TRIP : Museum Gunung Merapi

9:13 PM

Minggu ini banyak tanggal merah dan selang seling tiap hari. Pas banget hari kamis juga tanggal merah dan tanteku ngajakin buat jalan. Akhirnya aku sekeluarga dan juga keluarga tanteku memutuskan untuk pergi ke daerah gunung. Tadinya mau ke pantai tapi kayaknya bakalan rame dan macet ya jalannya, ga jadi deh.

Sebelum kita ke tujuan perjalanan kali itu, kami semua isi perut dulu di Sego Abang di daerah Pakem. Sayang aku ga banyak ambil foto disini, padahal enak lho haha. Sedikit cerita aja ya, sego abang itu makanan khas Gunungkidul, Yogyakarta. Sego abang ya maksudnya nasi merah, tau kan, nah biasanya nasi tersebut punya pasangan yang cocok banget yaitu sayur lombok ijo. Sayur lombok ijo rasanya mirip-mirip lodeh, tapi isinya cuma cabe hijau yang diiris tipis dan tempe. Ada juga sayur daun singkong rebus yang disiram dengan 'areh' atau santan kelapa. 

Buat lauk pendampingnya ada macem-macem tapi yang paling oke pake baceman. Bisa ayam bacem, tempe atau tahu, ada juga yang pake empal sapi dan pepes. Minuman yang khas di warung makan ini yaitu teh poci dan wedang uwuh. Enak banget diminum panas-panas :D Endeus bangetlah, mana murah lagi makan disini. Recommended buat di coba kalo liburan ke Jogja :) 


top : sego abang, sambal bawang, aneka baceman
down : daun singkong, sayur lombok ijo

Duh, jadi laper liat foto di atas haha. Okay, back to topic. Setelah isi bensin perut, kami melanjutkan perjalanan menuju gunung yang paling terkenal di Jogja apalagi kalau bukan Merapi. Si om ngajakin ke museumnya, nah, berhubung kita semua belum pernah kesana (parah) akhirnya kita oke-oke aja kalau mau pergi ke museum tersebut. 

Aku bukan orang yang pilih-pilih kalau buat urusan piknik. Selama tempat itu belum pernah aku datangin ataupun tempat yang udah aku datangi tapi emang oke banget buat kedua kalinya, why not? Mau pantai, museum, kebun binatang juga ayo aja :D

Dan setibanya di Museum Gunung Merapi...


Langsung di sambut oleh bangunan yang desainnya memang di adaptasi dari bentuk gunung. Sekilas desain ini terlihat minimalis dan sangat monumental. Nggak terlalu banyak permainan ornamen bentuk atau bukaan. Simple, tapi okelah. Cukup untuk merepresentasikan bahwa ini adalah desain sebuah museum yang isinya berkaitan dengan gunung.

Parkirnya luas banget, dan biaya parkirnya kalo ga salah 3rb aja. Tiket masuk museum untuk yang biasa cuma 3rb guys, dan yang untuk paket nonton theater 5rb. Ada theaternya? Ada dong! Ga cuma yang di Keteb aja yang punya hehe. Disini juga ada theater yang mempertontonkan film mengenai gunung Merapi. Tapi berhubung udah sore, kami nggak nyoba buat nonton. Cukup jalan-jalan aja.


Begitu masuk ke dalam museum, kita langsung di sambut oleh sebuah maket gunung Merapi yang lumayan besar, dan disitu menggambarkan aliran sungai yang dilewati oleh lahar dingin letusan Merapi. 



Kalo yang di atas ini adalah sebuah sepeda motor yang jadi 'korban' awan panas waktu gunung Merapi meletus. Kalo ga salah waktu tahun 2010. Oiya beberapa benda pameran disini memang merupakan 'hibah' dari korban bencana Merapi. Benda-benda tersebut tentu yang sekiranya masih bisa terlihat bentuknya.



Sayangnya, dibalik kemegahan museum dibagian luar, bagian dalam tidak sebaik itu. Museum ini agak kurang diperhatikan menurutku. Padahal isi museumnya sendiri menarik untuk dipelajari dan sangat menambah wawasan apalagi untuk anak-anak dan wisatawan yang datang dari luar Jogja. Sangat disayangkan. Semoga suatu saat nanti pemerintah bisa lebih baik lagi mengurusi fasilitas wisata di daerah yang mungkin relatif terpencil.


Itulah jalan-jalan singkat untuk mengisi hari libur kemarin kamis. Di museum ini juga menyediakan jasa 'Lava Tur' alias penjelajahan Merapi menggunakan mobil Jeep. Tarifnya 250rb dan rute yang dilalui cukup jauh, kalo ga salah sampai rumah Mbah Marijan juga kok di daerah Kinahrejo. Saranku kalo mau naik Jeepnya dari sini aja, jangan dari pasar Kopeng karena tarifnya sama tapi rutenya jauh lebih pendek. 

Well, sekian dulu ceritanya besok disambung lagi :P

Wassalam...

You Might Also Like

0 komentar