TRIP : Bandung (Angklung Udjo, Selasar Sunaryo & Floating Market)

9:41 PM

Sebenarnya bukan liburan sih, ini lebih tepatnya cari inspirasi dan survey bangunan buat bahan skripsi. Karena penting banget buat tahu karakteristik suatu tempat, lokasinya dan juga fungsional bangunannya buat jadi pedoman perancangan. Dari banyak masukkan yang aku dapat dan beberapa referensi, tempat-tempat yang perlu aku kunjungi adalah tempat yang ada kaitannya dengan ruang pertunjukkan dan ruang dengan bentang lebar besar. Karena untuk skripsi aku mengambil judul sanggar tari. Sementara teman satu dosen pembimbingku yaitu Tanty, ambil judul tentang pasar. 

Kalo cuma belajar lewat internet kan kurang puas ya, jadi kita ambil inisiatif buat datengin satu persatu lokasi survey tersebut. Jadi tempat-tempat itu adanya di Bandung sama daerah Jabotabek. Kamis malam kita berdua naik kereta menuju Bandung terlebih dulu. Hari pertama kami menyambangi 3 tempat sekaligus, yaitu Saung Angklung Mang Udjo, Selasar Sunaryo dan Floating Market di Lembang. 

Woaaaahhh 3 tempat dalam satu hari dan parahnya kami sama sekali gak tau jalan. Hanya berbekal peta dari seorang teman lama Tanty dan juga GPS, kami akhirnya berangkat menuju lokasi. Pake acara nyasar? sudah pasti! tapi itulah yang bikin asik dan akhirnya kami ngerti jalan :))

1. Saung Angklung Mang Udjo 

Pertunjukkan angklung

Angklung Udjo berada di Jl. Padasuka. Ini adalah sebuah tempat kesenian khusus angklung. Ga cuma buat pertunjukkan, saung ini juga menjadi tempat latihan dan penjualan souvenir. Beruntung kami sampai disana pertunjukkan baru berjalan 5 menit. Dengan tiket seharga 60rb, kami dapat melihat pertunjukkan angklung yang dimainkan oleh para anak didik angklung mang udjo, dapat es krim gratis dan souvenir kalung berbentuk angklung. Dan pastinya kita juga dilatih main angklung gratis! :D 

Yang terpenting sih aku bisa tau besaran ruang buat pertunjukkan itu seberapa, ruang-ruang apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana mengintegrasikan masing-masing ruang yang terpisah.


Open space di sekitaran saung mang udjo

Sepertinya ini ruang latihan angklung

Toko souvenir


2. Selasar Sunaryo

Selasar Sunaryo merupakan sebuah galeri / art space di daerah Bandung yang letaknya sudah di atas bukit (kurang tau juga nama daerahnya apa haha). Jadi kalo di Jogja itu ya semacam TBY gitu, buat pameran. Untuk tanggal 4 - 22 Juni ini, pameran yang berlangsung adalah pameran untuk alat musik gitar. Kebanyakan yang dipamerkan adalah karya-karyanya Dewa Bujana. 


Ga cuma pameran, Selasar Sunaryo juga menyediakan area pertunjukkan berbentuk amphitheater. Terdapat kafe yaitu Kopi Selasar dan juga toko cendramata. Gaya bangunannya minimalis tapi sudah modern. Banyak tangga tersembunyi -__-



Kopi Selasar

Bagian depan

amphitheater


3. Floating Market Lembang

Destinasi terakhir ini kebutuhan surveynya Tanty, tapi juga jadi kebutuhan lainnya buat logistik alias obat lapar haha. Tempat ini menarik sekali, ada banyak makanan yang ditawarkan dan cara membelinya ga pake uang. Tapi pake koin! Nah lo bingung kan. Sama banget! Haha.. Jadi nih kita beli koin yang satuannya seharga 10rb. Nah nanti koin itu yang bakal jadi alat bayar kita pas beli makan.

Misalnya aja mau beli cakwe seharga 20rb, berarti kamu harus bayar pakai 2 koin. Karena kalap, kemarin aku sama Tanty beli sampai 15 koin yang kami pakai bersama. Bisa beli banyak makanan nih hihi.



deretan saung

area tempat makan


Tempat ini cocok banget buat liburan bareng keluarga, karena emang targetnya buat keluarga sih :) Bisa main-main perahu, kasih makan ikan atau angsa, ada banyak permainan dan banyak disediakan toko souvenir juga oleh-oleh. Harga makanan disini juga standar, mau makan apa aja ada. Puas banget! Ditambah suasana yang mendukung, hawanya juga sejuk :3

Itu tadi tempat-tempat yang kami kunjungi di hari pertama di Bandung. Edukasinya dapet, kenyangnya juga dapet. Tunggu episode selanjutnya ya! :D

Sekian ~

You Might Also Like

0 komentar