CULINARY : ONE WEEK CULINARY IN BOGOR

10:11 AM

Spend my spare time to went to Bogor, my father's city :D Bukan buat liburan sih, tepatnya buat beres-beres rumah. Tapi nggak lupa aku juga menikmati berbagai macam kuliner yang ada disana. Sebagian sudah pernah aku cicip sebelumnya, tapi tidak pernah merasa bosan karena memang enak dan recommended.

1. Burger King
Nggak usah jauh-jauh ke Jakarta, Burger King di Bogor ada di Botani Square. Tempat ini selalu ramai. Aku lebih menyukai burger di sini daripada fastfood restaurant yang lain, karena memang spesialis burger sih di sini. Biasanya aku suka pesan beefacon, burger dengan beef patty dan ada beef baconnya juga. Tapi kali ini aku pengen nyoba yang lain, kan bosen pesen itu-itu aja lol.


Kali ini nyobain yang double patty dan ada mushroomsnya, tapi maaf si jamur ga keliatan haha. Enak! gara-gara patty ada dua jadi nampol banget enaknya, ditambah melted cheesenya itu lho..


Chicken strips di BK juga enak, garing dan bumbunya kerasa banget. 

2. Chatime
Chatime di Bogor juga ada di Botani Square. Udah lama penasaran sama taiwanese bubble tea satu ini, yang kata orang-orang rasanya bener-bener milk tea. Kali ini aku mencoba Chatime Roasted Milk Tea dan untuk ibuku Mango Green Tea. Emang bener sih, milknya tidak terlalu mendominasi jadi tehnya kerasa banget, manisnya pun menurutku pas walau yang standar. Range harga antara Rp. 18.000 - Rp 25.000. Selain milktea ada juga original tea, latte, smoothies dan coffee.


3. Mie Baso Apollo
Orang bogor pasti tahu mie baso satu ini. Udah terkenal banget dari tahun 2000an, tiap hari selalu ramai dikunjungi. Yang recommended sudah pasti mie basonya, tapi menu lain yang tidak kalah enak adalah nasi tim ayamnya. Kali ini aku delivery order untuk mie basonya karena lagi sibuk dirumah dan ibuku juga nggak masak. 

Tekstur mienya yang tipis dan kenyal, topping ayamnya melimpah dan ciri khasnya ada di basonya yang menurutku tidak kenyal. Jadi nggak kebanyakan kanji kan? :D Wajib dicoba nih kalau ke Bogor. Mie Baso Apollo bisa ditemukan di area Pasar Anyar.

Untuk delivery order bisa menghubungi 0251 - 8383418



4. Es Sekoteng
Sekoteng pakai es? Kalau di jogja, sekoteng memang biasa dihidangkan panas. Pakai Kuah jahe, ada agar-agarnya. Mirip wedang ronde. Tapi di bogor ini beda, es sekoteng lebih mirip es teler. Isiannya ada alpukat, kelapa muda dan mutiara yang disiram kuah susu. Segar! Selain itu disini juga menjual siomay dan pempek. Disekitarnya kalian juga bisa menemukan kuliner bogor lainnya seperti toge goreng dan soto mie. Es sekoteng ini ada di sebelah Bogor Permai. 


5. Bogor Permai
Siapa yang tidak tahu restoran dan toko kue legendaris ini? Bogor Permai sudah ada sejak tahun 1963, bahkan ibu saya belum lahir waktu itu haha. Bogor Permai mengusung homemade bread tanpa bahan pengawet, jadi aman dimakan banyak-banyak *eh* Selain itu disini juga menjual aneka jajanan pasar, ada lupis, otak-otak, buras (semacam arem-arem kalau orang jawa), ada cake juga dan cemilan lain.

Untuk restorannya sendiri, pelanggan setianya tentu saja masyarakat bogor atau luar kota yang memang sudah berumur hehe. Karena memang restoran ini sudah terkenal sekali sejak dulu. Menu recommendednya yaitu Lontong Cap Go Meh, ada juga Bistik yang menjadi andalan restoran ini. Aku pernah mencoba bistiknya, memang enak dan rasanya sangat 'jawa'. Tapi saat itu aku sudah kenyang karena makan siomay jadi aku hanya membeli beberapa kue dan lauk pauk untuk dirumah. 

Oh ya, ngomongin lauk pauk di Bogor Permai juga menjual aneka sayuran dan lauk pauk matang. Dan itungannya bukan perbiji ya, tapi per-ons. Kalau kesini, cobain oseng-oseng oncom leunca-nya. Endeus! Sayurannya ada capcay, gudeg, sayur santan dan lain-lain. Lauk pauknya sendiri tinggal milih nih mau ayam, ikan-ikanan juga banyak, telur dan tahu tempe yang dimasak beraneka macam. 





Oseng-Oseng Oncom Leunca

Itulah cerita kuliner di Bogor kali ini. Sebenarnya masih banyak kuliner lain yang ingin dicoba tapi apadaya waktunya terlalu singkat. Semoga bisa lain waktu. Sekian! :)

You Might Also Like

0 komentar