saya suka banget dengan tortillanya, rasanya seperti makan crust pizza. Isiannya ada daging kalkun dan juga salad. Saya lebih menyukai menu ini dibandingkan yang pertama. Ketika dimakan bersamaan maka akan muncul rasa gurih dari tortilla dan daging kalkunnya serta rasa asam yang menyegarkan dari saladnya. Wajib dipesan!



Volcano Pizza (IDR 60.000)

Menu terakhir adalah Volcano Pizza. Penampakannya agak berbeda dengan pizza-pizza yang lain karena modelnya adalah pizza tutup. Didalamnya ada isian daging ayam, bawang bombay, keju mozarella dan telur. Pizza ini ENAK BANGET! Saya nggak bohong guys, ini enak banget. Pizza crustnya juga crunchy, tidak alot. Rasanya gurih banget dan potongan ayamnya juga banyak. Bisa dimakan untuk 3 - 4 orang. 



Kalau kamu sedang main-main ke daerah Wijilan, Plengkung Gading, Alun-alun dan sekitarnya tidak ada salahnya kulineran ke Alun-Alun Cafe. Banyak sekali menu-menu yang menarik untuk dicoba. Tempatnya juga photoable banget untuk berfoto dengan teman-teman. Menu-menunya juga recommended dan terjangkau untuk masakan ala barat. Selamat mencoba!

ALUN-ALUN CAFE

Alamat : 
Jl. Langenastran Lor No. 16
Panembahan, Kraton
Yogyakarta

Jam Operasional :
10.00 - 22.00

Telepon :
081285322945

You Might Also Like

0 komentar